10 Januari 2011

Boleh!! (Dengan Syarat)

Gua tau ada emak2 yg kadang ngelarang anaknya makan permen, kerupuk, keripik, es krim, coklat dan teman2 sejenisnya. Untuk alasan yg sangat bagus, biar anaknya ga sakit. Soalnya kan kerupuk dan teman2nya itu, bs bikin sakit krn kandungan MSG atau minyak ga bagus.

Nah, gua tipe emak2 yg agak sedeng (baca: gokil) yg justru mendorong anaknya menyukai hal tersebut. Wakakaa.. Contoh, kapan hari gua pernah bersedih hati karena si Axel ga doyan es krim. Yaolooo, es krim pan enak ya, walopun gua bukan penggemar berat es kRim. Trs kapan hari, gua jg sedih krn Axel ga doyan coklat. HíÌìks:'( HíÌìks:'( HíÌìks:'( ◦(..•˘_˘•..)... Gua pernah sebel banget, krn salah satu temen kantor gua, anaknya umur 3 taon, ga pernah makan kerupuk sama sekali. Haisss... Malang nian nasib anak itu.

Gua tipe emak2 yg anaknya boleh makan segala, tapi ga banyak2. Boleh makan kerupuk, tp 1 aja. Boleh makan keripik, tp jangan 1 kantong dipegangin, ambil aja secukupnya, 3-4 keping. Hasilnya, sekarang si Axel anaknya ga serakah soal makanan. Misalnya makan permen apa tuh yg sekantong isi permen banyak kecil2, dia paling ambil 2-3 butir, sisanya masuk lemari es. Makan keripik Cheetos atau Taro, ambil 3-4 keping, sisa masuk Tupperware.

Atau misalnya di tangannya udh ada 1 keping, dia akan menolak bila ditawari keping kedua. 'Udh ada, 1 aja, nanti batuk'. Dan krn bebas, dia jadi ga selalu mau ditawari kerupuk/ keripik/ dkk. Tergantung mood aja. Kadang di meja bergeletakan makanan penyebab batuk, tp dia ga selalu minta tuh, pas lg kepengen ajeh.

Nah, kemaren emak gua cerita, bokap gua ksh Axel kerupuk, trs pas liat emak gua, kerupuknya diumpetin di belakang badan. Kaya org ketakutan gitu. Lho kok?

Ehhhh tadi ya, gua lg mindahin keripik bawang dari tempat gede ke tempat yg kecilan krn emang udh mau abis. Si Axel belaga bantuin sambil senyum2, trs masukkin mulut, ga lama dia lari ke kamar. Si Esti ketawa2 laporan, Axel makan keripik sambil ngumpet. Pas gua check, tuh bocah lagi nungging di atas container mainan, makan keripik sambil ngadep tembok. Ga gitu keliatan karena ketutupan lemari. Hah?!!

Sebenarnya lucu she liat dia ngumpet2 makan keripik gitu, cuma jadi ga lucu kalo gua mikir, knp dia hrs ngumpet, toh selama ini gua selalu bagi dia semua makanan yg gua makan.

Kenapa dia bisa jadi ketakutan begitu ya? Aneh!!!!! Mesti segera dicuci otak neh. Jangan2 ada yang ngocehin dia makan kerupuk!! Huh!!

Gua ga mau Axel ketakutan sampe ngumpet2 begitu, krn gua takutnya itu berimbas ke hal2 lain. Nanti jd kebiasaan, kalo ga boleh melakukan suatu hal, dia akan melakukannya dengan ngumpet2. Gua mau menanamkan kebiasaan, u can do anything, as long as u do it with responsibility. Bebas Bertanggungjawab.

Jadi, besok kalo dia begitu lagi, gua mau bilang 'u can eat that, no need to hide, but pleaseeee don't eat to much okay?'. HíÌìks:'( HíÌìks:'( HíÌìks:'( ◦(..•˘_˘•..)... Ini sebenarnya gua yg gila atau emak2 lain ada pikiran yg sama dengan gua?

Satu lagi. Hari ini, dia kaya org nagih makanin keripik, kerupuk, coco crunch dan teman2nya. Uhm.... Padahal dia tau, makan gituan kebanyakan bisa batuk. Ga biasanya dia begitu. Berlawanan banget kan dengan yg udh gua tulis di atas. Td gua liat dia ambil Pringles, ada kira2 10 keping. Gua langsung shock. Trs makan Cheetos 1 raup. Kayanya org yg udh lama ga makan gituan, trs begitu ada kesempatan, lsg deh makan gila2an. OMG.
Powered by Telkomsel BlackBerry®

9 komentar:

  1. g juga pengen klo punya anak jangan terlalu di pantang, kek g yang udah gede begini aja, krn sekarang pantang makan ini itu, begitunya makan dikit langsung sakit ^^
    selain itu jg klo kata orang jaman dulu, takut nanti anak na di rumah orang jadi celamitan (bahasa indo yg bagus apa ya?), karena di rumah na ga pernah makan2 yang begituan
    cuma yah asal jangan keterlaluan aja makan2an ga sehat itu secara berlebihan ^^

    BalasHapus
  2. hehehee..kenapa ya dia jadi gitu..??
    apa lagi bener2 kepengen ..??

    BalasHapus
  3. gua sih setuju ama lu. kalo anak mah jangan dilarang2, ntar malah sengaja atau ngumpet2. kasih coba aja segala macem, biar gak penasaran, soalnya kalo penasaran itu justru yang bisa memicu ntar si anak jadi bohong. ya gak...

    kita juga biarin si andrew makan krupuk. makan pedes pun kita kasih, dianya yang gak mau soalnya kepedesan. hahaha.

    BalasHapus
  4. Es krim itu sehat, krn susu! hauhahaha coklat jg bagus soalnya anti oxidant. :P

    Kalo Samu gw jg ga larang makan apa2 kecuali junk food ky McD dll gitu gw ga kasih.6 bulan sekali sih boleh. Tp ga bole tiap weekend. Dia sampe skrg ga doyan snack, bukan krn ga boleh, tp krn dia emg lebih milih makan gede. Kalopun snack maonya dark chocolate. Mabok kan? Org2 kirain gw emak sadis larang anak makan permen/cemilan. Lahhh anaknya ga mau kok masa gw paksa hihihii.

    BalasHapus
  5. Iya sih apa2 kalau kebanyakan mah gga baik. Masalahnya ama Matt neh, kalau belum abis kadang belum udah, emang sifatnya dia beda ama Jake. Jake sih emang pada dasarnya gga mau makan banyak2 and dia gga suka manis2. Beda ama Matt. Kalau kebanyakan snacking, anak2 pada gga napsu makan. Selepas waktunya makan mereka kelaperan. Disini gga ada pembantu. So, kalau waktunya dinner, anak2 kudu makan. Kalau gga, suka nyebelin jg, malam2 gw kudu siapin dinner. Kdg gw suka bilangin mereka kalau miss dinner the next meal will be breakfast.

    BalasHapus
  6. iya bener juga ya el, soalnya nanti kalo dia gede juga pasti makan gituan, mendingan dia makan di depan kita jadi tau seberapa banyak dia makan, atau skarang axel jadi maniak kerupuk makanya dia makannya ngumpet2 karna tau biasanya cuma boleh dikit doank?

    BalasHapus
  7. hari ini mungkin si axel lagi ngidam tuh.. makanya jadi laen drpd biasanya hehee...
    untuk makanan ga sehat, gw ga mau sodorin/tawarin clo.. ntar gedean dia juga pasti nyoba sendiri hehe..

    BalasHapus
  8. gw setuju sih El sama lu,

    nyokap gw tipe yang apa2 ga boleh, yang ada..pas gw dapet kesempatan makan begituan..gw makan sampe sakit! dan akhirnya dilarang lagi sama nyokap..:(

    Jadi gw bakal ngikut cara lu dalam ngedidik anak!
    u go mak!

    BalasHapus
  9. hahhaha, gw juga suka nyogok anak gw pake cemilan, daripada gw puyeng dia berisik :p

    BalasHapus