29 Mei 2009

PERKEDEL KENTANG n PuYungHai

Langsung ajah....

1. Perkedel Kentang


Ini makanan kesuakaan Axel. Axel sih lebih suka pake ayam yah. Tapi kalo mau pake daging sapi juga bisa.

Bahan:

- Kentang (kurang lebih 1/2 - 1 kg) dikukus dan langsung dihaluskan dalam keadaan panas (ingattt.. jangan sampe ketetesan air yakk)

- Ayam/ sapi potong kecil2 + saos tiram + minyak wijen, dioseng dulu sebentar pake mentega, blender

- Garam, lada, micin (micinnya optional yak)

- Pala

- Ketumbar (optional)

- Kuning telor 1 ajah
- Bawang goreng

Cara buat:
1. Campur semua bahan dalam wadah, aduk sampai kecampur semua. Cobain dulu, cukup asin apa engga. Tapi jangan keasinan juga yak.
2. Poles tangan pake putih telur, biar ga nempel di tangan.
3. Ambil 1 sdm adonan, puntel2 gulung2 deh ampe padat
4. Ulangin sampai semua adonan habis
5. Celup putih telur dan goreng

Note: Kaya biasa ya, kalo untuk adonan seperti ini, jangan sampai adonannya ketetesan air. Kemudian saat menggoreng, minyak harus benar2 panas (karena sebenarnya adonannya kan udah mateng). Jangan sampai adonan cuma kerendem 1/2 di minyak. Seandainya minyak cuma 1/2, pas adonan ditaro di minyak, siram2 atasnya dengan minyak, kemudian segera balik. Kalo ada yang goreng beginian, terus adonannya buyar, segera hubungi gua untuk les privat cara menggoreng yak

2. Qin Thun.


Ini utang foto yang waktu itu, ayam di tim. Kedoyanan Axel sekalipun pake cabe. :p

3. Puyunghai.


Ini enak banget. Maapp.. udah hampir habis separo baru ingat belum difoto. Doyanannya papi nih.

Bikin telornya mah sama aja kaya bikin telor dadar, cuma ditambahin kol, kentang, daun bawang, bawang goreng, bawang bombay, saos tiram, minyak wijen. Bumbu tetap garam lada micin.

Untuk saosnya, oseng bawang putih + saos tomat botolan + gula dikit + air + maizena seuprit.

4. Rujak Jambu

Hahaha... ini lapar mata. Liat jambu merah2 nongrong di gerobak di depan pasar. 10 ribu/ Kg.

Bumbu:
Gerus ajah rame2. Cabe dulu ama garam, terus masukkin terasi ama gula jawa terus kacang tanah, terus kash air asem dikit, jadi deh. Sedappppp....!!!! Ngiler ngiler dah lu pada. Huahhahaa....

26 Mei 2009

Si 19 Bulan

SI KUYUUUSSSSSS


To Liza: Thanks ya bajunya. Imutttt sekali. Maaf fotona buram, soale anaknya ga mau diem

Haahh.. ga berasa ya, udah 19 bulan. Masih teringat jelas rasanya, pertama kali menimang Axel. Kecil mungil halus lembut kiutttt banget.

Sekarang, coba liat dulu ya, perkembangan bulan ini.

Yang paling pesat sih memang kosa katanya. Indong (gendong), Copet (copot), Ulis (nulis), Hepong (handphone), Duit (hihi.. kok bisa ya??), Icang (pisang), eskyim (es krim), Jeyek (jelek), Acep (Cakep), Sate, Ikang (ikan), Atas, Tuyun (turun), Ga mau, Dam (jam), Jam (jump), Hocit (ho sit = enak), Oke, Ga Oyeh (ga boleh), Minyum (minum), Kaki, Pinjem, Misi (permisi), Cucu (susu), Tuit (tulalit), Eja (meja), Aam (am am = gelap), Lampu, Ayang (sayang), Nyala, Jato (jatuh), Nyanyi, Ijau (hijau), Pink, Kuning, Merah, Biru, dll dll dll deh. Banyak banget.

Hobi baru yang agak menyebalkan:
- loncat2 di kasur sambil liat bayangannya dan tereak2 Jam Jam Jam
- tambah picky kalo masalah makan nasi
- Nekad bawa kursi pendek ke depan kaca rias, then manjatin. Haiyahhh... Very very dangerous lhohhhhh
- Ngumpetin barang2 di kolong ranjang, then bilang 'ga ada, ga ada'
- Kalo nonton TV, guling2 di lantai atau sambil tiduran




Hobi baru yang bikin mami tersenyum:
- Demen nulis
- Demen main organ beneran dan keyboard mini
- Demen ngomong, 'ehhhhhhhhhh........' (eh jato, eh nyala, eh mami, eh papi). Saat2 yang paling ditunggu mami setelah seharian lelah bekerja adalah masuk rumah, pas Axel ngeliat mami langsung bilang 'ehhhhh mamiiiiiiiiiiiiiiii pulangggggggg' terus langsung minta gendong
- Narsis abissssss. Paling demen kalo keluar kamar abis mandi, langsung datengin mami sambil bilang 'ganteng ganteng', sambil nepok2 dadanya
- Demen naik motor sama muter2 naik mobil. Demen ceklak ceklik lampu mobil, sampe sekarang kayanya tuh tongkat lampu patah deh. Soalnya lampu malamnya ga bisa nyala. Haiyahhh....

Kepinteran baru:
- 1-10 sudah oke
- Bisa baca angka sedikit2. Yang ketahuan jelas baru 4,5,8,9 (nunjuk di kalender dan bener)
- bisa megang pulpen dengan benar, bisa membedakan gerakan nulis angka nol dan satu
- Belajar pake flash card, setiap hari 10, bisa mengenali langsung 1-5 kartu pada saat ditest sekalipun baru diajarin 1x
- Bisa menyelesaikan kalimat lagu, 2 suku kata terakhir

Makanan favorit, nambah sedikit:
- Bakwan sayur
- Biskuit Roma apa apa yahh, yang ada rasa abon
- Sate babi
- Ikan

Tukang rayu paling lihaiiiii. Kalo mau mainan laptop papi, dia ga akan langsung keluar kamar dan nangis minta laptop. Axel akan deketin papinya pelan2, sambil pasang senyum ngenges, terus bilang dengan suara lembut merayu, "ehhhh, papiii.. hehehe... papi.. hehehe... papi..". Udah gitu dia bakalan manjat pangkuan papinya sambil bilang, "misiiiiiii... misiiiiiii...."

Mudah2an segera bisa lepas diaper ya. Susternya males sih nih. Udah lepas dari empeng, walaupun baru 3 malam. Malam susu ditambah 1x oleh mami, pas menjelang bener2 mau bobo (karena bobonya sekarang lebih malam). Mudah2an bisa segera makan nasi ya Nak (heran, kenapa kalo makan nasi ama bumbu sate bisa abis setengah piring, tapi kan ga mungkin tiap hari sate). Apalagi ya? Wished U all the best, Love.

Akhir Yang InDah

axMasih inget sama NayLa? Cewek imut, anaknya temen mami yang disayang2 ama Axel, tapi tuh anak malah ketakutan dan kabur2an? Haha.. Semalam Nayla dateng lagi lhohhhhh. Pama-nya Nayla kan agen Amway. Mami beli Chewable Iron buat Axel, Salmon Omega buat Papi sama Glucosamine Bosswellia buat Nai2.

Pas ketemu lagi, masih sama kaya kemaren. Malahan sempet si Nayla ngumpet di belakang kursi, dengan muka pucat pasi hampir menangis sambil panggil2 mamanya, padahal Axel niatnya baik, mau ajak Nayla main drum.

Terus Axel sogok Nayla pake wafer. Nayla mau ambil. Menurut mama Nayla sih, itu pertanda baik. Karena kalo Nayla ga suka sama orang, dia ga akan mau ambil barang apapun yang dikasih sama orang itu.

Sampai 1 jam, masih sama tuh. Nayla duduk nyender sama mamanya, ga mau turun. Padahal Axel udah hampir abis gaya, mainannya semua udah dikeluarin, buat deketin Nayla.

Tapi akhirnya ya, kebekuan itu cair sodara2. Akhirnya Nayla luluh juga sama Axel. Dan ini hasil akhirnya.


video

Waktu mau pulang, Nayla dipeluk sama Axel. Hiihi.. Ga ada yang nyuruh. Refleknya si botax ajah tuh. Axel peluk Nayla sambil punggung Nayla ditepuk tepuk, terus bilang, "Yanggg.. Ayanggg...". Haha... Dua pasang PaMa langsung ngakak dah. Akhir yang membahagiakan.

25 Mei 2009

PR: Spricy Fillet Mignon

PR, Resep asli disini yaaa...


Hahhh... Ternyata yaa.. resepnya mulai susah2 dan aneh2. Resep kali ini dari si Jess. Waa.. dia agak kelabakan tuh nyari resepnya. Pokoknya nih, begitu liat gambarnya napsuin, langsung diajukan di forum. Resepnya yang pertama udah jelas gue tolak dengan sukses. Iyalah, memang gambarnya napsuin, tapii... DIOVEN 1,5 jam. Matik dah guah. hahaha...


Untuk resep kali ini, gue dikasih bahan rempah2nya sama si Liza. Tapi maaappp... gue kagak liat ternyata dia ada kasih gue basil. Wahaahaa.. jadi resep kali ini gua ga pakein basil karena gua kira kagak ada. Untung juga sih ga dipakein, soale gue kagak demen baunya. Sonny juga ga demen baunya tyhme. Katanya aneh, kaya makan jamu. Untungnya ya, ketolong sama mushroom sauce. Wahaha... Sebelum diprotes lebih lanjut, gua pakein tuh saus jamur banyak2 ampe bau tyhme-nya tenggelam.


Untuk daging, gue beli daging has dalam 1 kg harga Rp 65.000 di pasar. Lumayannn. Empuk banget.


Pertama dagingnya dibumbuin sesuai resep. Untuk bawang putih, gue pake bawang putih goreng sisa yammien, and minus basil yah.


Dagingnya dipanggang di kompor, dibungkus sama aluminium foil biar panasnya merata. Beneran cuma 5 menit dagingnya udah matang. Setelah dirasain, eackkk... ada rasa rempah2. Gue kasih Sonny, dia eackkk juga. Akhirnya pake saus jamur dah. Haha... Dan dibakar lagi langsung di atas kompor ga pake bungkus lagi.



Hasil akhirnya seperti ini. Dan Sonny bilang, "Ini baru steak, empuk banget". Emang rasanya enak sih. Sampe si suster dan si mbak, hahaa... norak banget dah. Mereka kan ga pernah makan beginian. Hehe... Masing2 dapet sepotong, gue sama Sonny makan 2 potong.


Yahh... karena gua ga punya perlengkapan makan steak, jadi harap maklum ya. Penyajiannya ya kaya begini. Lebih natural, karena waktu hari Sabtu gue bikin ini steak, gua emang lagi sebel ama Sonny karena udah 3 hari ga ke toko, kakinya sakit. Udah gua bilang asam urat, masih juga ngotot keseleo. BAH!!

22 Mei 2009

YamMien ASal AsaLan

Hari Kamis kan libur tuh. Bingung nih mau masak apa. Sayur masih banyak. Soalnya memang tiap Sabtu kan masak untuk seminggu. Cumaaa.. kalo ga masak, tangan kok rasanya gatal ya. Akhir pas liat di dapur, masih sisa semangkuk besar minyak bawang putih goreng sisa apa yaa, lupaaa. Minyak bawang putih itu adalah, bawang putih banyak, dicincang halus dan digoreng dengan minyak yang banyak. Bawang putih kira2 10-15 butir, digoreng pake minyak semangkuk baso ampe warnanya kuning emas gitu.


So, bikin yammien aja deh. Tapi ga ada daging ayam, ga ada udang, ga ada babi. Hihi.. Jadi yammiennya pake apa donk?? Waaa... ada akal nih. Minta daging babi sedikit ama emak gua. Huaha... (akal bulus nih kayanya, don't try this at home yaaa). Kalo untuk mbak2 yang ga makan babi, dagingnya gua ganti pake smoked beef goreng. Haha.. Gimana ga enak yak??!! TaPi basicnya, cuma dimakan bakminya ajah juga udah gurih dan enak sih.

Ini yah penampakannya. Gambarnya dulu donk ya, biar teman2 napsu bikinnyaaaa. (argghhh... kenapa kamera HP gue kok jadi burek gitu sihhh?? Kagak jadi napsu dah, lha wong gambarnya buremmm). Yang penasaran aslinyaaaa, langsung ajah ya meluncur ke Kemayoran. Semangkuknya 12 ribu ajah. Waahaha...





Untuk Isi:
Bawang putih 2
Babi 100 gr
Ebi kering kira2 8 buah atau udang 100 gr
Kecap asin
Lada
Micin
Ketumbar


Untuk Mie:
Mie telor cap 3 Ayam
Minyak bawang putih
Lada
Micin
Kecap Asin (kalo ada pake yang maggie)
Daun Bawang
Toge


Cara Buat:
1. Isi: Oseng bawang putih pake minyak sedikit, masukkin daging + ebi + bumbu dll. Oseng sampai matang
2. Di mangkuk, taro minyak bawang putih, kecap asin (hati2, jangan terlalu banyak, kecuali untuk kwetiauw atau bihun), lada, micin.
3. Rebus Mie, taro di mangkuk. Seduh toge dengan air rebusan mie, taro di mangkok. Aduk2 deh.
4. Mie udah kecampur rata, cobain dulu, cukup asin ga. Kalo udah oke, taro daun bawang di atasnya, plus dagingnya.


Axel juga doyan banget mie begini. Mungkin karena wangi kali ya. Walaupun si unyil makannya pake tangan dan lamaaaa banget, karena maunya makan sendiri. Waktu pagi, piringnya sampai diisi 3x dengan kuantitas setiap pengisian kira2 10 lembar mie panjang. Waktu malam, karena takut sakit perut, gua ga kasih banyak2 dah. Mungkin cuma sekitar 15 lembar.

Kalo si papi mah, ga usah ngomong dah. 2 mangkuk/ 1x makan. Haha..

19 Mei 2009

Cara Deketin Cewek

Begini nih caranya deketin cewek.

1. Say 'Hi'
2. Deketin donk ah, terus bilang 'i lap yu'
3. Sayang2 donk ceweknya
4. Kalo ceweknya ogah, tempel terus
5. Kalo tetap gagal, kasih senyum manis pamer gigi sama emaknya
6. Dan of course tetap keukeuh ngejar tuh cewek
7. Kalo ceweknya tetap ga mau disayang, teuteup kejar donkkkkk

KAYA BEGINI LHOHHHH.....


video

18 Mei 2009

Bong Li Lampa, Dendeng Lambok, Rolade Ayam, Ayam KFC (UPDATED)

SELAMAT NGECES SEMUANYAAAAA (argghhhh.. kesal gua.. kenapa hasil fotonya jelek bangettt....)

1. Dendeng Lambok


Ini resepnya ambil di sini plek plek. Ga diubah sedikitpun. Dan rasanyaaaa... wuahh.. mengerikan enaknya. Soalnya ya, masa gue masak daging 800 gr, habis dalam sehari saking enaknya. Dan inipun, nyokap gua ga kebagian. Yang makan berempat (dan gua cuma bagi anak buah di toko 1 potong, terus bagi si Dede 2 potong). Kebetulan gue bikin nasi uduk Sabtu kemaren. Lauknya ya dendeng ini. Rasanya asem, gurih, manis, empuk, enakkkkkk.

Note: Tomatnya gua tambahin sebiji. Ada kesalahan teknis dikit. Karena seharusnya rebus dagingnya di wajan ajah, gue pake presto, dan kasih airnya kebanyakan. Kalo di presto kan airnya ga akan berkurang. Terus pas masak bareng bumbu, airnya gua tuang semua. Jadinya agak banjir. So gua masak ajahh di wajan ampe airnya abis. Haha...

2. Bongli Lampa.

Ini bahasa khek. Bongli itu Nanas. Lampa itu masak pedes gitu deh. Isinya ikan. Cuma kemaren gua pake kepala ikan Kakap Putih. Sedangkan badannya gue buat tim (qhinTun).

Bahan:
- Ikan atau kalo mo ngirit, kelapanya doank. Hehe..
- Nanas 1 buah
- Air Asem (asemnya kira2 segede bola pingpong deh)
- Serei 1
- Lengkuas kurleb 10 cm (keprek)
- D. Salam 3 lbr
- Cabe rawit ijo sesukanya (utuh jangan dipotong)
- Garam
- Gula kurleb 3 sdm

Haluskan:
- Bawang merah 5 butir
- Kunyit kurleb 5 cm
- Kemiri 3
- Terasi sedikit
- Cabe merah giling sesukanya

Cara bikin:
1. Air asem dimasak bareng sama nanas. Airnya buat masaknya jangan terlalu banyak, kira2 500 ml.
2. Masukkan bumbu halus, masak sampai mendidih, tunggu sampai nanasnya agak empuk ya
3. Masukkan ikannya. Masak kira2 15 menit.

3. Tim Kakap Putih (Qhin Tun)

Ga ada photo, kelupaan. Will be updated kalo gue udah masak lagi. Masih ada sisa 1 ekor kok. Tenang ajahhh. Rasanya enak, gurih, pedas, asin. Waktu memasaknya, kurang dari 20 menit selama bahan2nya tersedia.

Resep:
Ikan Kakap Putih (biasa beli 1 kg = Rp 23.000, isi kurleb 5 ekor/ 2 kg)
Garam, Micin
Tongcai cincang kasar
Jahe potong kecil2
Saos tiram, minyak wijen, kecap asin
Cabe rawit

Cara:
Ikan dibelah dua (ga belah juga ga apa), lumuri dengan garam, micin, minyak wijen, saos tiram, kecap asin. Terus diatas ikannya ditata jahe, tongcai, cabe rawit. Ga usah pakai air lagi. Kukus ajah kurleb 15 menit. Wahh.. makanan enak iniii.

4. Rolade Ayam


Bahan:
- Kembang tahu 2 lbr rendam sampe lemes (isi 1 plastik memang kurang lebih 2 lebar, merek SELERA harga kurleb Rp 11.000)
- Dada ayam 1 buah dicincang
- Bawang bombay 1 cincang kasar
- Garam, gula dikit, micin, merica
- Terigu 25 gr
- Sagu 75 gr
- Telor

Cara membuat:
1. Campur dada ayam dan semua bahan kecuali kembang tahu. Aduk rata
2. Ambil selembar koran bekas, lipat 4. Kasih plastik diatasnya. Terus taruh kembang tahu diatas plastik.
3. Taruh adonan di atas plastik. Gulung kembang tahunya. Terus gulung plastiknya membungkus kembang tahu. Ikat ujung2nya pake benang. Gunanya koran, kalo gulung plastik langsung, agak susah. Jadi gulungnya pake bantuan koran. hehe.. pinter kan gua?
4. Kukus kira2 30 menit
5. Goreng. Yang ada di gambar atas, itu bentuk sebelum digoreng, sesudah dikukus.

5. Ayam KFC

Ini resep bikin stress. Kagak pernah mirip. Resep kali ini, maaapp.. Saya lupa ambil darimana. Tapi yang jelas ada di catatan masak gua. Terus untuk rasa, gua tambahin sendiri.

Bahan: Ayam di lumuri dengan jahe parut, bawang putih parut, saos tiram, minyak wijen, garam, micin, lada, masako sedikitttttt

Untuk pelapis:

Telur kocok

Tepung terigu (1/3 bagian), maizena/ sagu (2/3 bagian), garam dikit, cabe bubuk, baking powder

Cara Membuat:

Ayam, rendam telur, rendam tepung, biarkan bentar, rendam tepung lagi, goreng.

6. Sayur Asem

Ini mah semua orang juga bisa ya. Hehe.. Ga gue posting deh resepnya. Yang jelas, sayur asem bikinan gua ini memang lebih banyak isinya. Pake kentang, pake jagung kecil (ga pake yang gede), labu siam, kol, buncis, kacang tanah. Rasanya juga asem dan manis banget, juga pedes. Haha.. Kadang2 masak sepanci, pake tomat 1 kg. Wakaka...

7. Bakmi belitung

Ini bikinan nyokap. Rasanya manis, asem. Ini bakmi khas Belitung. Kuahnya berhubung lagi ngirit, pake kulit udang, kepala udang, dan sisa2 selain badan udang, direbus ambil airnya. Terus campur pake kaldu sapi. Kaldu sapi juga boleh beli di tukang bakso sebrang rumah. Jadi baksonya dimakan, kuahnya buat bikin bakmi. Hahaha... Emak gua pinter kannn??

8. Serundeng Betawi


Resep asli disini
Berhubung gua baik hati dan takut pada ga nemu resepnya, Nih gue copy paste disini juga.

Bahan Ketan :
100 gr ketan putih, rendam selama 15 menit
100 ml santan kental
1/2 sdt garam
1 lbr daun pandan

Cara Membuat :
1. Panaskan dandang, masukkan ketan, kukus selama 20 menit, angkat dan sisihkan.
2. Masak santan, garam, dan daun pandan sampai mendidih, masukkan ketan, aduk, masak sampai santan meresap angkat.
3. Masukkan dalam dandang kembali, kukus ketan sampai matang selama 30 menit.
4. Ambil 2 sdm ketan, bikin bulat padat. Gulingkan pada serundeng. Sajikan.

Bahan Serundeng:
100 gr kelapa parut
2 lbr daun salam
1 btg serai memarkan
1 bh laos

Haluskan:
4 bawang merah
3 bawang putih
3 cabe merah
1 sdm gula jawa
1 sdt garam
1 sdt ketumbar bubuk

Cara membuat :
1. Campur kelapa parut dengan bumbu halus, salam, laos dan serai, aduk rata.
2. Masak dengan api kecil sambil terus diaduk hingga rata, kelapa kering dan berubah warna. Angkat. Taburi irisan bawang goreng. Sajikan

Note: Terjadi kecelakaan nih pas bikin serundengnya. Pahittttt.. Haha.. Mungkin apinya kegedean kali yah. Jadinya buang satu resep deh. Bikin lagi yang kedua, tapi kurang kering. Mungkin udah keburu stress duluan, takut pahit lagi. Tapi resepnya memang mantappppp.

Yak teman2. Selamat menikmati gambarnya ajah. Ernie-mamana Chloee, hadoohh.. sepertinya utang masakanku padamu akan makin banyak nih.

15 Mei 2009

PR: Banana Cupcakes

PR ASLI, klik disini.
Kali ini resep, Mila yang milih. Pas terima resep ini, langsung stress. Cuma diem2 ajah, ga berani ngomong. Haha.. Soale yang lainnya kayanya excited banget.

Yahhh.. Begini deh namanya orang yang ga pernah bikin kue pake oven. Haha.. Modal nekat doank. Kemaren sore pulang agak cepet dari kantor karena harus ke tempat supplier dulu. Sebenarnya sih gue ragu banget ama resep ini, soalnya di mata gua, ini resep susahhhhhhhhhhhh banget (jujur ajah, resepnya kurang begitu jelas instruksinya buat gue yang beginner). Tapi bener ya kata pepatah, di mana ada kemauan, di situ ada jalan. Padahal ya, udah seminggu ini, nyari pisang ambon tuh susahhh banget lhoh. Ampe tukang jualan pisang di depan rumah gue ajah, kagak jualan pisang ambon. Tapi emang dasarnya udah rejeki, pas kemaren sebelum ke tukang pisang di pasar, iseng dulu mampir ke rumah emak gua. Ehhh... ada pisang ngetem di keranjang. Xixixiii.. Diembatlah 2 batang. Huaha...

Pas jam makan siang, gue ngabur ke toko kue deket kantor, beli kertas cupcakes sama butter milk. Gue udah browsing, butter milk itu bentuknya cair. Tapi pas ke toko kue, minta butter milk, dikasih semacam bubuk, isinya sedikitttt banget, paling cuma 1 sendok makan, harganya Rp 12.500. Terus gue bilang, kok bubuk ya? Kata encinya, "Iyahhh, ini butter milk. Wangi banget lhoh, pakenya sedikit ajah, 1 sdt". Berhubung gua buru2, udah dah, bungkus ajah, barengan sama kertas cupcakes (gede banget lhohh), 10 biji = Rp 4.500.

Sampe mobil telpon Liza. Dibilangin butter milk itu cair. Terus telpon si Shinta, tukang kuenya dapur amatir, bilang juga butter milk itu cair. JADI YANG GUE BELI ITU APAAN YAHHH?? Cuma memang wangi banget. Shinta si curiga kalo itu tepung susu. Mobil gue yang kecil mungil imutz jadi wangiiiii banget.
Seperti biasa ya, resepnya diobrak abrik sesuai dengan kemampuan dapur gua. Maaf ya Temin Temin (kan cewek..hahaha..):
- 100 gr margarin Blue Band
- 300 gr gula halus (kemanisan nih, mungkin harusnya 250 udah cukup)
- 2 telor
- Vanili
- 2 batang pisang dihaluskan pake garpu
- 60 ml susu ultra putih
- 250 gr terigu Kunci Biru
- 1/2 sdt Baking Powder Double Action
- 1/4 sdt garam
Cara bikin:
1. Margarin kocok, terus masukkin gula halus (huhu.. seharusnya sih dikocok, cuma gue tempatnya kegedean, jadinya ga bisa dikocok dan jadinya malah menggumpal2).
2. Akhirnya ceplungin telur ajah langsung. (Huhuhu lagi, gulanya kagak bisa larut, keliatan berbulir2, akhirnya dikocok kira2 30 menit)
3. Masukkin susu ama pisang (Mixer masih jalan terus)
4. Masukkin tepung + garam + BP + vanili + butter milk jadi2an (masih tetap di mixer)
5. Masukkin ke kertas cupcakes raksasa, cuma jadi 7 biji.
6. Dioven dah, kemaren sih kira2 30 menit (maklummm... oven jaman Siti Nurbaya). Kalo menurut emak gua sih, kemaren itu ovennya 180 celcius. Kata beliau, setelah liat hasilnya, seharusnya ovennya lebih panas lagi, mungkin sampai 200 deh.
Pas nyampe rumah nyokap, dapet komentar seperti ini, "Aduuu.. gede amat. Mana bisa mateng dalamnya. Emang ga bisa dibagi jadi lebih kecil?". Langsung dah muka gue jadi pucat, dan langsung telpon si Liza. Tambah stress dan tambah ga yakin dah. Pokoknya panik mode on.

Ini penampakkan di dalam oven. Selama proses mixing dan baking memakan waktu kira2 1 jam. Selama proses itu, kira2 gue telpon si Liza 4-5 kali. Huahaha.. Kirim MMS 2x, tapi ga tahu kenapa, kagak nyampe2. Lampu oven juga dinyalain setiap 3-5 menit sekali. Xixixii... Pas diliat bisa ngembang, wuahhhh... bahagia lhohhhh...







Hasil Aslinya seperti ini. Seharusnya sih di frosting, cuma ya, karena cuma jadi 7 biji, males banget kan, so.. atasnya dikasih keju ajah. Itupun cuma 3 biji. Soalnya yang 4 biji, ga boleh dibawa pulang, a.k.a dipalak ama emak gua. Hahaha... Teruss... (maaf ya teman2), karena kejunya kagak mau nempel di cupcakes, cupcakesnya gue oven lagi pake toaster selama 3 menit. Haha.. Kacauuuu...... Jadi agak gosong atasnya.




Kuenya enakkkk banget ternyata. Walaupun agak kemanisan dikit untuk ukuran gua (kalo emak gua sih doyan manis). Rasanya tuh gurih, asin, manis. Emak gua yang rewel ajah bilang enak. Axel juga doyan banget. Dia pegang 1 bagian dan makan sendiri. Dalamnya tuh empuk dan yummy banget. Sonny sih memang doyan gua ginian, tetapi yang keju. Biasanya beli di Bread Talk berapa duit tuh? Next time gue pasti bikin lagi yang Keju. Mantap nih resep pilihannya si Mila. Bokap juga doyan banget kue ginian, sayangnya blio lagi flu. Jadi ga berani makan banyak.
Wahh.. jadi deg-deg an nih. Apa ya PR minggu depan. Whatever it is, pleaseee... jangan yang pake oven lama2 yach. Ntar oven emak gua gempor nih.

14 Mei 2009

Hampirrr ajahhh

Kemaren sore gue pulang cepet, karena harus ngecek pesanan barang di supplier. Pas lewat di jl. Garuda, pas sebelum belokan ke Jl. Kran, tahu2 ada motor yang lewat di kanan gua sambil nunjuk2 belakang mobil gua. Posisi waktu itu memang gua lagi telpon2an ama si Dede. Tas yang biasanya gua taro di tengah2 antara bangku penumpang dan sopir, kebetulan hari itu gue taro di kursi penumpang.

Karena posisi jendela tertutup, gua kagak kedengaran donk tuh orang bilang apa. Gue pikir ban mobil kempes. Cuma kalo kempes, ga mungkin sampai abis banget, soalnya kan harusnya berasa donk setirnya berat atau apa. Lagipula, selain ban mobil gue tubeless, radial juga. Jadi memang bannya harusnya lebih kuat.

Gue tutup telpon, terus gue minggir pas di depan kantornya Nissan UD (yang jualan truk nissan). Gue buka pintu, tapi memang ga bermaksud turun. Cuma untuk lihat ban kempes atau bukan. Pas gue buka, gue longok sedikit, ga kempes. Tahu2 ada motor brenti di belakang mobil. Orangnya bilangm " Apaan tuh pecah, ada api, ada api". Gue sempet kaget sebentar, tapi langsung sadar, wahhh... boongan nih. Gue langsung tutup pintu, dan kunci pintu.

Pas gue liat, ternyata di sebelah kiri pintu penumpang, udah ada satu motor lagi yang brenti. Padahal ya, gue parkirnya tuh minggggiirrrr banget, udah hampir masuk halamannya si Nissan. mau ngapain tuh motor markir sebelah gua kalo bukan buat ngambil tas gua kalo misalnya tadi gue turun ngeliat apaan yang ngeluarin api? Acchh... Gue jalanin ajah tuh mobil gue, sambil gue liat2 di belakang gua. Soalnya itu posisi jam 5.30 dan jalanan lagi ramai2nya. Banyak motor sliwar sliwer. Jadi gue jalanin pelan2 mobil gua sambil ngeliatin reaksi motor2 di sekitar gua. Kalo misalnya beneran ada api, pasti banyak yang peringatin kita.

Hihi.. Hati2 ya para wanita. Ini modus perampokan jaman baheula karena udah kejadian beberapa kali ama gua. Kalo misalnya tadi gue turun, pasti itu orang yang di kiri mobil, akan ambil tas gue yang di kursi penumpang, karena pastinya gua panik donk, dan akan turun tanpa mematikan mesin mobil dan kunci pintu. Kalaupun seandainya gua alert dan mengunci pintu mobil, bisa ajah gue dilumpuhkan sama orang yang di belakang, dan sekalian dah sama mobilnya dirampok. Atau kalau gue turun dengan bawa tas, ya tasnya yang dirampok. Kita yang jadi cewek, kalah jumlah, kalah tenaga.

Kejadian pertama yang bikin gua alert sama modus kaya gini adalah sekitar 9-10 tahun yang lalu, waktu gua masih kerja di perusahaan Phillipine. Dan waktu itu gua nganter mekanik untuk check mesin terakhir kali sebelum mereka kembali ke Manila. Kejadiannya waktu itu di daerah Kapuk. Setelah selesai ngecek unit, kita on the way ke airport. Waktu itu gue pake Kijang. Mereka memang ngincarnya sopir cewek, karena lebih cepet panik. Ceritanya mobil gue dikasih ranjau paku. Aslinya bukan dari paku. Dari semacam seng ditekuk2 gitu deh.

Gue berasa ban kempes. Jadi gue langsung brenti di tukang tambal ban. Gue memang teledor, lupa kunci pintu karena gua pikir, ada 3 orang mekanik yang nunggu di mobil. Tapi untuk lepas ban kan mereka harus turun donk. Gue juga lupaaa tuh kunci pintu. Nyeseeell banget dah. Gue baru berasa curiga begitu ngeliat benda apa yang bikin ban mobil gua kempes. Kaya kesetrum gitu, gua langsung nengok ke pintu sebelah. Terlambatt!!! Tas pinggang salah satu mekanik udah lenyap. Kasian banget dah, tuh mekanik have to stay in Jakarta for another 1 month. Soalnya ngurus surat2 di kedutaan Phillippine tuh susah banget dah. Sama susahnya kaya ngurus surat di Indo. Hihihi... Orang2nya juga kurang koorperatif. Tuh maling mah langsung kaya mendadak dah. Bisa langsung berangkat ke Manila juga tuh. Haha.. soalnya dia dapet duit dollar buanyaaakkkk, ama camera keren, ama passport dan tiket. Haha... kalo tuh maling pinter sih ya, dia pake dulu tuh tiket.

Kejadian kedua adalah waktu gue lagi mo liat baju pengantin. Kira2 3 tahun yang lalu ya. Kejadian di sekitar danau Sunter menuju arah PRJ. Gue dipepet beberapa motor. Itu asli dah gue kaget banget. Soalnya gue emang cepet kaget kalo liat keramaian. Terus mobil gue ditunjuk2 sambil teriak api api. Jadi gue kaget donk. Cuma karena udah pernah kejadian, gue langsung curiga. Jadi gue brentinya di tempat mangkal tukang ojek. Mesin tetap dalam keadaan nyala. Pintu tetap terkunci. Gue diam. Gue nunggu sambil liat reaksi orang sekitar. Pas gue liat kagak ada orang naik motor di belakang gua, gue cepet2 buka jendela kanan, terus ngintip ban. Ga kempes. Sebelah kiri ada tukang ojek, jadi gue buka juga jendela kiri, ngintip. Ga kempes. Langsung dah gua jalanin lagi mobil pelan2.

Kejadian yang ini emang bikin gua kaget dan shock. Kalo dipikir2, lha wong dia teriaknya apiiii kok, kenapa jadinya gua ngecekkin ban ya? Sampe rumah, gua masih gemeteran tuh. Sampe telat ngeliat bajunya.

So, ladies. Hati2 ya kalau mobilmu dipepet sama beberapa motor. Kalo baru 3-4 motor mah jangan cepet percaya. Hati2. Kalau mau ngecek keadaan mobil, jangan di tempat sepi. Kemaren ajah di Garuda, itu lagi ramai2nya. Berani banget. Kalo seandainya kejadian ban kempes di tempat sepi, mendingan korbanin ajah tuh ban mobil sebiji. Jalanin ajah mobilnya sampai tempat rame.

Yang penting, pintu tetap terkunci dan mesin dalam keadaan nyala. JANGAN TURUN DARI MOBIL. Jalanin ajah mobil pelan2 sambil liat reaksi orang2 di sekitar kita. Jangan kata ada api di mobil. Cuma ban kempes ajah, reaksi orang2 udah beda kok. Kalo bener2 ban kita kempes, orang yang lagi duduk nongkrong ajah bisa nunjuk nunjuk mobil. Percaya deh. Udah pernah kejadian kok ama gua.

Yang terpentingggg, Makasih ya Tuhan. Tuhan masih sayang sama diriku. Muach Muach..

11 Mei 2009

PR: Seafood Chowder

PR minggu ini, haha.. maap yak teman temannn, kayanya minggu ini gue kurang nyiapin nih. Hihi.. Masa udah lagi masak, baru inget kalo jagungnya kelupaan beli. Ini gara2 lebih konsen mikirin cream apa yang mesti dipake.

Ini resep aslinya, klik disini.

Hari Sabtu ajak Axel jalan2, udah liat tuh ada Anchor Whipped Cream isi 250 ml, harganya cuma sekitar Rp 16.000 atau Rp 18.000 gitu deh. Pokoknya murah dah, ga sampe noban. Tapi ragu2. Akhir ga jadi beli. Soalnya kan di resep tulisannya Thickened Cream.


Hari Minggu, abis nganter Axel sekolah minggu, gue ke tempat temen dulu, udah gitu ke Carefour beli French Bread sama Whipped Cream lagi. Karena kata si Liza, bisa pake Whipped Cream. Belinya yang merek Paysan Breton. Harganya muahalllll... Isi cuma 200 ml harganya Rp 23.650.

Sedangkan roti French-nya Rp 9.900 dapet yang panjang hampir 60 cm kayanya. Cuma sayang ya, kulitnya keras banget. Tapi memang pantes sih, direndem di soup jadinya agak lembek dikit.

Pulang dari jemput Axel udah jam 11 siang. Langsung dah kalang kabut bikin soup ini. Bikinnya sih mudah banget ya. Cuma ya tahu sendiri donk, resepnya disesuaikan dengan daun2an seadanya. Peterseli ama kucai kagak pake karena ga jelas bentuknya kaya apa. Waktu ke C4, sempet liat ada tulisan PetersAly digantung di atas rak sayur. Cuma pas ngeliat ke sayurannya, semuanya ditumpuk2 sehingga ga jelas yang peterseli tuh yang mana. Xixixi... Oon mode on.

Jadi daun2an yang gue pake adalah seledri, daun bawang dan bawang bombay. Sempet dapet telpon dari Liza yang nyuruh bikin 1/2 resep ajah karena 1 resep jadinya banyakkkkk. Terlambat Lizzzzz, gue udah keburu masak.
Dan sopnya enak bangetttt. Untuk seafoodnya, bingung ga tahu mo pake apa. Cumi, gue ga bisa motongnya. Kerang, takut amis. Jadinya cuma pake ikan sepotong kecil & udang 1/2 kg. Tapi kata papi enakkkk. Terus pagi ini bawa ke kantor, si Andy ama Ci Ling juga bilang lumayannn. Gue rasa sih, seandainyapun ga enak, mereka ga akan berani komplain. Takut benjol kayanya.
Si Papi sih udah langsung ngebayangin makan soup ini pake Zuppa Soup. Hihi.. kayanya gue bakalan tanya resep detail chicken mushroon nih ama si Eny buat isi Zuppa Soup. Semalam pas Papi telpon, dia bilang gini, "Yank, jangan lupa sup yang pagi tadi ya, buat pencuci mulut". Xixixii... perasaan soup mah buat appetizer yah.

08 Mei 2009

The Way You ThinK

Gue ini orang yang sangat percaya sama Yin dan Yang. Jadi segala sesuatu itu pasti ada baik dan buruknya. Eventhough, kalo kita lagi menderita, sometimes kita lupa kalo pasti ada kebaikan at the end. hehe..

Cara kita berpikir juga selalu dipengaruhi oleh keseimbangan. Jadi ada yang berpikir bagus, ada juga yang berpikir jelek.

Case: Axel main keluar rumah sore sore sama BS
Pendapat 1: Ga boleh main keluar, takut diculik BS.
Pendapat 2: Aduu.. kok nih anak ngerem melulu di rumah sih, lama2 jadi bloon dah. Keluar donk, bergaul sama tetangga, jadi anaknya bisa belajar bersosialisasi. Kagak kuper.

Case: Axel bangun jam 7, tapi jam 9 udah dikasih bobo lagi ama BS
Pendapat 1: Bloon dah anak gua, dikasih tidur mulu.
Pendapat 2: Bagusss, anak kecil itu kalo bobo baru bisa tumbuh gede dan tinggi. Karena pertumbuhan anak kecil itu terjadi sewaktu dia bobo. Lihat ajah baby baru lahir. Bobo melulu, gedenya cepet kan?

Case: Axel berantakkin mainan
Pendapat 1: Mainannya diumpetin, soale BS-nya males beresinnya
Pendapat 2: Biarinin ajah mainan diberantakkin. Kan berarti anaknya kreatif. Lagipula kan, untuk apa mahal2 gaji BS sama pembantu, kalo cuma beresin mainan anak aja udah kerepotan.

Case: Axel makan cemilan ga bergizi (contoh: kerupuk)
Pendapat 1: aduu.. masih kecil. Jangan dikasih goreng2an. Kasiannn.. (apanya yang perlu dikasihani ya??)
Pendapat 2: ga apaaa... Semua makanan dicobain. Anak kecil kan memang doyannya es krim, kerupuk, permen. Justru kasiannn kalo dia kagak nyobain. Wong makanan enak kok. Kan ngasihnya juga ga sekantong isi 1 kg, cuma secuil doankkk

Case: Axel cepak ABRI
Pendapat 1: Ganteng ya, rapi, adem rasanya
Pendapat 2: Kapan ya ngeliat Axel punya poni, rambut belah samping. Kalo perlu mau piara buntut nih.

Case: Axel jalan jalan
Pendapat 1: Diajak keluar muluuu... (sambil geleng-geleng)
Pendapat 2: Bagus donkkk... Biar liat pemandangan luar. Wek!!

Case: Axel minum juice pear and sunkist
Pendapat 1: Pear muluuu.. Makan pisang ama pepaya ajahhh, lebih murah
Pendapat 2: Kalo lagi ada duit, kenapa engga. Lagian juga, bosen kaleee pisang mulu.

Case: Axel nonton CD Brainy Baby
Pendapat 1: Nontonnnn mulu.. Rusak dah tuh mata. Ntar masuk TK udah pake kacamata
Pendapat 2: Ga sanggup dan ga bisa ngajar sendiri, mendingan dikasih CD ajah yang ada unsur educationnya. Lagipula kan nontonnya ga deket2 kok.

Case: Axel makan cemilan pake tangan kiri
Pendapat 1: Diajarin donk makan pake tangan kanan. Ntar kebiasaan, jadi kidal, dan ngajarin nulisnya susah lhohhh
Pendapat 2: Biarin ajah pake tangan kiri. Emang paling enak kalo ngemil itu pake tangan kiri. Ga masalah kok. Hak asasi tahuuuu

Alah.. mulai ngaco nih nulisnya. Xixixi.. Semua pendapat di atas, bisa jadi benar atau jadi salah, tergantung dari sisi mana kita memandangnya.

Ini cuma tulisan iseng doank. Setelah lelah seharian kerja hari Jumat gini, mana pulangnya lebih sore. xixii..

06 Mei 2009

CASH from Kartu Kredit

Mulai hari ini kita terima gesekan kartu kredit. Jadi yang punya kartu kredit dan mo cari dana CASH, kita bantu cairin dana tunai. Persentasenya standard 2,5% - 3% untuk yang gesek dikit. Kalo geseknya banyak, bisa nego.

Telpon yaaa.. 021 -33000 170

05 Mei 2009

PR: Coconut Coffee Cokies

Original Recipe from MousieFood.

Bahan :
100 gram margarin
50 gram gula tepung
50 gram kelapa kering
100 gram tepung terigu protein sedang
2 sendok teh kopi instan
1/4 sendok teh soda kue
1/4 sendok teh garam
10 tetes esens kopi
100 gram gula pasir kasar untuk taburan

Cara membuat :
1. Kocok margarin dan gula tepung 30 detik. Tambahkan kelapa kering. Aduk rata.
2. Masukkan tepung terigu, kopi instan, soda kue dan garam sambil diayak dan diaduk rata.
3. Tambahkan esens kopi. Aduk rata.
4. Bentuk bulat kecil. Letakkan di loyang yang dioles margarin.
5. Oles bagian bawah gelas yang datar dengan margarin. Celup ke gula pasir kasar. Tekan kue sampai pipih.
6. Oven 10 menit dengan suhu 150 derajat celcius.

So, kaya gue bilang kemaren, mulai minggu ini, gue, Ching, Liza, Kartika, Mila ama Jess setiap minggu bakalan masak atau baking. Minggu ini giliran gua cari resep. Resep akan diposting sebelum hari Rabu tiap minggunya.

Gue bikin hari Sabtu kemaren. Resep kali ini adalah resep orang nekad. Abisnya kan gue liat2 kayanya gampang yah. Aduk aduk doankkkkkk... Ternyata ya, bingung sendiri. Gue ga tahu apa yang dimaksud dengan kelapa kering.

Menurut Kartika sih ada. Gue liat di google juga ada yang namanya dessicated coconut. Masalahnya, gue udah ampe jereng dan pengkor muter di C4, kagak nemu. Ada juga Coconut Cream/ Powder. Yah.. ini mah kagak bikin kuenya kres kres.

So, gue pake kelapa parut 1000 perak, disangrai pake api sedang, asal kering ajah. Jangan sampe berubah warna jadi coklat.

Udah gitu, gue juga ga punya oven. Oven emak gua juga napasnya udah Senin Kemis. Tuh resep gua pilih karena gue doyan kelapa. Dan gue liat panggangnya cuma 10 menit. Kalo cuma segitu sih, kayanya oven emak gue masih sanggup yak. Gue sih ngebayanginnya, tuh kue bakalan kaya kue merek Monde yang rasa Kelapa. Tahu kan, kue kalengan yang mahal itu lhohhhh.....

So, hari Sabtu ituuuu... gue bikin dah. Gampang sih. Mentega aduk ama gula halus. Terus kelapa parutnya cemplungin. Pakein Nescafe Coffemix 1/2 bungkus. Masukkin tepung terigu, garam, essens kopi, aduk2. Udah dehh...

Proses cetak, Gue bikin bulet2, gue teken pake gelas minum biasa yang dibawahnya diolesin pake mentega. Gue ga celup gula pasir lagi karena takut kemanisan.

Karena cape berdiri seharian kemaren, gue ber angan2, gimana kalo dipanggang pake toaster ajah. Hihi.. Kan sama aja. Gue pikir sih ini adonan ga bakalan susah2 banget matengnya. So, gue panggang pake toaster. Hihi.. Kaya bikin roti panggang. Kan kalo berhasil, gue ga bakalan ngerepotin emak gue. Bener ga? Bener ga?


Hasilnyaaaa.... yang di sebelah dalem tuh, pinggirnya gosong. Hahaha.. Tapi hasilnya wangi. Cuma pake toaster ini, yang sebelah depan bisa copot. Yang sebelah dalam, kagak bisa copot. Harus diketok2, disodok2 pake sendok. Hahaha... jelek dah.

Akhirnya boyongan ke rumah emak gue, pake oven beneran. Dan ini hasilnya. Maap yak temans. Fotonya ala kadarnya. Soalnya itu udah jam 8 malam, dan energinya gua udah tinggal sisa2nya doank. hihi...

Untuk waktu manggang, di resep bilangnya 10 menit. Karena pake oven emak gua yang kagak ada temperaturnya (udh rusak), jadi gue liatin aja, Udah kuning ya angkat. Kemaren sih sekitar 20 menit baru dapet warna coklat yang agak bagus gitu. Kalo pake toaster roti sih, mungkin kemaren kalo gue ga pasang 10 menit, tapi 7 menit ajah, mungkin bagus ya.

Aneh ya, di resep bilangnya untuk 350 gram. Kok gue jadinya cuma paling 20an keping. hihi.. kegedean kali yak.

Untuk rasa, emak gua, temen gue, doyan. Untuk gue pribadi, karena gue doyan kelapa, enak sih. Apalagi pas pake oven emak gua, loyangnya gue pakein mentega banyak2. Hihi.. jadi asin gitu. Tapi next time kalo gue mo bikin lagi, ga bakalan gue pakein essens kopi. Bikin warna jadi coklat jelek. Entah kurang banyak atau kedikitan. ENGGA DAH! Next time bikin plain ajah. Warna kuning cerah gitu kayanya lebih bagus dah.

04 Mei 2009

Kroket Kentang dan Sapo Tahu

Huahh.. Mentang2 abis gajian nih, pembalasan dendam. Haha.. Hari Sabtu seharian di dapur, berdiri terus ampe pegel.

Bangun2 jam 7.30 lewat, langsung ngibrit ke pasar. Axel pengen ikut, jadilah ke pasar kaya rombongan ondel2. Masih bau. Mami, Axel, Ika ama pembantu baru si Mis.

Hari Sabtu pagi bikin: sop jagung, ayam goreng, kroket kentang, sapo tahu
Hari Sabtu sore bikin: pempek sama PR Coconut Cofee Cookies

Soal PR ==> mulai minggu ini, mami ikutan klub rame2 belajar masak ama baking gitu, sama beberapa temen blog. Ada 6 orang, cuma posting hasilnya besok ajah ya. Masih ada waktu karena maksimum adalah hari Rabu.

So, hari ini mami mo share resep kroket kentang dan sapo tahu ajah.


KROKET KENTANG







(sayang fotonya kurang jelas ya)


Udah lama banget pengen bikin ini, tapi ga bisa. Susah. Hari Sabtu bikin, jadinya gede gede banget. Hari Minggu bikin lagi. Soalnya isinya masih banyak sih, sayang kan. Tinggal kukus kentang lagi, bikin dah. Laku keras, kacang goreng, laris manis dah.

Menunya boleh ngopi dari site Evenna Chang dan dimodified sedikit.

Resep asli, link ajah langsung di atas, resep yang udah modified as below:

KULIT:
- Kentang 1 Kg
- Dancow Full Cream 2 sachet uk 28 gr
- Gula halus (gula pasir 3 sdm munjung diblender)
- Garam 1 sdt
- Mentega biasa yang asin 1 sdm penuh

ISI:
- 3 siung bawang merah cincang
- 2 siung bawang putih cincang
- 1 butir bawang bombang cincang
- 250 gr daging sapi cincang
- 2 batang wortel potong kotak kecil2
- 2 sdm gula (kira2)
- 2 sdt garam (kira2)
- 1 sdt merica (kira2)
- 1 ½ sdt pala (kira2)
- 125 ml susu Ultra madu si Axel
- Tepung Maizena sedikit, sisa bikin sop jagung

CARA BIKIN:

1. Kentangnya dikukus (mami ngukusnya di rice cooker, sekalian masak nasi). Yang perlu diperhatikan, jangan dikukus terlalu lama. Yang penting asal bisa dihancurin/ ditekan2 dengan garpu.

2. Di baskom, tuang dulu susu bubuk, garam, gula, mentega untuk kulit. Begitu kentangnya mateng, keluarin ke baskom, tekan2 pake garpu ampe halus. Udah gitu, bantu lagi dengan diaduk pake tangan. Tujuannya biar kentangnya padat dan udaranya keluar semua. Udah beres, biarinin adem. Baru nanti dibentuk lonjong, terus tekan tengahnya kaya buat sumur yang dalam gitu. Isi dengan daging, bungkus, celup putih telur dan gulingkan ke tepung panir. Terus goreng deh.

3. Bikin isinya: Bawang2an di cah pake minyak goreng secukupnya, masukkin daging, masukkin wortel dan bumbu2 lain, masukkin susu, masak dulu bentar, baru deh masukkin tepung maizena yang udah larus dilarutkan dengan sedikit air. Jangan sampe terlalu kental ya, tepungnya sedikit ajah. Sebenarnya sih ga pake tepung ama susu juga ga apa tuh. Jadi isinya kering gitu. Enak juga kok.

Waktu bikin yang hari Minggu, kentangnya sisa 3 biji, isinya udah abis, akhirnya mami isi pake keju parut. hoho.. si Papi langsung bilang, "Minggu depan bikin lagi donk Yank, pake keju semua, isinya yang banyak"... hohoho.. Papiii.. lupakah dikau pada penyakir asam uratmu. HUH!!

Tips:

1. Kentangnya pada saat dikukus memang pasti basah karena kena uap air, tetapi biasanya pada saat sudah diangkat ke baskom, kentangnya jadi kering. Segera tekan2 dengan garpu dan JANGAN SAMPE KENA AIR. Kentang bisa buyar saat digoreng. Supaya gorengnya mudah, kuncinya ada pada saat proses ngancurin kentang tuh. Kalo udah ancur, kentangnya diteken2 dipencet2 pake tangan biar padat dan udaranya keluar.

2. Pada saat mau bungkus isi, kentangnya jangan dilebarin di tangan. Taro adonan di tangan kiri. Terus tekan tengah hingga terbentuk lubang yang dalam. Ingat, adonan kentang ini ga melar, jadi ga bisa ditarik ke kiri ke kanan kalo kurang panjang. So, pada saat sebelum isi dimasukkan, harus dipastikan bahwa pinggir2 adonan cukup panjang untuk bisa menutupi isi. (aduu... untuk yang ini sebenarnya mami juga bingung jelasinnya gimana, karena saat bikin pertama kali, mami sampe telpon I'ie yang kerja di tukang kue, cuma buat nanya gimana cara bungkusnya. Tapi setelah itu udah jago donkkk..... tapi memang ga gampang sih bungkusnya)

3. Pada saat goreng, minyak panas dan banyak. Celup langsung angkat. Kalo kelamaan kerendem di minyak atau minyak kurang panas, kroketnya pasti pecah.



SAPO TAHU



Bahan:
- Tahu Telur 3 bungkus
- Kembang Kol 1
- Daging Ayam
- Daging Udang kupas
- Wortel 1 batang potong serong tipis
- Jamur apa sih tuh yang item2 lebar2 (beli di pasar sekantong isi 6 lbr 2000 perak)
- Bawang putih 2 butir
- Bawang bombay 1 butir
- Cabe merah 2 batang
- Daun Bawang
- Tepung Maizena 1 sdm dilarutkan dengan air
- Garam, Micin, Lada
- Saos Tiram 2 sdm
- Minyak Wijen seiprit
- Air 200 ml

CARA MASAK:

1. Tahu telurnya digoreng. Kemaren beli yang rasa udang, dan pada saat dimasak, takarannya udah ga 3 bungkus lagi karena dicomotin ama Axel, ama pembantu, ama BS, papi bangun tidur jg nyomot2, dan tukang masaknya nyomot paling banyak.
2. Panaskan minyak, cah bawang putih, masukkin bawang bombay, cabe
3. Masukkin ayam, aduk2
4. Masukkin wortel ama kembang kol, masukkin bumbu2 (garam, lada, dll dll)
5. Masukkin air (nakarnya sih pake gelas minum biasa, kira2 ajah)
6. Tutup wajannya, pake api sedang. kecil, tunggu sampe sayurannya empuk
7. Kalo udah empuk, baru masukkin udangnya sama daun bawang.
8. Masukkin tahu-nya.
9. Masukkin deh tepung maizena-nya. Masak sampe meletup matang, angkat dan makan dehhh... Gampang kannnn??? Bahan2nya juga ga ribet.

Tips goreng tahu:
Tahunya kukus dulu 5 menitan supaya ga gampang pecah pas dipotong. Pake minyak yang panas dan mendidih banget. Goreng tahunya jangan sekaligus banyak. Celup aja, asal kuning, langsung angkat. Kalo gorengnya kelamaan, tahunya jadi tua, dalemnya bolong2, kagak enak tuhhh...

MARI MAKANNNNN.... nyamm nyamm nyammm