03 November 2009

Susahnya berbuat jujur di saat TongPes

Kalo duit di kantong ada seratus ribu, ngasih gembel seribu perak rasanya sih ga masalah ya.
Yang susah itu, kalo duitnya tinggal 3000 perak, lha liat gembelnya lagi sakit, terus kita pengen bantu tapi duit tinggal 3000 perak, susah ga rasanya??

Hehehe.... Ini curhatan orang lagi stress nih. Wakaka.. Btw, gue ga jadi deh posting masalah temen kerja gua yang menyebalkan, soalnya ya begitu deh. Masalahnya udah lewat, walaupun sampai sekarang belum ada pemecahannya, tapi sutralah. Aku sudah melupakan rasa sebal itu. Mudah2an nanti kalo masalah ini diungkit lagi, jangan sampe dia bikin gue keki lagi. Ntar kalo dia bikin gue keki, baru deh gue curhat di postingan. wakkaka...

Balik lagi ke berita utama. Diatas keliatan donk, kalo kita lagi ada, berbuat kebaikan itu kayanya lebih mudah yak. Kalo kitanya juga lagi susah, halahh.. boro2 mau ngebaikin orang, lha wong gua ajah lagi susye kok. Bener ga? Bener ga?

Bulan lalu, pas si pho2 meninggal, gue kagak masuk kan tuh 4 hari. Ternyata ya, kalo pho2 yang meninggal, kagak ada dispensasi bokk. Gajinya dipotong. Parah ya. Sampai sekarang gue masih ga bisa terima kenyataan sih, kalo gaji gue dipotong, padahal gue kan lagi ada kedukaan. Sebel banget sebenarnya. Ya at least dispensasi kek 2 hari atau 3 hari. Lagian juga ya, kalo ortu atau mertua yang meninggal, dispensasinya juga cuma 2 hari. Masaoloo, hari gini orang Chinese, mana ada sih yang 2 hari kelar. Emangnya muslim. Kalo mereka sih, hari ini meninggal, sorenya dikubur. Besoknya bisa ada istirahat sehari. Lha kalo orang kita, paling engga juga taro di rumah duka 2 hari, terus hari ketiga dikubur/ dikremasi, plus 1 hari istirahat. Minimum ya 3 hari deh. Cuma... hihihi... bukan perusahaan gua sih. Wakakkaa... ya sutralah, ikut ajah deh ama peraturan perusahaan (walaupun tetap ajah menurut pendapat pribadi gua, agak kurang adil yak). Jadi inget, pas papi mertua gua meninggal, hari kedua gue belain masuk kantor, ya karena memang pas kerjaan banyak, plus gue kagak rela dipotong gaji 1 hari (ada dispensasi 2 hari pan). Hihihi.... Untung ga dipelotin si Sonny, ga sopan banget kan, bokapnya meninggal, gue bukannya bantuin di rumah duka, malah sibuk kerja.

Terus abis lebaran kan ga ada pembantu tuh. Jadi 3 hari bolos plus 1 hari pulang siang karena bawa Axel ke kantor. Total 7 hari kerja ga masuk.

Hasilnyaaaa... gaji gue dipotong hampir 35% including pajak, jamsostek, iuran koperasi. Gubrak!! Pas liat perincian gaji, langsung lemes dah. Soalnya pas bulan ini kan si Axel ultah, gue kebagian jatah beli goodie bags ama kue ultah, Sonny yang bayar KFC.

Terus gigi gue ada 3 biji yang sudah siap ditambal tetap. Kan perawatannya lama tuh, kalo ga buru2 ditambal, atuh harus ngulang lagi perawatan dari awal, means 3-6 kali pertemuan lagi sama dokternya. Itu gigi udah 2 bulan dianggurin, soalna pas mau balik kan si pho2 meninggal terus ga lama lebaran, harus bayat THR pembantu dan suster, bokek berat dah. Hoho...

Udah gitu, udah waktunya si Axel imunisasi. Ga tahu perlu berapa duit deh.

Udah gitu., masih ada cicilan bank sebesar 1,2 juta/ bulan.

Belum lagi masih ada gaji pembantu dan suster yang juga jatahnya gua.

Belum lagi uang belanja harian? Terus bensin? (udah kerja 2 tahun, masa uang bensin masih tetep 100 ribu doank walaupun yaaa... masih mending sih ada uang bensin daripada engga sama sekali). Mati ga tuh gue bulan ini? Hohoho....

Tapiii... pas ditransfer gaji, kok kelebihan 800 ribu ya. hohoho.. apakah ini rejekiku? Bukan sodara2. Rupanya salah transfer. Ada kelebihan transfer 800 ribu. Lumayan banget kan. Itu bisa buat nambel 1 gigi ama imunisasi Axel tuh kayane. Atau buat 40 goodie bags.

Dibalikkin gak ya? Jujur ya, gue mikirnya lamaaaaaaa banget. Dari jam pulang kerja, sampe jam 8 malam tuh. Hihihi... Jadi kagak nafsu ngapa2in, kepikiran. Pengen banget deh di keep ajah tuh duitnya, diem2 ajah, ga usah ngomong. Lha kalo gajinya ga kepotong segitu banyaknya sih, terus pas kebetulan bulan ini kebutuhannya super banyak di luar kebiasaan, tanpa pikir panjang passsstiii deh langsung gue balikkin. Masalahnya ya itu, bulan ini pemasukan agak kurang, terus kebutuhannya juga tingkat tinggi.

Akhirnya sih memang gue balikkin, walaupun gue minta sama bagian finance-nya supaya boleh dipotong bulan depan aja, soale bulan depan ada cicilan yang sudah selesai. Jadi kan ga terlalu berat.

Dan langsung Tuhan bayar lho. Begitu gue tutup telpon, ada orang gedor2 pintu rumah dengan penuh nafsu. hihihi... gue sih udah gemeteran. Gue pikir tukang tagih kartu kredit lagi. Padahal tagihan kartu semua udah diurus kok. Dan semua sudah lunas bulan ini, tinggal BII doank yang sampe Mei taon depan, dan itupun tetap rutin bayar, ga ada masalah. Yahhhh namanya juga trauma tuh bekas ditagihin tukang tagih yang serem2.

Ternyata itu orang dari Gudang Garam, mau numpang pasang spanduk promosi dannnnn dapet 150 ribu. Horeeee.... Tuhan itu Baik ya. Ga perlu kita kuatir, selalu disediakan apa yang kita butuhkan.

30 komentar:

  1. Salut El, gapapa dibalikin nanti ditambahkan yang lebih gede. amin.

    btw perusahaan elo hobi banget yak potong potong gaji... kalo telat masuk dipotong gak? atau kalo kerja overtime dapet lemburan gak?

    BalasHapus
  2. Amin, El :) Tuhan emang ga pernah berhutang.. Kejujuran elu itu berharga di mata Tuhan :)

    Btw, di kantor elu ga ada ijin khusus ya? begitu gak masuk, jebret potong gaji?

    Cuti tahunan udah habis ya jatahnya?

    BalasHapus
  3. @Maryna: wakaka.. pan lu udah tahu Ryn, kalo telat dipotong, terus untuk jabatan gue, kagak ada lemburan. Hiksss... makanyaa.. minta duit donk. Wahaha.. Btw, lu ga terima undangan ultah si Axel yak. wakaka.. padahal daku pengen ketemu dikauuu. Pengen liat aslinyaaaaa.

    @Windy: Hahaha.. Gini nih. Kan gue kerja sini belum genap 2 tahun. Pas mulai kerja tahun 2008 kan jatah cuti 12 hari belum keluar kan. Tahun 2008 kan cuti bersama tahunan ada 5 hari. Tahun 2009 cuti 12 hari udah muncul donk.
    Nah perhitungannya sebagai berikut:
    12 hari - cuti bersama tahun 2008 (5 hari) - cuti bersama tahun 2009 (5 hari), jadi sisa 2 hari doankkkkk. Huhuhu....

    BalasHapus
  4. serem banget hobi potong gaji..hehe..tp gaji yang dpot jg buesar si y jd ga abis2..hehe..kaya si selvi ya..kantornya suka pot gaji..hihi..napa u ga ambil cuti el waktu pho2 u itu? kan jd ga pot gaji..y nti Tuhan ganti lha dgn berkat yg berlimpah2..amin..stidak nya pasti dengan Tuhan pelihara keluarga kita :) amin

    BalasHapus
  5. @Shanti: hihi.. lu baca deh jawaban gua buat si Windy di atas. Jatah cutinya tinggal 2 hariii. huhuhu.. udah diambil juga.

    BalasHapus
  6. gini ya rasanya orang2 yang gajinya gua potong, hahaha...
    secara kalo di kantor gua yang bagian potong memotong gaji :P

    gila tapi banyak bener el, sampe 35% gimana ngitungnya tuh?

    tapi emang bener lah, yang namanya rejeki mah ada aja ya, yang penting kita jujur dan gak macem2, amin.

    BalasHapus
  7. untung kantor gua gak ada cuti bersama, gua sih mendingan cutinya kita pilih sendiri deh kapan kita perlu daripada dipotong cuti bersama trus sisanya pas ada keperluan kaya elu gitu potong gaji huuu.. sadis amat.
    tapi lu baek ya el, masih kepikiran mo balikin, kalo gua balikin gak ya? hahahaha :D

    trus maksudnya orang gudang garam numpang promosi gimana el? pasang spanduk di rumah lu gitu?

    BalasHapus
  8. El, emang pas taon 2008 itu elo masuk kerjanya bulan apa el? kok ga di pro-rate sih cutinya elo? gile aje tuh perusahaan elo sih emang bener meres karyawan banget yak??
    Tapi emang sih el, setau gue rata2 kantor tuh cuma ngasih dispensasi untuk urusan berduka buat ortu and mertua doang. Kalo kayak om-tante, kakek-nenek kagak dapet. Trus elo dapet ijin kalo anak sakit ga?
    Tapi emang Tuhan baek ya El, ngerti aja kebutuhan kita selama kita jalan di track nya Tuhan, pasti deh Tuhan ga tutup mata :). Jia You ya El! :)

    BalasHapus
  9. gile potongannya banyak banget ya El...

    tapi emang bu orang jujur pahalanya lebih besar hahahahaha :D jadi itu aja Tuhan udah kasih upah untuk kejujuran lo hehehe :D

    yang sabar ya bu, bulan depan berarti harus masuk yang rajin, jangan bolos2 biar ga dipotong lagi hehehehe :D

    BalasHapus
  10. el,gara2 telat gw uda kena SP 2x.heehe.pdhal telat nya cuma lewat 5 menit gitu uda lgs merah tuh plus potong gaji.tapi hasil potong gaji tu buat bantu anak karyawan yang juara tp kurang mampu.yah itung2 gw amal jg kan..wekeke..tenang El,ada masa2 seret tp ada masa2 berkelimpahan.. :D

    BalasHapus
  11. nah itu berkah buat orang jujur el... dikasih lagi ama Tuhan kan... :)

    BalasHapus
  12. gile..cuti bersamanya banyak amat...

    coba ajah yah ada pohon duit..kalo no duit,tgl metik..enaknyaaaa...hehehhe...ngayal ajah yah gw...

    BalasHapus
  13. Sip bgt el org jujur emang berkahnya bnyk hehe
    *Gw sih pasti jga mkir 1000x balikin ga yaaa haha*
    baca komen si jess.. mimpi gw tuh, hehe mau bgttt pohon duitt!!

    BalasHapus
  14. Iya ga terima, mungkin kelewat di fb.. sori yah. Nanti kado Axel gw kirim aja :)

    yaaa gw aslinya kayak di poto, cakepan aslinya siih..*cuih..minta dikepret pake spanduk*

    BalasHapus
  15. waduh El...sadis amat se perush. loe...ga kira2 potong gaji na..

    good job mommy, uda balikiin uang na..wish u too have more n more yah..

    Tuhan tau kok kl umat na lg ada masalah. GBU

    BalasHapus
  16. hehehe memang Tuhan itu baik ya.

    BalasHapus
  17. gilee 35%??? gw ajah yg cuman dipotong um+transport n tunj kerajinan aja uda kecut, ternyata ada yang lebih kecut lagi :) kasian sekali engkau bu...

    kelebihan 800rb n ga ngeh tuh? bln kmaren aja bos gw ada klbihan ngitung 25rb aja langsung ktauan, trus minta tuh orang balikin. 'hebat' kan bos gw :)

    tapi gw ucapkan selamat buuu...engkau sudah lolos dr ujian Bapake :D

    btw, bole tuh bilang ma gdg garam, rumah gw jg bole koq dipasangin spanduk. yg banyak jg bole koq *sambil ngitung2 lumayan juga* hehehehe

    BalasHapus
  18. wow 35% udah 1/3 gaji gitu ckckck..banyak perusahaan yg kl karyawan telat kena potong, tp kalo karyawan lembur gak ada lembur...makanya staf juga males dedikasi ke kantor, jam pul kantor teng go kaya buruh pabrik hahaha abis kantornya juga gitu sih itung2an hahaha...

    gak apa2 bu pahala loe lebih besar nantinya...bagi manisan mangga lg dong...hehehe gak ngidam kok, emg dr dl gw suka asinan mangga hahaha

    BalasHapus
  19. Gw juga setuju kok dengan elo, awalanya mungkin ragu, tapi ati tenang. Gw dulu juga pernah dapet claim asuransi lebih 4 juta... n pergumulan batin tu, tapi akhirnya gw hubby sepakat balikin.

    Percaya deh, Tuhan pasti punya cara yang ajaib. Kadang2 kita diuji di tengah kesulitan kita, kalo kita setia pasti ada aja berkat yang tercurah...

    BalasHapus
  20. Sama dong ama potongan di kantor gua. Sehari nga masuk, dipotong 250.000. Tapi kalo ijin masuk siang atau pulang siang, nga dipotong.

    Gua pernah kelebihan uang Rp. 50.000 dan gua kembaliin ke Ibu Bos.

    Btw, sekarang tambal gigi berapaan? Gua males ke dokter gigi. Antri soalnya. Ada dokter gigi dekat kantor tapi tarif untuk tambal gigi = Rp. 900.000 / gigi.

    BalasHapus
  21. iih, masiy suka sebel deh gue sama perusahaan yang motong2 gaji gitu. Temen gue juga ada soale, gag masuk sakit juga tetep kena potong looh ... *jangan2 elu satu kantor ama temen gue ini sie?*

    Pindah kerja aja Siey ... xoxoxoxooxo, koq kyk satpam or OB aja siy pake itung2 harian gituh :p

    Happy bday ya Axel :)

    BalasHapus
  22. @Hanny: Lha iya la Han, Sebulan kan kerja kurleb 22 hari, lha kalo sampe 7 hari ga masuk kan ya kurang lebih 1/3-nya ditambah lagi potongan pajak, JHT, dll dll. Huhuhu.. kalo misalnya gue bolos, hepi2 di rumah, gua rela kok dipotong. Masalahnya kan ini gua juga kagak mau ga masuk, maunya juga masuk kan. Huhuhu...

    @Viol: HA? Enak amat? Jadi cuti lu utuh 12 hari gitu? Ga dipotong cuti bersama? Sirik mode On nih. Ada lowongan ga di tempat lu? Orang Gudang Garam pasang spanduknya sih di toko Bapak gua. cuma malam itu, Bapak gua pergi, terus nyokap udah tidur. Jadi tu orang gedor2 rumah gua, terus gue ambil kunci, terus kucluk2 ke rumah emak gua, terus naik ke lantai tiga, ternyata bapak gua ga ada, terus ke lantai 2, ternyata emak gua udah tidur, terus akhirnya emak gua terbangun, terus tuh orang ngasih duit ke emak gua, terus karena emak gue duitnya udah banyak, dikasihlah tuh duit ke gua. wakkakaa.. ribet kan, makanya kagak gue posting, cuma lu nanya sih, jadi gue ceritain deh. hihihi...

    @Belinda: Gue masuknya February 2008. Sampai February 2010, jatah cuti gue cuma dapet 2 hari. Wakkaka.. Setelah Feb 2010 nanti, baru deh jadi 12 hari dan nantinya udah pasti dipotong cuti bersama 2010. Nyebelin ga sih!!!!

    @Shanni: hihi.. karena bokek, gue malah males kerja nih. Huahahha...

    @Sani: Waakakaka... di tempat lu lebih sadis lagi ya San. Telat ajah kena SP. Kalo di tempat gua, telat 5 menit, potong gaji 1 jam.

    @Arman: Amin ho oh Man.

    @Jess: Huhuhu.. cuti bersama banyak, cuma gue belum ngerasain cuti nih. Hikss..

    @Tine: Ini kayanya lagi diuji Tuhan nih Tin. Kemaren ada lagi nih duit lebih 200 ribu. Masaolohhhhh....

    @Maryna: Maappp ya Rynnn, udah pede banget mau ngoceh lu kagak nongol, padahal sebenarnya gua yang lupa masukkin nama lu ke list. Jadi malu hati nih. Maapppp yakkkkk. Kemaren kan emang mau ngundang, penasaran bener, kayanya sih beneran cakepan aslinya. wakakka.. Cuma abis tanya FB lu ama si Shanni, terus gue add, kan harus nunggu reply add dari elu tuh. Pas besoknya lu udah reply, perasaan sih udah gue masukkin ke list (uietss.. masih mau ngeles); cuma ga tahu kenapa kok nama lu kagka ada ya. Maaappp yakkk.

    @Maya: Hihi... lagi dicobain iblis nih ceritanya, May. Liat imannya kuat apa engga. Soalnya semalam kejadian lagi, ada duit lebih 200 ribu. Wakaka...

    @Hinz: Ho oh, tapi mana hadiah ultah buat Axel?

    @Cyntha: Yah Cyn, 150 ribu doank mah gua bilang kecil tuh. Kalo gue branding Esia di toko, bisa dapet 900 ribu. Malahan kalo branding Nokia, bisa lebih dari 3 juta, kadang dapet HP juga. Wakakaka... jangan ngeces yak.

    @Felicia: Yah.. gue telat 5 menit, dipotong 1 jam. Lembur ya ga ada. Makanya gue tenggo. Wakka... Mendingan gue main ama anak gua.
    hihihi... kapan ayuk mau diambil mangganya?

    @Lina: Amin Lin.

    @Selvi: Hihi.. parah yak. noban go ajah ketahuan. Sama deh Sel, potongannya gue juga kurang lebih segitu. Telat 5 menit, dipotong 1 jam. Sakit atau ijin tanpa surat dokter ya dipotong. Wakaka..

    Gue ke dokter gigi langganan Garuda situ, Kalo dari Golden Truly GunSa, belok kiri, adanya di sebelah kiri. Drg Theresia. Kalo tambal sementara, harganya 100 ribu/ gigi. Tambal tetap 250 ribu/ gigi.

    @Fabi: Kalo di kantor gue, ga masuk sakit asal ada surat dokter sih ga dipotong. Hihihi.. berhubung gue ada jamsostek, one day kalo gue males masuk, gue tinggal ke puskemas minta surat sakit, gretong kan tuh, wakkakaka... Sampai saat ini gue belum pernah ga masuk karena ijin sakit sih Bi. Udah 2 tahun lho. Cuma kalo ijin tanpa surat karena si Axel sakit, sering banget duluuuu, pas dia belum genap 1 tahun. wakkakaa....

    Gue mau nih kalo ada lowongan di perusahaan bule yang gajinya diatas 8 juta. Wakkakaa...

    BalasHapus
  23. El, pindah ke ktr gue aja yuk, ga ada potongan2 loh, mau ijin2 gampang bgt soalnya bos gue terlalu toleran, asal tau diri aja anak buahnya hehehehehhe

    BalasHapus
  24. @Deby: Asikkk... ada lowongan apa?

    BalasHapus
  25. El..salut El sama keputusan lu..walo berat but u do the right thing, en bener..Tuhan ada mata en berkatnya selalu cukup buat kita. ^^

    BalasHapus
  26. @Elrica: Ho oh tuh. hihihi... cuma asli El, jujurrrr, keputusan yang sangat berat lhooo, soalnya itu duit udah di tangan gua, dengan kemungkinan fifty2 antara ketahuan ama kagak, mana datengnya di saat gue lagi kekurangan banget.

    BalasHapus
  27. @Elrica: Ah, makasih (mata kedip2 genit hati berbunga2 hidung kembang kempis)

    BalasHapus
  28. El, gua salut deh:) Hikmahnya elo bakalan dicap jujur ama boss dan dikasih kepercayaan lebih ha..ha..ha..

    BalasHapus
  29. elce< aduh biasanya sih kalo ada keluarga yang meninggal dapet jatah libur ya ...

    BalasHapus