28 Oktober 2008

Lika Liku Pernikahan

Udah hari Selasa yach. Hari ini cuacanya mendung mendung sembriwing. Agak macet soalnya di depan PTC ada perbaikan jalan. Semalam juga pulangnya lewat jalan lain menghidari PTC. Hasilnya.. GET LOST dengan sukses. Memang gue ini agak O'On sekarang. Kalo nyetir suka kagak konsen deh. Masa dari kantor Tebet sampe kantor Cakung, kudu nyasar dulu 3x berturut2 baru suskses. Dodol kan?? Padahal dulu nih, mata merem juga bisa nyampe dari Tebet-Cakung. Tapi memang jalanan Jakarta sekarang agak ribet sih. Banyak jalan layang, ampe ujung pecah 2 jalan layang lagi. Jadi bingung. Ampir aja nyasar keluar tol Cikampek. Kacauuu...

Ga tahu kenapa minggu ini banyak banget yang ngebahas masalah pernikahan. Ada beberapa teman yang mau nikah, terus nanya ama gue, gimana abis merit, enak apa engga. Uhm... Segala sesuatu kan pasti ada enak ga enaknya ya. Tergantung dari cara pandang kita. Contohnya makan bakso. Si A bilang baksonya enak soalnya kenyal dan gurih. Si B bilang baksonya kurang enak, karena terlalu keras (soale abis cabut gigi sihh..). Si C bilang baksonya enak banget tapi kayanya kurang asin. Nah.. keliatan kan?? It's all about the way you look at it.

Kaya laki gue, si Sony nih. Kadang2 gue sebeeeeelllll banget ama blio. Orangnya lelet. Aduh.. ga tahan deh. Mana cuek pisan orangnya. Bukannya dia ga sayang ya, cuma aja kayanya dia ga tahu cara menunjukkan kasih sayangnya. Dari masa pacaran, boro boro deh ada mesra2an, peluk2an, sayang2an. He is not that kind of person. Yang bisa mengumbar dan menunjukkan kemesraannya, apalagi di depan umum.

Tapi diliat dari sisi lain, kecuekannya ini juga membawa keberuntungan. Contohnya nih, kalo gue lagi ngoceh ngoceh ngedumel ga keruan, si papi tetep CUEK. haha.. good thing, huh?? Iyalah, coba kalo si papi ngeladenin mami, kan bisa jadi Perang Dunia. Iya ga?? Iya ga??

Uhm.. kalo lelet sih.. apa ada sisi baiknya ya?? Ntar.. gue pikir dulu.. Masalah lelet ini pasti ada sisi baiknya sih, cuma belum tahu apaan. Ntar ya, kalo udah ketemu, gue kasih tahu.

Anyway, apa yang harus kita pertimbangkan sebelum kita memutuskan untuk merit??

1. Agama. Apakah sudah seiman? Memang sih, banyak pasangan yang beda agama tapi tetap berhasil hidup rukun sampai aki nini. Kembali lagi, ini tergantung bagaimana kita memandang hal ini. Coba telaah lebih dalam, kalau kita dapat suami/ istri yang beda agama, apakah kita benar2 dapat menerima hal ini. Lalu bagaimana nantinya dengan pemilihan agama untuk anak2nya. Jangan sampai nanti pas anaknya mau ikut agama mami, papinya sirik. Atau sebaliknya.

2. Pekerjaan = penghasilan. hihihi... matre abizz.. bukan gitu maksudnya. Ekonomi memang bukan hal yang paling penting, tetapi tetap saja ini merupakan point utama. hehe.. Kalau cuma makan cinta, ga ada duit, pasti deh sebel... banyak berantemnya. Ya iyalah... anak mau minum susu, bokek, ga kebeli. Anak mau makan, bokek, ga kebeli. Mau nyicil rumah, bokek, jadinya hati keki sendiri, stress, jadi mudah tersinggung, lama2 berantem, terus cerai deh. Jadi sangat penting orang mau nikah itu harus mempunyai pekerjaan tetap/ penghasilan tetap (ini asli lho..menurut gue..), atau setidak2nya punya keahlian yang bisa diandalkan. Kasian kan, nanti udah merit, terus ada anak, ternyata ga sanggup, akhirnya cerai atau anaknya terlantar.

3. Apakah sudah benar2 bisa menerima sifat2 pasangan? Coba selami dulu sifat pasangan masing2. Setelah itu tanya ke diri sendiri, apakah benar2 BERSEDIA HIDUP BERDUA SEUMUR HIDUP dengan sifatnya yang seperti itu. Contoh paling jelas adalah, kalo mami kadang2 curhat ama Nai2 kalo si papi itu ga mesra dan cuek banget. Nai Nai pasti jawabnya gini,

"Waktu jaman pacaran, memangnya dia mesra??"
"Engga"
"Waktu jaman pacaran, memangnya dia ga cuek?"
"Cuek"
"Ya udah. Begonya lu sendiri masih mau. Berarti sekarang ga boleh complain donk. Lha wong dia dari dulu ampe sekarang tetap sama kok, kaga berubah"
"Huaaaa........"

4. Apakah kita bisa benar2 percaya sama pasangan hidup kita?? Dalam segala hal?? Yakin?? Kepercayaan itu hal yang sangat penting lho. Kalo ada rasa curiga sedikit aja, atau meragukan kesetiaan pasangannya sedikit aja, wadu.. mending pikir2 dulu deh, jangan nikah dulu. Observasi lagi. Seorang sepupu papi, cerai setelah 6 bulan menikah. Can U imagine that?? Only 6 months boww.. Gara gara suaminya cemburu setelah istrinya menerima SMS dari seorang teman berjenis kelamin laki laki. Ga ada apa2, cuma salah paham aja, tapi jadinya..CERAI..Kalo si papi nih, ini sisi bagusnya. Biar kata bekas cowok mami datang main ke rumah, dia ga bakalan jealous. Why?? Karena dia percaya sama mami, mami ga bakalan curang di belakangnya.

5. Bicarakan dahulu bagaimana pengaturan rumah tangga. Misalnya nanti bagaimana mengatur pengeluaran? Nanti untuk sehari2 bagaimana pembagiannya?? Kalau Lakinya gajian, Mami dapet berapa persen?? (Duit lagi.. Duit lagi... ). Lho.. jangan salah paham. Bukannya matre (padahal iya..). Ini juga penting banget lho. Mami punya temen yang cerai setelah 2 tahun menikah. Gara-gara apa?? 2 tahun ga pernah dikasih duit. Sekali kali dikasih 500 ribu, tapi kalo abis diomelin. Lhah hari gini, 500 ribu bisa bertahan buat berapa lama?? Susu anak aja udah berapa duit. Kalo gue ama Sony sih flexible (karena kita berdua kadang2 bokek, jadi ganti2an). Karena kita berdua punya penghasilan, untuk urusan dapur itu jatah mami. Untuk listrik, air, dll gantian (kebanyakan sih Sony, kecuali lagi bokek banget). Kalo cicilan mobil, udah pasti Sony (abisnya kan gue kudu nyicil utang kartu, hehe..)

6. Coba ketemu dulu sama keluarganya. Jangan sampai setelah nikah, ternyata sama keluarganya ga cocok. Bukannya harus sampai klop banget sih, tapi at least kita bisa menerima semua kekurangan keluarganya. Jangan sampai nanti setelah merit, berantem tiap hari gara2 kakak ipar kita atau gara2 mertua yang menyebalkan. Memang sih kita kan merit ama pacar kita, bukannya sama ortunya atau kakaknya, tapi it comes in one package, ga bisa dipisahkan. Ga usah cari keluarga yang perfect 100%, yang penting asal kita bisa menerima keluarganya dengan rela hati, terus ada saling pengertian, udah okelah. Kalo gue, kadang2 ada tingkah atau sikap atau gaya bicaranya kakak2 ipar gue yang gue ga suka, tapi karena masih bisa gue tolerir, okelah.. no problem.

So, menurut gue pribadi, itu beberapa hal yang patut dipertimbangkan kalo mau merit. Ga usah diturutin kalo ga sreg di hati. Itu cuma pendapat ajah berdasarkan pengalaman pribadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar