05 Mei 2009

PR: Coconut Coffee Cokies

Original Recipe from MousieFood.

Bahan :
100 gram margarin
50 gram gula tepung
50 gram kelapa kering
100 gram tepung terigu protein sedang
2 sendok teh kopi instan
1/4 sendok teh soda kue
1/4 sendok teh garam
10 tetes esens kopi
100 gram gula pasir kasar untuk taburan

Cara membuat :
1. Kocok margarin dan gula tepung 30 detik. Tambahkan kelapa kering. Aduk rata.
2. Masukkan tepung terigu, kopi instan, soda kue dan garam sambil diayak dan diaduk rata.
3. Tambahkan esens kopi. Aduk rata.
4. Bentuk bulat kecil. Letakkan di loyang yang dioles margarin.
5. Oles bagian bawah gelas yang datar dengan margarin. Celup ke gula pasir kasar. Tekan kue sampai pipih.
6. Oven 10 menit dengan suhu 150 derajat celcius.

So, kaya gue bilang kemaren, mulai minggu ini, gue, Ching, Liza, Kartika, Mila ama Jess setiap minggu bakalan masak atau baking. Minggu ini giliran gua cari resep. Resep akan diposting sebelum hari Rabu tiap minggunya.

Gue bikin hari Sabtu kemaren. Resep kali ini adalah resep orang nekad. Abisnya kan gue liat2 kayanya gampang yah. Aduk aduk doankkkkkk... Ternyata ya, bingung sendiri. Gue ga tahu apa yang dimaksud dengan kelapa kering.

Menurut Kartika sih ada. Gue liat di google juga ada yang namanya dessicated coconut. Masalahnya, gue udah ampe jereng dan pengkor muter di C4, kagak nemu. Ada juga Coconut Cream/ Powder. Yah.. ini mah kagak bikin kuenya kres kres.

So, gue pake kelapa parut 1000 perak, disangrai pake api sedang, asal kering ajah. Jangan sampe berubah warna jadi coklat.

Udah gitu, gue juga ga punya oven. Oven emak gua juga napasnya udah Senin Kemis. Tuh resep gua pilih karena gue doyan kelapa. Dan gue liat panggangnya cuma 10 menit. Kalo cuma segitu sih, kayanya oven emak gue masih sanggup yak. Gue sih ngebayanginnya, tuh kue bakalan kaya kue merek Monde yang rasa Kelapa. Tahu kan, kue kalengan yang mahal itu lhohhhh.....

So, hari Sabtu ituuuu... gue bikin dah. Gampang sih. Mentega aduk ama gula halus. Terus kelapa parutnya cemplungin. Pakein Nescafe Coffemix 1/2 bungkus. Masukkin tepung terigu, garam, essens kopi, aduk2. Udah dehh...

Proses cetak, Gue bikin bulet2, gue teken pake gelas minum biasa yang dibawahnya diolesin pake mentega. Gue ga celup gula pasir lagi karena takut kemanisan.

Karena cape berdiri seharian kemaren, gue ber angan2, gimana kalo dipanggang pake toaster ajah. Hihi.. Kan sama aja. Gue pikir sih ini adonan ga bakalan susah2 banget matengnya. So, gue panggang pake toaster. Hihi.. Kaya bikin roti panggang. Kan kalo berhasil, gue ga bakalan ngerepotin emak gue. Bener ga? Bener ga?


Hasilnyaaaa.... yang di sebelah dalem tuh, pinggirnya gosong. Hahaha.. Tapi hasilnya wangi. Cuma pake toaster ini, yang sebelah depan bisa copot. Yang sebelah dalam, kagak bisa copot. Harus diketok2, disodok2 pake sendok. Hahaha... jelek dah.

Akhirnya boyongan ke rumah emak gue, pake oven beneran. Dan ini hasilnya. Maap yak temans. Fotonya ala kadarnya. Soalnya itu udah jam 8 malam, dan energinya gua udah tinggal sisa2nya doank. hihi...

Untuk waktu manggang, di resep bilangnya 10 menit. Karena pake oven emak gua yang kagak ada temperaturnya (udh rusak), jadi gue liatin aja, Udah kuning ya angkat. Kemaren sih sekitar 20 menit baru dapet warna coklat yang agak bagus gitu. Kalo pake toaster roti sih, mungkin kemaren kalo gue ga pasang 10 menit, tapi 7 menit ajah, mungkin bagus ya.

Aneh ya, di resep bilangnya untuk 350 gram. Kok gue jadinya cuma paling 20an keping. hihi.. kegedean kali yak.

Untuk rasa, emak gua, temen gue, doyan. Untuk gue pribadi, karena gue doyan kelapa, enak sih. Apalagi pas pake oven emak gua, loyangnya gue pakein mentega banyak2. Hihi.. jadi asin gitu. Tapi next time kalo gue mo bikin lagi, ga bakalan gue pakein essens kopi. Bikin warna jadi coklat jelek. Entah kurang banyak atau kedikitan. ENGGA DAH! Next time bikin plain ajah. Warna kuning cerah gitu kayanya lebih bagus dah.

17 komentar:

  1. El,jujur ya, gw kaga demen kelapa muda selain es kelapa muda...hehehhe...tappiii ngeliat hasil kue bikinan lo...gw jd penasaran pgn nyoba niih...hehehehe.....

    BalasHapus
  2. hoho...coklat u msh lbh bgs...drpd coklatnya kue gw kyk gosong...heran...apa oven gw yg rusak?? ato kbykan kopi kale ya? tapi buat rasa si ok...anak2 pd makan tuh

    BalasHapus
  3. aih .... gue jadi ngiler lihat gambar nya El ...

    BalasHapus
  4. Wah dah pada buat, El kue lu bagus tuh bentuknya rasanya mmmm enak kali yak abis g ga dibagi sih....

    Sukses juga meski perjuangan ke rumah emak pinjem oven.... makanya cicil oven gih buruan hahaha
    (Padahal g juga masih nebeng oven mertua)

    BalasHapus
  5. Sama donk,,, hampir pinjam dari mertua, karna oven di rumah gak mau panas, apinya kecil banget.. Jadinya panggang 2 kali lipat lenih lama..

    BalasHapus
  6. @KeyNe: hehe.. ayuks.. dicoba.

    @Ching: Masa sih? Gue bilang mah warna gue jelek.

    @Yenny: Eh, lu bikin kue apaan tuh yang rasanya kaya bolu tape? Bagi resep duonkssss.

    @Liza: haiyaaa... kutunggu postingmu.

    @Mila: Sabar aja Mil. Lagian juga 1 resep jadinya sedikit kann??

    BalasHapus
  7. kyknya kita bertiga (syl,lc n gua) ga ada yg sama warnanya hauhauhauaa...ga tau dah mana yg bener...

    BalasHapus
  8. LC, g dah bikin kuenya, enak bener.... resep lu tokcer.... anak g n laki g pada doyan n kue g malah warna warni... ada yg negro alias gosong ada yg kuning ada yg masih putih wakakka campuran gitu yak...

    Tapi g perhatiin wajah kue lu kurang mulus yak, mungkin ga gara2 kelapa parutnya kurang alus? G punya sih g tumbuk lagi tuh

    BalasHapus
  9. @Kartika: Hihi... Ga usah cari bener enggak, yang penting bisa ditelen dan yummy. That would be enough.

    @Liza: Gue mungkin lebih demen yang kasar yah. Soalnya kres kres sih.

    BalasHapus
  10. rajin amat ya!
    gw liat2 di blog elo, makanan semua isinya!

    BalasHapus
  11. @Christie: hehe.. maklummm.. emak emak..

    BalasHapus
  12. Ralat L, setelah g liat gambar di web aslinya, mang lebih mirip kayak lu punya. Berarti lu dah sesuai dengan resep hehhee

    BalasHapus
  13. @Liza: halahhh.. beda2 tipis lhahh, ga masalahh

    BalasHapus
  14. @Liza: halahhh.. beda2 tipis lhahh, ga masalahh

    BalasHapus
  15. Ya lo mah , bakar kue jgn pake oven toaster El , hee2
    tapi hasil penampakan nya Not bad lah !

    BalasHapus
  16. @Veny: Hihi.. namanya juga usaha Ven. Kalo ga boleh pake toaster, gimana kalo lu kirim oven beneran buat gua??

    BalasHapus
  17. wew..mau ikutan dunk baking membaking....tapi....gmana ya ga punya kukusan,panggangan,oven.microwave...hikszzzzzzzzzz..gmana kl posting masak2an aja El :D..kl itu gue bisa ikutan d..cm kurang seru ya?:D hiksss mau ikutan bakingggggggggggggggggggggggg..tar d rampok microwave mertue :D..tapi ga ada mixer :D..cape d kata elsiey :D

    BalasHapus