04 Mei 2009

Kroket Kentang dan Sapo Tahu

Huahh.. Mentang2 abis gajian nih, pembalasan dendam. Haha.. Hari Sabtu seharian di dapur, berdiri terus ampe pegel.

Bangun2 jam 7.30 lewat, langsung ngibrit ke pasar. Axel pengen ikut, jadilah ke pasar kaya rombongan ondel2. Masih bau. Mami, Axel, Ika ama pembantu baru si Mis.

Hari Sabtu pagi bikin: sop jagung, ayam goreng, kroket kentang, sapo tahu
Hari Sabtu sore bikin: pempek sama PR Coconut Cofee Cookies

Soal PR ==> mulai minggu ini, mami ikutan klub rame2 belajar masak ama baking gitu, sama beberapa temen blog. Ada 6 orang, cuma posting hasilnya besok ajah ya. Masih ada waktu karena maksimum adalah hari Rabu.

So, hari ini mami mo share resep kroket kentang dan sapo tahu ajah.


KROKET KENTANG







(sayang fotonya kurang jelas ya)


Udah lama banget pengen bikin ini, tapi ga bisa. Susah. Hari Sabtu bikin, jadinya gede gede banget. Hari Minggu bikin lagi. Soalnya isinya masih banyak sih, sayang kan. Tinggal kukus kentang lagi, bikin dah. Laku keras, kacang goreng, laris manis dah.

Menunya boleh ngopi dari site Evenna Chang dan dimodified sedikit.

Resep asli, link ajah langsung di atas, resep yang udah modified as below:

KULIT:
- Kentang 1 Kg
- Dancow Full Cream 2 sachet uk 28 gr
- Gula halus (gula pasir 3 sdm munjung diblender)
- Garam 1 sdt
- Mentega biasa yang asin 1 sdm penuh

ISI:
- 3 siung bawang merah cincang
- 2 siung bawang putih cincang
- 1 butir bawang bombang cincang
- 250 gr daging sapi cincang
- 2 batang wortel potong kotak kecil2
- 2 sdm gula (kira2)
- 2 sdt garam (kira2)
- 1 sdt merica (kira2)
- 1 ½ sdt pala (kira2)
- 125 ml susu Ultra madu si Axel
- Tepung Maizena sedikit, sisa bikin sop jagung

CARA BIKIN:

1. Kentangnya dikukus (mami ngukusnya di rice cooker, sekalian masak nasi). Yang perlu diperhatikan, jangan dikukus terlalu lama. Yang penting asal bisa dihancurin/ ditekan2 dengan garpu.

2. Di baskom, tuang dulu susu bubuk, garam, gula, mentega untuk kulit. Begitu kentangnya mateng, keluarin ke baskom, tekan2 pake garpu ampe halus. Udah gitu, bantu lagi dengan diaduk pake tangan. Tujuannya biar kentangnya padat dan udaranya keluar semua. Udah beres, biarinin adem. Baru nanti dibentuk lonjong, terus tekan tengahnya kaya buat sumur yang dalam gitu. Isi dengan daging, bungkus, celup putih telur dan gulingkan ke tepung panir. Terus goreng deh.

3. Bikin isinya: Bawang2an di cah pake minyak goreng secukupnya, masukkin daging, masukkin wortel dan bumbu2 lain, masukkin susu, masak dulu bentar, baru deh masukkin tepung maizena yang udah larus dilarutkan dengan sedikit air. Jangan sampe terlalu kental ya, tepungnya sedikit ajah. Sebenarnya sih ga pake tepung ama susu juga ga apa tuh. Jadi isinya kering gitu. Enak juga kok.

Waktu bikin yang hari Minggu, kentangnya sisa 3 biji, isinya udah abis, akhirnya mami isi pake keju parut. hoho.. si Papi langsung bilang, "Minggu depan bikin lagi donk Yank, pake keju semua, isinya yang banyak"... hohoho.. Papiii.. lupakah dikau pada penyakir asam uratmu. HUH!!

Tips:

1. Kentangnya pada saat dikukus memang pasti basah karena kena uap air, tetapi biasanya pada saat sudah diangkat ke baskom, kentangnya jadi kering. Segera tekan2 dengan garpu dan JANGAN SAMPE KENA AIR. Kentang bisa buyar saat digoreng. Supaya gorengnya mudah, kuncinya ada pada saat proses ngancurin kentang tuh. Kalo udah ancur, kentangnya diteken2 dipencet2 pake tangan biar padat dan udaranya keluar.

2. Pada saat mau bungkus isi, kentangnya jangan dilebarin di tangan. Taro adonan di tangan kiri. Terus tekan tengah hingga terbentuk lubang yang dalam. Ingat, adonan kentang ini ga melar, jadi ga bisa ditarik ke kiri ke kanan kalo kurang panjang. So, pada saat sebelum isi dimasukkan, harus dipastikan bahwa pinggir2 adonan cukup panjang untuk bisa menutupi isi. (aduu... untuk yang ini sebenarnya mami juga bingung jelasinnya gimana, karena saat bikin pertama kali, mami sampe telpon I'ie yang kerja di tukang kue, cuma buat nanya gimana cara bungkusnya. Tapi setelah itu udah jago donkkk..... tapi memang ga gampang sih bungkusnya)

3. Pada saat goreng, minyak panas dan banyak. Celup langsung angkat. Kalo kelamaan kerendem di minyak atau minyak kurang panas, kroketnya pasti pecah.



SAPO TAHU



Bahan:
- Tahu Telur 3 bungkus
- Kembang Kol 1
- Daging Ayam
- Daging Udang kupas
- Wortel 1 batang potong serong tipis
- Jamur apa sih tuh yang item2 lebar2 (beli di pasar sekantong isi 6 lbr 2000 perak)
- Bawang putih 2 butir
- Bawang bombay 1 butir
- Cabe merah 2 batang
- Daun Bawang
- Tepung Maizena 1 sdm dilarutkan dengan air
- Garam, Micin, Lada
- Saos Tiram 2 sdm
- Minyak Wijen seiprit
- Air 200 ml

CARA MASAK:

1. Tahu telurnya digoreng. Kemaren beli yang rasa udang, dan pada saat dimasak, takarannya udah ga 3 bungkus lagi karena dicomotin ama Axel, ama pembantu, ama BS, papi bangun tidur jg nyomot2, dan tukang masaknya nyomot paling banyak.
2. Panaskan minyak, cah bawang putih, masukkin bawang bombay, cabe
3. Masukkin ayam, aduk2
4. Masukkin wortel ama kembang kol, masukkin bumbu2 (garam, lada, dll dll)
5. Masukkin air (nakarnya sih pake gelas minum biasa, kira2 ajah)
6. Tutup wajannya, pake api sedang. kecil, tunggu sampe sayurannya empuk
7. Kalo udah empuk, baru masukkin udangnya sama daun bawang.
8. Masukkin tahu-nya.
9. Masukkin deh tepung maizena-nya. Masak sampe meletup matang, angkat dan makan dehhh... Gampang kannnn??? Bahan2nya juga ga ribet.

Tips goreng tahu:
Tahunya kukus dulu 5 menitan supaya ga gampang pecah pas dipotong. Pake minyak yang panas dan mendidih banget. Goreng tahunya jangan sekaligus banyak. Celup aja, asal kuning, langsung angkat. Kalo gorengnya kelamaan, tahunya jadi tua, dalemnya bolong2, kagak enak tuhhh...

MARI MAKANNNNN.... nyamm nyamm nyammm

15 komentar:

  1. El,lo rajin banget seh.ada rencana pindah jadi tetangga gue ga? aaahhhhaahhahaha

    BalasHapus
  2. Wah El kayaknya kroketnya enak banget.... sayang g diundang ga bisa hadir....mmm nanti dah kalo g mau dateng g bikin wish list buat lu bikin2 hahaha

    Trus ga salah tuh sehari buat masakan sampe sebanyak itu? Ngalahin koki restoran.... lagi semangat nih ceritanya? Good lah semangat terus bikin prnya jadi rame.

    Penampakan sapo tahu rame bener.... mirip capcay.... tapi g juga doyan sayur sih hehehe btw mana tuh penampakan pempek2 alotnya wakakka

    BalasHapus
  3. *gelenk2*
    el kok bisa seh wikend niatnya masak?
    Gw malah pengennya nyantai2 n berleha2 ma anak aj..... hehehe

    BalasHapus
  4. tuh kan, mommy el jago masak kan..
    slurrrppp... endang tuh, bagi dikit sini nape? hihihi...

    BalasHapus
  5. yummy...enak na...(ngiler.com)

    BalasHapus
  6. ohhh begitu ya caranya bikin kroket, gua selama ini blm pernah coba krn katanya kentang sini beda, tp stlh gua baca tips elo kapan2 gua mau coba bikin deh...tfs :)

    BalasHapus
  7. lapaaaaaaaarrrrrrrrrrrrrrrrr...
    siap-siap gua samperin ye.. inget, lu utang empek2, kroket, sapo tahu, donat kentang, roti goreng.. apa lagi ya??

    lapaaaarrrrrrrrrrrrrrrrr

    BalasHapus
  8. Namanya jamur kuping el...Jamur nya enak, kalo di makan kriuk kayak krupuk.
    Sayang gak doyan sapo tahu, tapi doyan cap cay...

    BalasHapus
  9. Slurppp.. Kroket kentang. Sambil liat gambar kroket, nanya laki g di sebelah nih,,, mau gak di buatin kroket? Trus.. masak di jawab,... papa maunya donat kentang,,, Hehehe

    BalasHapus
  10. @Yenny: Haha.. mungkin yah, one day. Kalo gue diusir emak gue dari rumah sekarang, berarti mau ga mau pindah ke pinggir kota. Deket elo deh ntar.

    @Liza: Ha!! Sabtu depan mah mau ga mau sayur asem dah. Udah kelamaan. Gajian juga udah abis, jadi mo ga mau, cari sayur yang murah deh.

    @Patzie: yah.. namanya juga hobbie, Pat. :p

    @Hanny: Dateng ajah Han.

    @Mommy Oliv: Enak kok.. emang enak.. slurppp (biat tambah ngiler)

    @Kartika: Beda kentangnya? Emang disana kentangnya kaya apa?

    @Ernie: Haha... Masa utang gue udah sebanyak itu yak? Lu sih, disuruh datang kagak mau. Heran juga ya tapinya, kenapa sih orang2 di blog ini. Lha wong dibilangin masak makanan enak, disuruh dateng, pada kagak ada yang nongol. Aneh.

    @Mila: Yang gue bikin itu yah, kaga mirip sapo sih sebenarnya. hihi.. Emang lebih mirip capcay. Kalo sapo kan, pake brocoli, pake jamur yang bulet2.Haha.. Yang ini emang kayanya mirip capcay yah, cuma dikasih tahu. HAH?? Laki lu maunya donut kentang?? Bikin donkkk, gampang kok.

    BalasHapus
  11. El, tar kalo ketemuan ajarin bikin kroket ya, soalnya gue waktu itu bikin pada 'merekah' tuh hehehehehhe

    Kroket paling enak dimakan pk campuran mayonaise n saos sambal dikit El, tambah muanntap deh ;p

    BalasHapus
  12. @Debby: Wahhhh iya ya Deb. Gue makan pake saos sambel dikit ajah udah enak banget. Kapan lu mo ke rumah gua?? Senengnyaaa.... Lu beli bahan ajah. Ntar gue ajarin. hihihi... Kalo soal pecah pas digoreng sih, itu memang harus pas minyaknya. Memang ga gampang, tapi kalo goreng gue udah biasa, soale gue biasa goreng perkedel. Kalo orang2 kan bikin perkedel, kebanyakan digoreng dulu kentangnya. Sedangkan gua, kentangnya selalu gue rebus biar minyaknya ga terlalu banyak.

    BalasHapus
  13. gua jg kagak ngerti beda apanya...tp di sini kentang banyak macemnya..bingung jg pilih yg mana.
    btw kentang di indo ada macem2 ga? gua ga tau soalnya mulai masak2 ya di sini lahh...

    BalasHapus
  14. Hai Elsiey, kroketnya enak banget tuh. Thanks ya udah nge link aku.

    BalasHapus
  15. @Kartika: Emang kentangnya kaya apaan?

    @Evenna: Waaa.. kehormatan nih dikunjungin ama yang punya resep. Maap yaaa.. resep udah diobrak abrik nih. hehe..

    BalasHapus