18 Mei 2009

Bong Li Lampa, Dendeng Lambok, Rolade Ayam, Ayam KFC (UPDATED)

SELAMAT NGECES SEMUANYAAAAA (argghhhh.. kesal gua.. kenapa hasil fotonya jelek bangettt....)

1. Dendeng Lambok


Ini resepnya ambil di sini plek plek. Ga diubah sedikitpun. Dan rasanyaaaa... wuahh.. mengerikan enaknya. Soalnya ya, masa gue masak daging 800 gr, habis dalam sehari saking enaknya. Dan inipun, nyokap gua ga kebagian. Yang makan berempat (dan gua cuma bagi anak buah di toko 1 potong, terus bagi si Dede 2 potong). Kebetulan gue bikin nasi uduk Sabtu kemaren. Lauknya ya dendeng ini. Rasanya asem, gurih, manis, empuk, enakkkkkk.

Note: Tomatnya gua tambahin sebiji. Ada kesalahan teknis dikit. Karena seharusnya rebus dagingnya di wajan ajah, gue pake presto, dan kasih airnya kebanyakan. Kalo di presto kan airnya ga akan berkurang. Terus pas masak bareng bumbu, airnya gua tuang semua. Jadinya agak banjir. So gua masak ajahh di wajan ampe airnya abis. Haha...

2. Bongli Lampa.

Ini bahasa khek. Bongli itu Nanas. Lampa itu masak pedes gitu deh. Isinya ikan. Cuma kemaren gua pake kepala ikan Kakap Putih. Sedangkan badannya gue buat tim (qhinTun).

Bahan:
- Ikan atau kalo mo ngirit, kelapanya doank. Hehe..
- Nanas 1 buah
- Air Asem (asemnya kira2 segede bola pingpong deh)
- Serei 1
- Lengkuas kurleb 10 cm (keprek)
- D. Salam 3 lbr
- Cabe rawit ijo sesukanya (utuh jangan dipotong)
- Garam
- Gula kurleb 3 sdm

Haluskan:
- Bawang merah 5 butir
- Kunyit kurleb 5 cm
- Kemiri 3
- Terasi sedikit
- Cabe merah giling sesukanya

Cara bikin:
1. Air asem dimasak bareng sama nanas. Airnya buat masaknya jangan terlalu banyak, kira2 500 ml.
2. Masukkan bumbu halus, masak sampai mendidih, tunggu sampai nanasnya agak empuk ya
3. Masukkan ikannya. Masak kira2 15 menit.

3. Tim Kakap Putih (Qhin Tun)

Ga ada photo, kelupaan. Will be updated kalo gue udah masak lagi. Masih ada sisa 1 ekor kok. Tenang ajahhh. Rasanya enak, gurih, pedas, asin. Waktu memasaknya, kurang dari 20 menit selama bahan2nya tersedia.

Resep:
Ikan Kakap Putih (biasa beli 1 kg = Rp 23.000, isi kurleb 5 ekor/ 2 kg)
Garam, Micin
Tongcai cincang kasar
Jahe potong kecil2
Saos tiram, minyak wijen, kecap asin
Cabe rawit

Cara:
Ikan dibelah dua (ga belah juga ga apa), lumuri dengan garam, micin, minyak wijen, saos tiram, kecap asin. Terus diatas ikannya ditata jahe, tongcai, cabe rawit. Ga usah pakai air lagi. Kukus ajah kurleb 15 menit. Wahh.. makanan enak iniii.

4. Rolade Ayam


Bahan:
- Kembang tahu 2 lbr rendam sampe lemes (isi 1 plastik memang kurang lebih 2 lebar, merek SELERA harga kurleb Rp 11.000)
- Dada ayam 1 buah dicincang
- Bawang bombay 1 cincang kasar
- Garam, gula dikit, micin, merica
- Terigu 25 gr
- Sagu 75 gr
- Telor

Cara membuat:
1. Campur dada ayam dan semua bahan kecuali kembang tahu. Aduk rata
2. Ambil selembar koran bekas, lipat 4. Kasih plastik diatasnya. Terus taruh kembang tahu diatas plastik.
3. Taruh adonan di atas plastik. Gulung kembang tahunya. Terus gulung plastiknya membungkus kembang tahu. Ikat ujung2nya pake benang. Gunanya koran, kalo gulung plastik langsung, agak susah. Jadi gulungnya pake bantuan koran. hehe.. pinter kan gua?
4. Kukus kira2 30 menit
5. Goreng. Yang ada di gambar atas, itu bentuk sebelum digoreng, sesudah dikukus.

5. Ayam KFC

Ini resep bikin stress. Kagak pernah mirip. Resep kali ini, maaapp.. Saya lupa ambil darimana. Tapi yang jelas ada di catatan masak gua. Terus untuk rasa, gua tambahin sendiri.

Bahan: Ayam di lumuri dengan jahe parut, bawang putih parut, saos tiram, minyak wijen, garam, micin, lada, masako sedikitttttt

Untuk pelapis:

Telur kocok

Tepung terigu (1/3 bagian), maizena/ sagu (2/3 bagian), garam dikit, cabe bubuk, baking powder

Cara Membuat:

Ayam, rendam telur, rendam tepung, biarkan bentar, rendam tepung lagi, goreng.

6. Sayur Asem

Ini mah semua orang juga bisa ya. Hehe.. Ga gue posting deh resepnya. Yang jelas, sayur asem bikinan gua ini memang lebih banyak isinya. Pake kentang, pake jagung kecil (ga pake yang gede), labu siam, kol, buncis, kacang tanah. Rasanya juga asem dan manis banget, juga pedes. Haha.. Kadang2 masak sepanci, pake tomat 1 kg. Wakaka...

7. Bakmi belitung

Ini bikinan nyokap. Rasanya manis, asem. Ini bakmi khas Belitung. Kuahnya berhubung lagi ngirit, pake kulit udang, kepala udang, dan sisa2 selain badan udang, direbus ambil airnya. Terus campur pake kaldu sapi. Kaldu sapi juga boleh beli di tukang bakso sebrang rumah. Jadi baksonya dimakan, kuahnya buat bikin bakmi. Hahaha... Emak gua pinter kannn??

8. Serundeng Betawi


Resep asli disini
Berhubung gua baik hati dan takut pada ga nemu resepnya, Nih gue copy paste disini juga.

Bahan Ketan :
100 gr ketan putih, rendam selama 15 menit
100 ml santan kental
1/2 sdt garam
1 lbr daun pandan

Cara Membuat :
1. Panaskan dandang, masukkan ketan, kukus selama 20 menit, angkat dan sisihkan.
2. Masak santan, garam, dan daun pandan sampai mendidih, masukkan ketan, aduk, masak sampai santan meresap angkat.
3. Masukkan dalam dandang kembali, kukus ketan sampai matang selama 30 menit.
4. Ambil 2 sdm ketan, bikin bulat padat. Gulingkan pada serundeng. Sajikan.

Bahan Serundeng:
100 gr kelapa parut
2 lbr daun salam
1 btg serai memarkan
1 bh laos

Haluskan:
4 bawang merah
3 bawang putih
3 cabe merah
1 sdm gula jawa
1 sdt garam
1 sdt ketumbar bubuk

Cara membuat :
1. Campur kelapa parut dengan bumbu halus, salam, laos dan serai, aduk rata.
2. Masak dengan api kecil sambil terus diaduk hingga rata, kelapa kering dan berubah warna. Angkat. Taburi irisan bawang goreng. Sajikan

Note: Terjadi kecelakaan nih pas bikin serundengnya. Pahittttt.. Haha.. Mungkin apinya kegedean kali yah. Jadinya buang satu resep deh. Bikin lagi yang kedua, tapi kurang kering. Mungkin udah keburu stress duluan, takut pahit lagi. Tapi resepnya memang mantappppp.

Yak teman2. Selamat menikmati gambarnya ajah. Ernie-mamana Chloee, hadoohh.. sepertinya utang masakanku padamu akan makin banyak nih.

18 komentar:

  1. BUSEEEETTT!!!!!
    Lo lagi kalap atau apa neh!!
    Ini menu selama Sabtu n minggu or cuma sehari aja?? CACAM NIAN!!
    Gw ngiler dendeng n kepala ikannya tuh!!!! plus Bakmi Belitung tentunya. Ma bakmi bangka aja gw tergila2...
    Itu bakmi belitung atau gado2 el?? kayakya banyakan kawan2nya drpd bakminya... mpe bakminya gak keliatan sama sekali. Kok pake ketimun yah n kentang pula... n tahu lagi... busettt,, ini mah cocoknya gado2 hihi...

    BalasHapus
  2. @Patzie: Iya yah Pat? Hehe.. Ntar ya. Tunggu gue udah siap, gue pasti dah ajak ibu2 blogger ketemuan di rumah gua. Sabar yak.

    BalasHapus
  3. Asik kita2 mau diundang ke rumah si L, mau donk apalagi bongli lampanya.

    Mantap banget dah menu sabtu minggu kayak gini, mau dah g jadi pembokat lu makan enak mulu hehehe

    Yg dendeng juga g pesen yak buat g nanti kalo g dateng bikinin hehehe

    BalasHapus
  4. Eh iya g baru inget... L deket rumah lu ada rumah mau dijual ga??? G mau pindah deket2 situ ah biar dapet kebagian kiriman terus kalo lu lagi masak hehehe

    BalasHapus
  5. slurrrppp..... ahhh...
    sedappp... sayangnya gw gak kebagian...

    BalasHapus
  6. ya olooo...ini lo lagi mau buka restoran atau begimana ya el?? masaknya kayak orang kalappppp...hihiihihihih....

    udah masak banyak2 bukannya bagiiiiii.......hihihihiiii..

    BalasHapus
  7. iya, dari dulu gw jg heran kok bakmi belitung banyakan aksesorisnya daripada bakminya. biasa kalo gw mau nambah bakminya mami slalu ngoceh2 takut keabisan (maklum rakus), padahal kan gw demen makan mi-nya.

    BalasHapus
  8. wah tambah rajin masak lu ya el... apa emang mau bikin restoran? :D

    BalasHapus
  9. Wah el.. masakannya bnyk bgttttt...rajin bgt nih..
    ttg sayur asem: smua org jga tau wakaka tapi gw ga bisa tuh masak sayur asem.. taunya dr bumbu jadi doang hehe
    slurp jadi laper nih liat postingan loee

    BalasHapus
  10. slurrrrppppp...
    gw ngiler ikannyaaa...slurrppp..
    gw mo nyoba ikan n rolade ayamnya aaahhh......enyak enyak...

    BalasHapus
  11. @Liza: Hohoho.... Kalo lu tinggal deket gua, lu bakalan gue karyakan untuk bantuin gua. Bukannya cuma mangap doank. Haha..

    @Hanny: Makanyaaaa... datanglah bertamu. Wakaka.. Tapi pesen dulu mau apa.

    @KeyNe: Ne, ini kan bukan masakan sehari Ne. Tapi masakan seminggu, fotonya udah diambil lama (sayur asem ama tim kakap). terus bakmi Belitung kan emak gua yang bikin.
    Baru deh sisanya gua bikin hari Sabtu ama Minggu. Ga terlalu banyak kok. Kan itu masak buat seminggu, tapi GAGAL karena dagingnya habis dalam sehari. Haha.. Kalo mau ditulis, masih ada masakan lain yang ga gue posting kali ini, cuma ajah udah disiapkan untuk masak mendadak minggu ini, k aya beef teriyaki ama mun tahu. Itu buat hari Rabu ama Kamis, dagingnya udah dibumbuin, tinggal cemplung. Wakaka.. ini trik ibu bekerja yang tetap mau masak biar suami tetap makan di rumah. hehe..

    @Hiin: Beli tiket buruannnn. Ntar gue masakkin ampe lu kenyang. Haha.. Tapi basicly emang gua masaknya Wiken doank sih De.

    @Arman: Engga Man. Gua males kalo buka resto. Tapi laki gua hobi makan enak. Jadi mau ga mau, belajar dehhhh

    @Tine: Adu Ne. Bikin sayur asem itu paling gampang, cuma modal bawang merah, kemiri, daun salam ama lengkuas, terus ya pake cabe,terasi, gula jawa, gula putih, garam ama air asem (asemnya masukkin terakhir setelah semuanya empuk). Sedangkan isinya ya terserah. eh lupa, pakein tomat. Nah, semuanya ini takarannya kira2 sesuka hati, dirasain ampe pas.

    @Jess: Iya Jess, cobainnn. Semua masakannya gua rata2 gampang. Soalnya kan gue juga pemula.

    BalasHapus
  12. yha ampuunnn... ibu.... masak nya banyak betulllll.... jadi nge ces nih.

    BalasHapus
  13. wak L, elo masak ga nanggung2...
    wakkk ngeces deh gw..ntar gw ke t4 u..masak smua yakkk..hoho...critanya kan mo dikumpulin ibu2 blogger kan??
    gw si ok aja, asal disuguhin makanan super lezatttnyaa

    BalasHapus
  14. @Mila: Haha... masak juga donk Mil. Kan lu udah FTM. Hehe.. Satu hari cobain satu menu. Semuanya menu gampang kok. Bisa dibuat dalam waktu kurang dari 30 menit.

    @Ching: Ehemm... tergantung oleh2nya yakkkk

    BalasHapus
  15. buset..ini gue pengenya nyontek resep apa enak langsung minta aja skalian :D..gue mau coba ahhh rolade ma dendengnya....contek yaaaa..thnx

    BalasHapus
  16. WAAAHHH!!!! food galore!!! itu bongli lampa ama dendeng lambok nya biking nyyeecesss.....

    salut dah! g kyknya kelas dibawah pemula nich, soalnya kudu ada resep dulu baru bisa bikin, suka nggak pede kalo modifikasi sendiri..hihihi...

    BalasHapus
  17. hahaha...lu tau g sihh???td pan gw ksh liat foto rolade ayam lu ke BK...terussss...dia nanya itu apa yakkk...trs dy nyaut ndiri...ohh..kebab tohh..gw lgs ngakak..jauh bgtttttt nyasarny mpe kebab..

    BalasHapus