15 Mei 2009

PR: Banana Cupcakes

PR ASLI, klik disini.
Kali ini resep, Mila yang milih. Pas terima resep ini, langsung stress. Cuma diem2 ajah, ga berani ngomong. Haha.. Soale yang lainnya kayanya excited banget.

Yahhh.. Begini deh namanya orang yang ga pernah bikin kue pake oven. Haha.. Modal nekat doank. Kemaren sore pulang agak cepet dari kantor karena harus ke tempat supplier dulu. Sebenarnya sih gue ragu banget ama resep ini, soalnya di mata gua, ini resep susahhhhhhhhhhhh banget (jujur ajah, resepnya kurang begitu jelas instruksinya buat gue yang beginner). Tapi bener ya kata pepatah, di mana ada kemauan, di situ ada jalan. Padahal ya, udah seminggu ini, nyari pisang ambon tuh susahhh banget lhoh. Ampe tukang jualan pisang di depan rumah gue ajah, kagak jualan pisang ambon. Tapi emang dasarnya udah rejeki, pas kemaren sebelum ke tukang pisang di pasar, iseng dulu mampir ke rumah emak gua. Ehhh... ada pisang ngetem di keranjang. Xixixiii.. Diembatlah 2 batang. Huaha...

Pas jam makan siang, gue ngabur ke toko kue deket kantor, beli kertas cupcakes sama butter milk. Gue udah browsing, butter milk itu bentuknya cair. Tapi pas ke toko kue, minta butter milk, dikasih semacam bubuk, isinya sedikitttt banget, paling cuma 1 sendok makan, harganya Rp 12.500. Terus gue bilang, kok bubuk ya? Kata encinya, "Iyahhh, ini butter milk. Wangi banget lhoh, pakenya sedikit ajah, 1 sdt". Berhubung gua buru2, udah dah, bungkus ajah, barengan sama kertas cupcakes (gede banget lhohh), 10 biji = Rp 4.500.

Sampe mobil telpon Liza. Dibilangin butter milk itu cair. Terus telpon si Shinta, tukang kuenya dapur amatir, bilang juga butter milk itu cair. JADI YANG GUE BELI ITU APAAN YAHHH?? Cuma memang wangi banget. Shinta si curiga kalo itu tepung susu. Mobil gue yang kecil mungil imutz jadi wangiiiii banget.
Seperti biasa ya, resepnya diobrak abrik sesuai dengan kemampuan dapur gua. Maaf ya Temin Temin (kan cewek..hahaha..):
- 100 gr margarin Blue Band
- 300 gr gula halus (kemanisan nih, mungkin harusnya 250 udah cukup)
- 2 telor
- Vanili
- 2 batang pisang dihaluskan pake garpu
- 60 ml susu ultra putih
- 250 gr terigu Kunci Biru
- 1/2 sdt Baking Powder Double Action
- 1/4 sdt garam
Cara bikin:
1. Margarin kocok, terus masukkin gula halus (huhu.. seharusnya sih dikocok, cuma gue tempatnya kegedean, jadinya ga bisa dikocok dan jadinya malah menggumpal2).
2. Akhirnya ceplungin telur ajah langsung. (Huhuhu lagi, gulanya kagak bisa larut, keliatan berbulir2, akhirnya dikocok kira2 30 menit)
3. Masukkin susu ama pisang (Mixer masih jalan terus)
4. Masukkin tepung + garam + BP + vanili + butter milk jadi2an (masih tetap di mixer)
5. Masukkin ke kertas cupcakes raksasa, cuma jadi 7 biji.
6. Dioven dah, kemaren sih kira2 30 menit (maklummm... oven jaman Siti Nurbaya). Kalo menurut emak gua sih, kemaren itu ovennya 180 celcius. Kata beliau, setelah liat hasilnya, seharusnya ovennya lebih panas lagi, mungkin sampai 200 deh.
Pas nyampe rumah nyokap, dapet komentar seperti ini, "Aduuu.. gede amat. Mana bisa mateng dalamnya. Emang ga bisa dibagi jadi lebih kecil?". Langsung dah muka gue jadi pucat, dan langsung telpon si Liza. Tambah stress dan tambah ga yakin dah. Pokoknya panik mode on.

Ini penampakkan di dalam oven. Selama proses mixing dan baking memakan waktu kira2 1 jam. Selama proses itu, kira2 gue telpon si Liza 4-5 kali. Huahaha.. Kirim MMS 2x, tapi ga tahu kenapa, kagak nyampe2. Lampu oven juga dinyalain setiap 3-5 menit sekali. Xixixii... Pas diliat bisa ngembang, wuahhhh... bahagia lhohhhh...







Hasil Aslinya seperti ini. Seharusnya sih di frosting, cuma ya, karena cuma jadi 7 biji, males banget kan, so.. atasnya dikasih keju ajah. Itupun cuma 3 biji. Soalnya yang 4 biji, ga boleh dibawa pulang, a.k.a dipalak ama emak gua. Hahaha... Teruss... (maaf ya teman2), karena kejunya kagak mau nempel di cupcakes, cupcakesnya gue oven lagi pake toaster selama 3 menit. Haha.. Kacauuuu...... Jadi agak gosong atasnya.




Kuenya enakkkk banget ternyata. Walaupun agak kemanisan dikit untuk ukuran gua (kalo emak gua sih doyan manis). Rasanya tuh gurih, asin, manis. Emak gua yang rewel ajah bilang enak. Axel juga doyan banget. Dia pegang 1 bagian dan makan sendiri. Dalamnya tuh empuk dan yummy banget. Sonny sih memang doyan gua ginian, tetapi yang keju. Biasanya beli di Bread Talk berapa duit tuh? Next time gue pasti bikin lagi yang Keju. Mantap nih resep pilihannya si Mila. Bokap juga doyan banget kue ginian, sayangnya blio lagi flu. Jadi ga berani makan banyak.
Wahh.. jadi deg-deg an nih. Apa ya PR minggu depan. Whatever it is, pleaseee... jangan yang pake oven lama2 yach. Ntar oven emak gua gempor nih.

15 komentar:

  1. WOW..u expert banget d hal kue en masakan..ngiler el...hiks andai gue bisa ikutan...cm hebat..dah layak jual tuh el :D

    BalasHapus
  2. Whew, pada rajin bener ya. Gua cuman bisa menatap gambar2 lu dengan mata nanar, hiks... gua mulai mual2 & pusing2.

    Kemaren gua udah beli bahan2 buat bikin spaghetti. Tapi pas td pagi mau bikin, ya... stock bawang bombay habis. Hiks... ga jadi lagi deh.

    BalasHapus
  3. haha, el...ngakak g baca kalimat yg terakhir...jgn pake oven lama, ntar oven mak gw gempor..hahaha...
    el, kl fam elo doyan, ya bikin lagi donk, beli oven, hihi...aplgi axel mau makan kan???
    biar bkin PR nya sip, ga msti ke t4 nyokap dulu..hihi

    BalasHapus
  4. hahaha..stuju ma sylvia...gw ngakak baca kalimat terakhir..ahahahaha..
    ntar giliran gw yg bikin dah..nanti mo suru BK bli bahan"nya..ehehehe...

    BalasHapus
  5. LC lucu banget sampe di palak segala.... mending lu buruan beli oven jadinya kan nyokap lu ga usah malak2 segala tapi dah dikasih jatah....

    Hasilnya bagus L, good for beginner, ini termasuk sukses... g dulu aja berapa kali gagal.

    BalasHapus
  6. El, hihihi
    buttermilk emang biasanya cair koq
    kaya susu di carton getu
    gue jg ga tau seh kalo yg bubuk gitu namanya masih sama apa engga ya
    anyway, mending kertas cupcakenya yang kecil aja
    jadi org ga kekenyangan sekali makan. Luna ama Jojo juga kdg ga abis kalo cupnya besar. Lagian hasil baking lo keliatannya banyak kan .... lumayan toh buat bagi ke gue
    huehehehehehehee...

    BalasHapus
  7. WUAH!! jadi kepengen bikin, liat bahan2nya gak ribet... hahaha... apa kata dunia gw bikin kue..!!! Hahaha...

    JIA YO EL!!!... tar bikin lagi bagi gw yah. yah yah....hihihi...
    Skalian bikinin MPEK2 Dong!! Pleasee.... *gaya tatapan memelas gizel*

    BalasHapus
  8. wadoh..
    lu mah bikin gua ngeces mulu..
    nyam nyam..

    BalasHapus
  9. wuiiih canggih lo ell....tuh kue menurut penilaian mata gue tuh sukses tauuu...(walaupun ga ada rasanya..) soale menurut gue bikin kue jadi ngembang dgn sempurna tuh ga gampang lohhh....mantap euy..!! (bagi dong...)

    BalasHapus
  10. mantep el... keliatannya enak... :D
    gak heran dipalak ama emak lu. eh sebenernya bukan dipalak tuh, lha lu kan ngembak pisangnya. hahahaha

    BalasHapus
  11. Wuah el... bagus banget pe er nya, sampe-sampe bagian atas nya mletik kayak bolu,,, punya g sampe begitu.. udah bikin nih, tapi lagi tunggu dingin, jadi lom di coba.

    BalasHapus
  12. Maoooo coba resepnya, tapi ga ada oven..gmn matengnya ya?? sabar deh..mom, keep posting resep ya..jd kl mo coba tinggal buka blog mu ini..^^

    BalasHapus
  13. @Santi: Makasihhh, tapi yah lu liat deh PR2 anak2 yang lain. Bagus2. Pake hiasan. Gue males.

    @Eny: Haha.. rumah lu jauh sih En. Kalo deket mah gue drop dah, nyenengin emak2 hamil. hehe.. Sekalian minta spageti-nya

    @Ching: DIAMMMMMMM!!!!!

    @Jess: Bagus kok Jess jadinya yang resep asli.

    @Liza: Kan gua udah bilang, emang gue pinterrrrrr

    @Yeni: Kagak ada yang kecil, Yen. Gue ini orangnya ga mo repot, ga mo pusink. Yang ada ajah diembat. Ternyata semalam yah, gua bikin lagi buat emak gua, terus kertasnya habis. Gue hajar ajah terus pake mangkuk bolu kukus plus kertas buat bolu kukus. Haha. Bagus juga tuh.

    @Patzie: Wakakaa... Iyahhh... Ntar yah, beli ikan duluuu.

    @Ernie: Baek2, jangan belepotan.

    @KeyNe: bukan usaha gue Ne. Ada baking powder-nya. Wakaka... Walaupun pas masuk oven, gue bantu dorong tuh adonan, ke atas, pake doa.

    @Arman: semalam bikin lagi Man. Emak gua yang minta. Serakah, bikin 2 resep. Masa gue cuma dikasih 4 biji doank. Xixiii.. pelittt...

    @Milana: Ditunggu postingnyaaaa

    @El: Iyaaa.. gue tunggu juga kreasi elo. Haha..

    BalasHapus
  14. gua sih ga banyak komen lagi el...uda diwakilin yg lain...cuman 1 aja...BELILAH OVEN!!!!

    BalasHapus
  15. DIAMMMMMMMMMMMMMMMM!!!!!!!!!!

    BalasHapus