29 Mei 2009

PERKEDEL KENTANG n PuYungHai

Langsung ajah....

1. Perkedel Kentang


Ini makanan kesuakaan Axel. Axel sih lebih suka pake ayam yah. Tapi kalo mau pake daging sapi juga bisa.

Bahan:

- Kentang (kurang lebih 1/2 - 1 kg) dikukus dan langsung dihaluskan dalam keadaan panas (ingattt.. jangan sampe ketetesan air yakk)

- Ayam/ sapi potong kecil2 + saos tiram + minyak wijen, dioseng dulu sebentar pake mentega, blender

- Garam, lada, micin (micinnya optional yak)

- Pala

- Ketumbar (optional)

- Kuning telor 1 ajah
- Bawang goreng

Cara buat:
1. Campur semua bahan dalam wadah, aduk sampai kecampur semua. Cobain dulu, cukup asin apa engga. Tapi jangan keasinan juga yak.
2. Poles tangan pake putih telur, biar ga nempel di tangan.
3. Ambil 1 sdm adonan, puntel2 gulung2 deh ampe padat
4. Ulangin sampai semua adonan habis
5. Celup putih telur dan goreng

Note: Kaya biasa ya, kalo untuk adonan seperti ini, jangan sampai adonannya ketetesan air. Kemudian saat menggoreng, minyak harus benar2 panas (karena sebenarnya adonannya kan udah mateng). Jangan sampai adonan cuma kerendem 1/2 di minyak. Seandainya minyak cuma 1/2, pas adonan ditaro di minyak, siram2 atasnya dengan minyak, kemudian segera balik. Kalo ada yang goreng beginian, terus adonannya buyar, segera hubungi gua untuk les privat cara menggoreng yak

2. Qin Thun.


Ini utang foto yang waktu itu, ayam di tim. Kedoyanan Axel sekalipun pake cabe. :p

3. Puyunghai.


Ini enak banget. Maapp.. udah hampir habis separo baru ingat belum difoto. Doyanannya papi nih.

Bikin telornya mah sama aja kaya bikin telor dadar, cuma ditambahin kol, kentang, daun bawang, bawang goreng, bawang bombay, saos tiram, minyak wijen. Bumbu tetap garam lada micin.

Untuk saosnya, oseng bawang putih + saos tomat botolan + gula dikit + air + maizena seuprit.

4. Rujak Jambu

Hahaha... ini lapar mata. Liat jambu merah2 nongrong di gerobak di depan pasar. 10 ribu/ Kg.

Bumbu:
Gerus ajah rame2. Cabe dulu ama garam, terus masukkin terasi ama gula jawa terus kacang tanah, terus kash air asem dikit, jadi deh. Sedappppp....!!!! Ngiler ngiler dah lu pada. Huahhahaa....

20 komentar:

  1. duhh..siang2 liat ginian ga tahan deee....minta dong....

    BalasHapus
  2. Ah jambu aerrrr. Curang hahaha. Gw disini pas hamil ngidam abis sama jambu air, cuma disini mana ada.. Pernah sekali nemu, import drmana gitu, tp uda busukkkk! Masih aja loh dipajang di supermarketnya.

    Wahh kl gw malem ini mimpi jambu air, gara2 elu nih :)))

    BalasHapus
  3. @Melinda: Yah Mel, gue ajah sambil posting jambu air, rasanya ngilerrrrrr... Jambuna merah2, sambelnya pedes, terus kacangnya tuh yang ga ancur2 banget, jadi pas dimakan berasa banget. Waaahh... menangis pedih. Udah meeting lama banget, keluar ruang meeting, baru jam 3 sore, masih 2,5 jam lagi. Huhuhuuuuu....

    @Christine: Hahaha... Mau lu gue kirimin? Lagi mau musim nihh.

    BalasHapus
  4. el,
    minta resep kuah nya puyunghai duonk, tiap kali bikin puyunghai tak pernah berhasil kuah nya pasti kentel kayak ongol2...

    BalasHapus
  5. @Milana: Mil.. Itu kan resepna udah gua posting. Lebih detail nih ya, bawang putih 1 siung cincang halus, oseng pake minyak sedikit, masukkin saos tomat botol kecil kira2 1/3 botol, terus kasih gula kira2 1/2 sdm, kasih air matang kira2 50 ml yang sudah diaduk dengan maizena 1 sdt munjung. Kalo kaya ongol2, tepungnya kurangin donk say.

    BalasHapus
  6. LC lu tega banget dah dah masak2 hari kerja.... trus ga kirimin ke g lagi....

    Btw itu ikan tim apa ayam tim??? wakakak

    BalasHapus
  7. @Liza: WAKK!!! Iyaaa.. salah. Ini foto udah dari minggu lalu, Cintaku, saYangku, Maniskhiiuuu. Hari ini gua lagi sakit kepala. Pengen cuti, tapi bos gua udah cinta mati ama gua, kagak dikasih. Haiyahhh....

    BalasHapus
  8. El yang Qin thun itu ayam di tim??? kok ada buntut ikannya??

    BalasHapus
  9. El, waduh kaga bisa ngelawan rajinnya lo masak neh

    BalasHapus
  10. gua mau dong les privat goreng menggoreng :))

    BalasHapus
  11. gw mau dong jaumbunya!!!!sama mangga muda juga kalo ada...hehehehehe

    BalasHapus
  12. Wah el.. si axel jago jga bisa mkan ikan tim pke cabe gitu hehe.. si J kmren tuh mkn telur puyuh tapi ditaruh disblah sate,bumbunya emang agak pedas *salahkan daddy* plg kena dikit bgt lar.. trus pas makan langsunng jerit2an muka merah trus gw cobain kaga pedes kok sma skli :)

    BalasHapus
  13. @ching: Sabar Chinggg.. 3 minggu lagii..

    @Elrica: Arghhh... semua pada complaint. Kan salah tulis dikit itu manuasiawiii...

    @Yenny: Udah lama masaknya, baru posting, Bu.

    @KD: Halahh... jagoan lu Kar. mestinya gua yang ngeles ama lu.

    @Jess: Uhm.. sambil bales komen elo, gue juga jadi ngebayangin mangga muda yang rasanya manis2 asem gitu. Huaaaa... Mau pulangggg....

    @Tine: Waah, Axel doyan makanan yang agak2 pedes Tin. Namanya juga gue ini tipe emak2 o'on, jadi waktu kecil sekitar 8 bulan gitu, gua ajak ke kondangan. Axel gue cobain kuah bakso, enakkkk banget, tapi udah kena saos dikit. Dan ternyata dia doyan. Keterusan ampe sekarang. Makan bakmie pake sambel dikit juga doyan. Wahaha...

    BalasHapus
  14. Aaaahhhh... jambunyaaaaaaaaaa enak banget tuh! Btw El, gw baru tau kalo bikin perkedel kentang, kentangnya ga boleh kena air.. emang kalo digoreng jadi ancur ya? Pantesan, gw kalo nggoreng perkedel kentang sukaan ancur dalem kuali.. padahal sebelum goreng udah gw celupin ke putih telor dulu he he he he :D

    BalasHapus
  15. @Amel: Iya Mel. Jangan sampe ketetesan air. Memang pas kentangnya dikukus, pas diangkat, kentangnya kan basah. Tapi setelah itu kan airnya nguap, jadi kering. Setelah itu jangan sampe kena air lagi dan mniyaknya harus benar2 panas. Celup sebentar, balik, bentar lagi, angkat.

    BalasHapus
  16. El, supaya perkedel kentang ga buyar kalo digoreng, kentangnya jangan dikukus, tapi digoreng, abis itu diulek panas2. Ga usah dilapisin telor lagi juga dijamin pas digoreng ga bakal buyar :)

    BalasHapus
  17. @Eny: Justru sengaja ga mau digorreng, En. Soalnya kan jadinya oily banget, colestrolllll bosss.

    BalasHapus
  18. Horeeee... El.. berhasil.. semalem gw bikin tuh perkedel kentang... selama ini kentangnya gw rebus, makanya jadi berair banget ya... thanks yach cup cup muaachhh!

    BalasHapus
  19. @Amel: Puji Tuhan. Bisa bagi berkat, ngajarin masakan ke elo. :p

    BalasHapus