11 September 2009

Masihkah Kau Mencintaiku: Mertuaku Merusak Kebahagiaanku

Acara yang dipandu Helmi Yahya dan Dian Nitami di RCTI semalam, menghadirkan seorang istri bernama Novi. Novi mengeluh bahwa hidupnya terlalu di intervensi oleh ibu mertuanya. Novi dan Robi sudah 3 tahun menikah, belum punya anak. Keduanya sama2 pegawai swasta. 1 tahun pertama pernikahan mereka, mereka ngontrak di luar. 2 tahun terakhir, mereka tinggal bersama ibu Robi karena kakak2 Robi sudah menikah dan ibunya sendirian di rumah. Baik Novi maupun Robi adalah anak bungsu.

Kemudian hadir deh di studio, si Robi, ibunya dan satu orang kakak perempuannya. Hadir juga kedua orang tua Novi dan kakak perempuannya si Novi.

Mulai deh terjadi argumen2 yang makin lama makin panas. Kakak2 juga menimpali, membela adiknya masing2. Ini aku coba gambarin cuplikan2nya ya.

NV (Novi): Selama ini Mami terlalu ngatur kehidupan rumah tangga kami. Sampai celana dalam Mas Robi pun, mami yang memilihkan.

MR (mami Robi): Si Novi ini, kalau bikin kopi buat Robi, selalu belepetan pinggir2nya. Kaos kaki juga semua ditaruh sembarangan bertumpuk2.

NV: Ya saya kan juga kerja, Mam. Pagi2 kan kita cepet2 mau berangkat, jadi kalo ngaduk kopi, pasti ada lah yang tercecer.

MR: Ya namanya juga melayani suami. Saya dulu melayani suami, selalu memberikan yang the best. Kalo ngasih kopi, pinggirannya tuh dilap, yang rapi. Si Novi ini kalau diajak ngomong juga, seperti ngomong dengan tembok.

NV: Saya kalau dikasih tahu 1x oke, 2x oke, kalo sampai 3x ya saya juga gimana ya. Ya saya jawab 'iya Ma' dan sudah itu saja. Dulu sewaktu kami masih ngontrak, kehidupan kami harmonis. Kami sudah punya kesepakatan sendiri untuk saling melayani. Saya kan bukan pembantu. Kalau memang dulu kesepakatannya untuk full service, saya oke dengan itu, tetapi kan dulu kesepakatannya adalah saling melayani.

Point permasalahan 1: standard mami Robi dalam melayani suami, mau diterapkan ke si Novi. Jadi Novi merasa terganggu, terintervensi karena maminya Robi terlalu turut campur dalam keseharian pasangan Robi Novi.

NV: Yang menjadi pokok permasalahan keluarga kami sekarang ini adalah, Robi meminjamkan uang tabungan bersama untuk tantenya DP mobil. Tabungan tersebut adalah tabungan bersama yang akan digunakan untuk membeli rumah. Kemudian pada saat ibu saya mau operasi kista, saya mau ambil untuk membantu ibu saya. Pas saya check di ATM, saya shock. Dari jumlah yang sangat besar, hanya tersisa 100 ribu rupiah.

RB (Robi): Saya akui saya salah. Pertamanya Tante saya menyanggupi akan mengembalikan uang tersebut dalam waktu 1 minggu. Tetapi sampai 4 bulan baru dikembalikan. Saya sudah memohon2 sama Tante supaya segera dikembalikan dan jangan sampai Novi tahu.

Point permasalahan 2: biar minjemnya cuma 1 menit, yang namanya istri harus tahu donk, apalagi itu kan duit bersama.

Tambahan nih, hadir pulak pembantunya si Mami yang sudah 20 tahun kerja. Ditanya, 'Apakah Novi pernah bersikap kurang ajar sama Mami'. Dijawab, ' Engga, hanya perselisihan2 kecil, ga ada ribut2 besar. Hanya kesalahpahaman doank'.

Kemudian pemandu acara memberikan pertanyaan2 kepada kedua belah pihak.

PA (Pemandu Acara): Apakah MR dan NV menikah dengan pilihan sendiri atau dipilihkan ortu?

RB: Menikah dengan pilihan sendiri2.


PA: Apakah NV sudah sesuai dengan kriteria menantu idaman MR? (gue kurang ngerti maksudnya apa, mungkin apakah tampangnya atau sikapnya dahulu sudah sesuai dengan si Mami, mungkinnnnnnn)

MR: Iya.

NV: Engga, saya bukan kriteria yang sesuai untuk MR


PA: Apakah NV sayang dengan MR?

NV: Ya, saya sayang Mami. Waktu Mami sakit, Mami minta ke RS yang besar. International pulak. Saya turutin. Kalau saya ga sayang, untuk apa saya turutin.


PA: Apakah RB menyesal menikah dengan NV?

RB: Saya tidak menyesal menikah dengan NV. Saya mencintai NV.

NV: Saya juga tidak menyesal menikah dengan RB. Saya sangat mencintai Mas Robi.


Pertanyaan selanjutnya datang langsung dari Novi.

"Apakah Mas Robi mau keluar dari rumah, tinggal di kontrakan bersama saya atau tetap di rumah Mami. Kalau Mas Roni tetap di rumah itu, saya keluar''

hohoho... pertanyaan susah nih. Di satu pihak Robi berat meninggalkan maminya, karena maminya hidup sendirian. Di lain pihak, diapun sebenarnya sangat mencintai istrinya dan jelas ga rela berpisah.

Pemecahannya datang dari Mami Robi. Beliau mendekati Novi, terus pegang tangan Novi sambil bilang, "Nov, jangan pisah dari Robi. Mami rela kalian ngontrak di luar, asalkan kalian jangan berpisah".

Robi langsung melompat ke depan, dan memeluk maminya. "Bener Mi, Mami ikhlas?? Mami rela kami pindah keluar??". "Iya, Nak. Mami iklas, Mami rela, yang penting kalian jangan berpisah", jawab Maminya.

Novipun terharu dan berbalik meminta maaf dan memeluk Maminya si Robi. Bahkan akhirnya Novi ga mau keluar dari rumah tersebut karena kasian juga kan ya si Mami home alone kaya di pilem2.

Acara ini juga menghadirkan 2 penasihat, Mbak Rae dan maafff... gue lupa, yang jelas seorang psikolog. Mereka memberikan saran2 sebagai berikut nih:

1. Kunci utama pemecahan masalah ini adalah negosiasi. Sebenarnya kedua pasangan masih saling mencintai.

2. Nasihat ke Mami: Mami tidak bisa memaksakan standard Mami untuk dijadikan standard Novi. Waktu Mami merit sama Papi, mereka punya kesepakatan sendiri. Robi dan Novi juga punya kesepakatan sendiri. Harusnya Mami lebih memberi kesempatan kepada RB-NV untuk lebih mengembangkan kesepakatan tersebut.

3. Nasihat ke Robi: Robi harus menjadi penengah. Karena Robi mempunyai 2 ibu. Si Mami dan Si Istri. Robi harus bisa menenangkan kedua belah pihak dan memenangkan kedua belah pihak.

4. Nasihat ke Novi: Harus bisa bersikap lebih terbuka ke MR. Segala sesuatu bisa dibicarakan.

-The End-

Nah.. dari gua nih. Hahhaa.. Well, mungkin kalo nonton sendiri di TV lebih seru yak. Kesimpulannya sih menurut gua, namanya hidup berumah tangga itu, harus TOLERANSI dan NEGOSIASI.

Temen2 blogger kita juga banyak tuh yang kurang akur sama mertoku. Apalagi yang hidup seatap. Bener ga? Penyebabnya juga gue rasa sama tuh. Karena ortu suka memaksa kita yang mudaan melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang mereka lakukan di jaman baheula.

Contoh nih:
- jaman dulu: anak 4 bulan udah dikasih makan
- jaman sekarang: 6 bulan baru mulai MPASI
- hasil: anak/ mantu gregetan

Haha.. itu cuma contoh ya. Kalo gue sih, lepas dari masalah tersebut karena PIL dan MIL udah bahagia di Surga. Eventhough, selama hidupnya sih PIL dan MIL bukan tipe orang yang suka campur tangan sihh.

Secara teori ya itu, hidup itu ga cuma di rumah tangga, tapi di luaran juga, menurut gue, harus toleransi dan negosiasi. Secara kenyataan, susahhhh yaaaa. Sesuai contoh permasalahan di atas, kunci utamanya ya si suami itu. Suami harus bisa membagi kasihnya dan memisahkan kasihnya. Karena kan cara mengasihi ibu dan cara mengasihi istri kan beda. Suami ga boleh terlalu membela Ibu atau terlalu membela Istri. Harusnya ya adil.

Sonny juga itungannya tinggal di Rumah Mertua Indah lho. Hahaha.. rumah yang kita tempatin sekarang kan memang punya ortu gua. Walaupun pisah dari rumah utama sih. Cumaa.. nyokap gue belajar untuk ngerem mulutnya di depan Sonny. Jadi kalo mau negor, dia ga akan negor si Sonny langsung, tapi negor gua supaya bisa disampaikan pelan2 ke Sonny, supaya ga ada pihak yang tersinggung. Mungkin ini juga bisa diterapkan oleh teman2. Nyokap gue juga sebenarnya tipe yang agak cerewet tukang complain. Cuma puji Tuhan, sampai saat ini hubungan mertua mantu masih baik2 ajah.

Satu hal lagi. Menurut gue ya, yang namanya orang tua, semuanya bermaksud mengajarkan kita sesuatu hal yang baik. Ga bakalan ada orangtua yang ngajarin kita, 'eh, lu kalo nyuci baju laki lu, ga usah terlalu bersih, bilasnya 2x ajah, sayang airnya'. Ga mungkin kan, sedangkan laki kita itu anaknya dia. Bener ga? Cumaaa... namanya orang, kadang cara penyampaiannya salah. Ataaauuu.. kitanya yang muda kadang udah prasangka yang jelek duluan.

Mari sodara2, kita bina hubungan yang baik dengan Mertua, biar dianggap Mantu Teladan. Siapa tahu warisannya besar. (bletakkk.... aduh, gue disambit siapa nih?)

28 komentar:

  1. Gile Ci, itu semua lu quote??? Memory lu sih tajem. Hahahaha. Eh kl misalnya mertuanya ajah uda sebel ama anak sendiri, dan uda cenderung psycho gimana donk?

    BalasHapus
  2. Setuju El.. Kuncinya "toleransi".
    Emang udah sifat dari sononya kalau Mertua kebanyakan (90%) pasti prioritasin anak sendiri..

    Tapi ada juga lho yang tipe mertua 10%, cuek bebek gak ikut campur rumah tangga anaknya..
    Contohnya, temen gue (cewek) tinggal bareng ama mertua.. Bangun tidur jam 9-10 siang, mertu cuek aja.. Ga ada kalimat nyindir or kata2 gak enak.. Sampe skg juga belum ada anak, mertu santai aja, gak ngomong or nuntut gimana2 :)
    Yang kayak gitu asyik deh, hehe..

    BalasHapus
  3. dang...kok bisa pas bgttt sihh ma gw...kan lu tau BK ma ortu gw dah kyk anjing ma kucing..ktm ajah gak ada yg mo negor...BK cm blg hi..ma bokap gw..dicuekin...mknya gw suka pusing...plg pusing tuh waktu mrk disini...sigh..BK ngoceh pjg lebar g jelas...

    BalasHapus
  4. hebat el, gw ga uda nonton pun baca aja uda ngerti ceritanya..waekekek..emang ya mertua dan menantu itu cerita lama yang ga ada hbs nya..

    BalasHapus
  5. @Christine: hihihi... lha ya itu, berarti di luar dugaan tuh mertuanya. Pecat ajah jadi mertua. wakakkaa...

    @Windy: hahhaa... lha ya kan rejeki masing2 orang beda Win. Kalo dapetnya yang cuek, berarti itu rejekinya dia, tapi kan mungkin aja mereka punya masalah lain. Gue nih, mertua gue kagak ada yang rewel, malahan sekarang dua2nya udah meninggal. Tapi kakak2 ipar gue, huehehehe... gue sih ga berani deket2 mereka. Ngomong juga seperlunya. Hubungan sih baik, cuma ya ada hal2 yang gue kagak demen. Misalnya nih ya, pernah ada cicinya masukkin baju ke celana anak gua sambil ngomong, 'aduu.. gue mah paling ga demen deh liat baju dikeluarin begini. ga rapi'. Lha itu kan anak gua, terserah gue donk mau makein bajunya kaya apa. Gue kagak demen baju dimasukkin, kesannya culun gitu. Liat2 model donk. Tapiiiiiiiiii.... berhubung ga serumah dan ketemunya juga jarang, gue belaga budek ajah. Biarinin ajah dia ngoceh. hihi... begitu sampe mobil, bajunya si Axel gue keluarin lagi. wakkaka...

    @Jess: wakkakaa... kuncinya kan berarti di elu donk. Jangan terlalu belain bokap, jangan terlalu belain BK juga. Yang netral ajah.

    @Sani: hihihi.. ember. Beruntung tuh kaya ortu gue yang hubungan ke mertua masing2 boleh dibilang baikkkk banget. Tapi psstt... emak gua juga suka gossippin nenek gua lho. Bilang dia pelit lhah, apalah. wakakkaa... Gue sih diem ajah ngedengerin.

    BalasHapus
  6. hehehe gw ampe mesem2 bacanya..kuncinya yah dr si suami itu deh gimana ngadepinnya...jgn ngebela salah 1 pihak tanpa memikirkan pihak yg lain, terus yah harus komunikasi jgn main rahassia...tp yah kdg dlm kehidupan susah tuh di lakuin..

    BalasHapus
  7. Setuju:) Kalau gua malah lebih aneh lagi suka berkhayal kalau ntar punya menantu gimana ya? gua bakal galak gak ya? menantu gua baik gak ya sama Denzel? hihi aneh kan?

    BalasHapus
  8. @Felicia: hihihi.. bukan pengalaman pribadi kan Fel? wakakka...

    @Elisa: haiyahhhhhh........ memang sih time flies, tapi ga secepat itu kaleee.. hahahha...

    BalasHapus
  9. sambitan gue kena ya..wkwkwk..kl laki gue ga betah tinggal rmh gue el..makan ati melulu..pdhl emak gue jg ga negor langsung..laki u bener2 hatinya lapang dada :D..kl laki gue lebih demen dtegor langsung drpd diomgin belakangnya...cm tetep tinggal rmh mertue indah mang kurang wokeh..banyak campur tangan ini itu..anak jd kurang bisa diatur..:)

    BalasHapus
  10. Gue ga betah El... :(( *kok jadi curhat* tp harus dibetah2in nih, apa daya suami ga mau keluar dari rumahnya sendiri ;p

    BalasHapus
  11. @Santi: Hihihi.. sekarang bukannya elo tinggal di tempat laki lu? Atau sebaliknya sih?

    @Debby: uhm.. gimana ya Deb. Menurut gue sih ini 'kedewasaan' seseorang. Pas gue baru merit, gue juga berat tahu keluar dari rumah emak gua. Itu kan comfort zone gua. Padahal moved-nya cuma ke rumah belakang doank, tapi kan ngapa2in harus sendiri. Memang anak laki itu tingkat kedewasaannya berkembang lebih lambat dari cewek Deb. Hihihi... laki gue juga sampe sekarang, dalam hal2 tertentu, masih belajar untuk lebih dewasa. Sama!! Gue juga!!

    BalasHapus
  12. gua kan jarang nonton masihkah kau mencintaiku. saran gua : setiap minggu sekali abis acara itu lu langsung review yah. jadi gua bisa tau walaupun nga nonton. hihihi. hebat deh lu, bisa apal. gua sih males nulisnya.

    BalasHapus
  13. nah si novi ama roby ini ratu dan raja lebay ya... masa permasalahan gitu aja sampe kudu masuk tipi dulu buat nyelesainnya.. hahahaha... emangnya gak bisa dikomunikasiin sendiri apa? :P

    well ya atau tv nya yang lebay ya secara sekarang acara reality show kan gak real lagi tapi sandiwara.. :D

    BalasHapus
  14. hahahaha...gw mah emang cm dngrin doang..abisnya kl ngebelain..yg ada mlh jd +gede..bikin pusing ajah...huahahha....
    bnr tuh kata selvi!!tiap abis nonton..bikinin review nya..huahahha

    BalasHapus
  15. tuh acara TV gak tahu bener apa gak yah? gua pernah ntn beberapa kali, tp kadang ngeliat ada kesan dibuat2 juga yah

    Kalo masalah MIL & Menantu kayaknya masalah klasik sepanjang masa yah.
    Asyik juga yah lue gak tinggal ama MIL, malah kebalikannya Sonny yg tinggal di MIL, at least kan cowo gak gitu byk masalah ama MIL, tp bener, biarpun gak ada masalah MIL, kadang masalah ama ipar2, huhuhu...ini juga gak kalah bikin sewot yah

    Kalo gua sih, so far hubungan ama MIL baik2 aja, beda2 pendapat sih ada, untungnya MIL gua tipe yg gak byk campur tangan, trus ipar gua cuma 1 keluarga, so gak byk masalah, smoga tetap kayak gitu selamanya. Amin

    BalasHapus
  16. Beruntung juga deh gua rasanya py mertua yg gga ngerecokin. Kalu gw tanya pendapat diam dia selalu blgnya kalau dia jd gua mungkin dia pilih ini atau itu, and at the end selalu dia blg ini terserah gw mau milih tindakan mana. Beruntung deh....

    BalasHapus
  17. Memang dari dulu yang namanya hubungan mertua sama mantu cewe itu ga ada abisnya ya...

    Gw sendiri termasuk yang dulu tinggal deketan sama mertua (jarak paling 3 rumah), tapi Puji Tuhan ga ada masalah.

    Sekarang ketika rumah gw n mertua agak jauh (ya ga jauh2 banget sih ada lah 20 menit perjalanan naek mobil), semakin ga ada masalah.. tapi kalo di suruh pindah deket lagi, jadi agak mikir2 juga, hahaha udah terprovokasi sama tulisan2 n omongan2 di luar sana, enaknya tinggal jangan terlalu deket biar hubungan tetep wangi :)

    Yang penting emang toleransi n kasih.

    BalasHapus
  18. @Selvi: Hihihi...

    @Arman: Hahhaa... emang kudu agak lebay kali Man, kalo engga, nanti kita ga ada tontonan donk. wakkakaa... Mungkin itu pelampiasan, karena si Novi udah ga tahu mau ngomong gimana lagi kaliiii. hahaha...

    @Jess: Gue baru sekali doank nonton itu, soalnya biasanya itu acaranya malem.

    @Yenny: Hahaha... yah Yen, namanya hidup berkeluarga, pasti banyak suka dukanya. Haha..

    @Sylvia: Lucky u deh. hehehe.. Gue sih ama mertua ga ada masalah, ama ipar2, yaahhh begitu deh. makanya gue ya agak jaga jarak. Kalo ama ipar2 gua, gue ga banyak omong. Terus kalo ngomongin ipar gua ama laki gua, gue juga hati2. Soalnya kan laki gua akrab banget ama kakak2nya.

    @Lina: Puji Tuhan Lin kalo adem adem ajeh. hehhee... Itu berkat banget lho.

    BalasHapus
  19. gw setuju tuh ma selvi...gw sih so far masi bae2 aja ama mil gw :D *ya iyalah secara gw pan cuma ketemu palingan seminggu sekale* n gw jg banyak diemnya sih. tapi laki gw nih yg bawel suka uring2an secara rmh gw n rmh nyokap cuman beda 2 rumah doank. n apalagi masalah utamanya kalo bukan pola asuh aira. masing2 punya pendapat. pusink dah gw kalo lg ada masalah :)

    BalasHapus
  20. mantu and mertua emang crita yg ga abis2 hehe
    gw sama tuh ma mamana denzel kdg kepikiran nanti mantu gw gmn yaa... akur ga ya ma gw... nanti gw jadi mil yg suka ngatur ga yaa.. waakaka kecepetan ga tuhh

    BalasHapus
  21. uda kayak wartawan tv nih??
    ulasannya lengkap...
    mpe gw baca judulnya kirain pengalaman pribadi sie...hohoho

    BalasHapus
  22. Hahaha itu tadi sambitan dari saya mom xixixi pissss

    Salam kenal ya, wah pertama mampir bacaannya bagus n bikin mesem2 sendiri dikantor nih, lumayan jadi ga ngantuk :)

    BalasHapus
  23. Salam kenal mom :)

    lucu, menarik, n bikin mesem2 nih
    mertua emang ga ada abisnya ya hehe

    BalasHapus
  24. tumben.. tulisan lu serius dan bermanfaat.. ada renungannya pula... hhhehehheh.. *peace*

    BalasHapus
  25. tumben.. kali ini tulisan lu serius, bermanfaat en ada renungannya pula... ehhhehhe.. plus.. sambitan nya.. kakkakakka..
    *peace*

    a

    BalasHapus
  26. asli gw ngakak baca komen si Arman, beneran lebay tuh kayanya pasangan :D

    baca komentar maminya si robi kok gw berasa kaya mertua gw, bukan gw kan yang di tipi *lebay.com*

    tapi emang begitu deh namanya Mertua-Menantu mah ga bakal ada abisnya dibahas, bener kata lo yang penting mah toleransi sama negosiasi ya El...

    tapi kayanya kebanyakan reality show sekarang mah rekayasa deh El :)

    BalasHapus
  27. Duhhh emang yah MIL ama menantu slalu deh ada masalah. Untung juga mertua gue tinggalnya jauh bener mesti naek pesawat, jadi kalo mo kunjungan kan masing2 pihak pada mikir2 dulu (berat di ongkos boo :)). Tapi emang, paling ga enak klao kita di posisi di tengah2 gitu, ke kanan ortu ke kiri suami. Gue bilang sih ya mestinya sama2 belajar ngalah kali yah, hal2 sepele ya meremin mata aja deh...cuma namanya mertua yang uda lebi tua yang agak susah buat ngerendah dikit ke mantu. Sama2 belajar lah ya jaga keharmonisan kalo tinggal bareng tuh.

    BalasHapus
  28. elce... lo nonton tv sambil bawa catetan apa recoding pake hp...??? hahahahahaaa...
    tapi gue setuju banget ama elo soal intinya
    tapi dari pengalaman gue pribadi, gue termasuk yang beruntung kali yah. Mertua gue alias emaknya si petsi tuh, asik banget orangnya.
    dulu katanya dia juga tinggal bareng mertua waktu baru married. Jadi dia ngerti banget masalah mertua-menantu, apalagi mertua perempuan dengan menantu perempuan...
    dan gue lihat sikap asiknya itu ga cuma ke gue, termasuk ke mantu2nya yang laen...jadi emang general attitude dia lah.
    Malahan kalo emang ada masalah yang menurut dia, gue yg bener, dia ya belain gue di depan laki gue.
    (nanti cita-cita gue juga jadi mertua yang baik ah....siapa mau jadi mantu gue...?? hahahahahaha)

    BalasHapus