23 Oktober 2008

terjebak utang kartu kredit

Haiii.... Selamat pagi. Hari ini cuacanya enak ya. Agak mendung, tapi belum hujan. Mudah2an sih ntar siangan ujan. Soalnya di Cakung sini udah berbulan bulan kaga ujan. Mana tempat kerja kita kaya lahan terbuka gitu.. haduh.. panas ga ketolongan. Jalanan juga kagak macet. Enak banget deh hari ini.

Bener kan mami bilang apa kemaren. Pasti hari yang kusut tuh yesterday. Balada si babysitter terus berlanjut. Kebetulan kemaren pulang cepet. Jam 5.45 udah nyampe rumah. Buru2 beresin kamar tidur, mandi, jam 6 jemput Axel di rumah Nai2. Pas nyampe, si suster udah posisi siap bawa tas mau pulang.

Jam 7.15 baru mami pulang ama Axel. Naik ke lantai 2, sepi2 aja. Mami pikir si mbak masih di atas, belum selesai bebenah atau mandi kali. Jam 7.30 belum keliatan juga batang idungnya. Ya udah, mami mandiin Axel sendiri deh. Lhah itu anak nakalnya auzubillah. Daster mami sampe basah kuyup ga keruan. Memang agak susah nyemprot Axel pake shower kalo sendirian. Kudunya ada yang megangin alias berdua, baru mantep.

Abis mandi kita main2 di kamar. Berdua aja. Si suster masih juga kagak keliatan, kagak ada suaranya. Waduu... jangan2 dia sakitnya parah ya. Ampe ga turun2 ga bisa bangun. Atau mungkin dia ngambek nih ama mami?? Cuma gara2 apa?? Perasaan gue kagak bikin dosa apa2 ke dia. hiks.. memang sodara2, suster yang satu ini agak special. Memang ga begitu sopan. Orangnya cuek dan agak judes. Contoh nih, kalo dikasih gaji ya, ga pernah tuh bilang terima kasih atau basa basi apa. Yang ada mami yang bilang, "makasih ya mbak udah jaga Axel, ini gaji bulan ini."

Setahu mami, namanya kita kerja itu kan simbiose mutualisme. Kita perlu tenaga, dia perlu duit. Sama kaya mami kerja, mami perlu duit gajinya untuk beli susu Axel, bayar gaji Suster, belanja gas air listrik dll, sedangkan perusahaan perlu keahlian mami. Gitu kan?? Heran tuh pembantu.

Jam 8 lewat, saking asiknya main ama Axel, ga denger ada orang gedor2 pintu. Sampai2 si Yeye telpon mami, bilang kalo ada orang gedor2 pintu. Pas turun, ga tahunya debt collector yang mukanya syerem. Ada 2 orang.

Nah.. ini ceritanya juga panjang nih. Sebenarnya agak malu nulis mengenai masalah ini. Tetapi ini bisa menjadi pengalaman berharga, dan patut dishare. Dulu pas pertama kali buka toko HP, mami jual mobil genio buat modal. Teman2 lain di ITC Cempaka, waktu itu banyak yang muterin duit dari kartu kredit untuk modal. Karena kepengen buka 2 toko, akhirnya kita apply kartu kredit. Ternyata banyak yang tembus. BII, Manhattan, Permata, BCA, Carefour. Semua tembus dengan limit 5-8 juta. Hm... lumayan nih...

Jadilah kita berusaha dengan muterin dana kartu kredit itu. Ini kejadiannya sebelum mami papi merit. One day, kita main ke rumah temen yang ultah. Kebetulan kakaknya itu biksu dan di lantai 2 rumahnya ada kaya kelenteng kecil gitu. Karena lantai 1 panas, kita naik ke lantai 2 ngadem. Mulai deh tuh anak2 ngumpul2 terus tanya2 tentang hari baik. Kebetulan saat itu yang hadir 4 pasang muda mudi yang lagi dimabok asmara. Sebenarnya mami paling ga demen nih ramal meramal. Soalnya dalam Kristen, semua hari adalah hari baik. Nai2 Yeye juga udah Kristen, dan mereka juga anti tuh soal ramal meramal hari baik.

Si papi sih nih, isenggg.... nanyain.. shio ular (mami) sama shio ayam (papi) cocok apa engga. Terus bagusnya merit tahun berapa.. Dijawab, bagus, cocok tapi harus merit tahun ini. Kalo engga, 4 tahun yang akan datang baru boleh merit ceweknya. Wadu.. mami donk?? Empat taon lagi baru boleh merit?? Yah... udah jadi nenek donk gueeeee?????

Ya udah, gara-gara ramal meramal ga jelas itu, papi ngebet deh tuh ngajak merit. Itu kejadian bulan February. Kita langsung cari2 tempat, pesan ini itu untuk merit bulan Desember. Padahalll.... duitnya kagak ada bow... ya ampun. Ini nih produksi masa kini. Duit kaga ada, nekad mau kawin. Mana pas toko juga lagi sepi. Memang tahun2 ini, usaha makin lama makih susah ya. Padahal dulu ya pas baru buka toko yang pertama, sebulan kita bisa dapet net profit 10-15 juta. Pas mau merit itu net profit kita paling2 cuma 2-3 juta/ bulan. Akhirnya dipakailah kartu2 itu.

Abis resepsi sederhana (yg ternyata ga sederhana), pasti donk kita ngitung2 yang namanya angpao. hehe... seneng ya rasanya liat duit banyak bertebaran gitu. Waktu itu meritnya di Grand Brilliant Palace (jl. Juanda), bridal JJ Bride, limo Golden Bird, jas pake apa ya (lupa), kue pake produksi rumahan (ga ada nama).Total abis sekitar 100 jutaan (termasuk bulan madu di hotel Sunlake). Dapet angpao-nya cuma sekitar 50 jutaan. hohoho... nombok.com

Nah, disinilah mulai keribetan. Berarti kita harus nyediain dana 50 juta untuk bayar tagihan kartu, belum lagi untuk biaya hidup sehari2. ukh... pusink..pusink... mana toko lagi ga begitu menghasilkan. Dan puji Tuhan, 2 bulan kemudian mami udah hamil Axel. Pusinknya nambah, biaya buat melahirkan, uang susu, dll. So, every month kita berdua berusaha bertahan hidup ala kadarnya, padahal rumahnya gede (kan dikasih Nai2. Nai2 sih duitnya banyak, tapi kan kaga bisa dimintain), bayar kartu dengan minimum payment dan penderitaan terus berlanjut.

Kalau bayar cuma minimum doank, bunganya ampun deh. Contoh ya. Tagihan 12 juta, bayar minimum 1,5 juta. Utang pokok yang terbayar cuma 800an, sisanya bunga. Parah kan. Kapan lunasnya utang gue. Mana udah harus bayar sewa toko untuk 1 tahun. Finally, mami decided to close 1 shop. Lagipula juga perut udah 8 bulan. Akhirnya cuma buka 1 toko. Saat ini harga sewa toko di ITC udah gila2an. Untuk toko baris depan selasar, itu bisa 90 juta/ tahun. Buset, bisa dapet Xenia second tuw.

And penderitaan terus berlanjut lagi. Maminya ga ada penghasilan. hiks.. sedihhh... Pas mau pulang dari RSIA aja, duitnya kurang 1 juta. Minjem dulu bow buat nebus anak. haha..

So pas Axel umur 3 bulan, mami kerja lagi. Balik ke perusahaan lama tempat mami kerja duluuu.. Untungnya, keterima. hohoo... mulai deh kehidupan-nya ditata lagi. Setelah 8 bulan kerja, uang susu oke, gaji suster oke, belanja sayur oke. Reschedule utang. Yang BII beres, utang 12 juta, dicicil 2 tahun @ 600 ribu. Yang BCA 8 juta, dicicil 4x @ 2 juta. Terus untuk DP BII, pinjem 5 juta ama temen, dicicil 12x @ 500 ribu. BII udah jalan 4x, BCA udah jalan 1x, temen udah jalan 5x.

Yang semalam dateng, itu dari Carefour. 8 juta neng. Kalau mereka ada program reschedule sih oke. Sayangnya, itu debt collector dateng2 minta disogok pake HP. Terus kagak ada rasa simpati atau apa gitu. Memang sih kita yang salah, udah pake ya kudu bayar donk. Cuma kan kita juga buat usaha, bukan foya2. Lagipula ga sopan banget sih. Ini mau bayar utang aja udah setengah mati, masa mau ditodong juga. Lu kira jualan HP enak, untungnya besar?? Mana masih punya anak bayi kan?? Tuh orang emang ya, otaknya di P*NT*T kali ye??

Ya sutralah. What's the lesson??

1. Jangan belanja kalo ga punya duit. Ga usah sok gaya deh. Biar kata pake kartu kredit, tetap aja itu utang yang kudu dibayar.
2. Gunakan kartu kredit hanya sebagai sarana mempermudah pembayaran. Jadi kalo duitnya ada, cuma susah kan bawa2 uang cash 3 juta, baru deh gesek tuh kartu.
3. Modal pas2an, ga usah sok struggle nekad buka usaha pake modal kartu deh. Kalo tahu2nya usaha kaga jalan atau mandeg atau sepi, mati dah lu. Kejebak kaya gue. Muter2 aja tuh utang. Udah dibayar 1 juta, terus 2 bulan ga bayar, utangnya malah nambah 1,5 juta. Bunga berbunga tuh (cuma bunganya kagak indah bener)
4. Kalo memang ga ada duit bayar, tahan badan aja, kagak usah bayar ampe tuh bunga brenti. Mendingan duitnya tabungin buat nanti langsung pelunasan kalo di bank tersebut kagak ada program reschedule. Kalo ada duit bayar, bulan depan bokek ga bayar, malah merugikan diri sendiri. Info dari seorang teman yang bekerja di bank, setelah 8 bulan ga bayar, automatically bunga akan di stop. Kalo kita bayar kagak bayar kagak bayar kagak, bunganya ga stop2, karena itungannya masih ada pembayaran.

(noted: 12 Dec-08 Baca nih reschedule payment gue disini. Sukses lho hai. Mulai bulan September 2009, gue BEBAS HUTANG. Total hutang 50 juta lebih lho. :p Not a good sample. Jangan dicontoh yaaaaa)

Balik lagi ke balada si suster. Abis ngeladenin debt collector, mami naik ke lantai 3. Takutnya si mbak sakit ampe ga bisa bangun kan kasian juga. Ga tahunya sodara sodara.. KAGAK ADA ORANG!!!! Langsung deh darah naik ke kepala. Langsung aja mami telpon orang yayasan. Kebetulan memang rumahnya deketan. And si suster emang demen main ke sana. Ternyata bener aja kan, dia baru pulang katanya.

Basiclly, gue sih kagak masalah ye dia mau kemana. Mau ke pasar kek, mau ke zoo kek, mau ke laut kek, emang gue pikirin. Yang bikin mami sebel, kok kagak bilang bilang??? Gak sopan kan?? Adu.. mami males udah ngomong ama dia. Biarin aja deh. Udah sering dibilangin, kalo mau pergi tuh bilang2 dulu. Lu kira rumah gue hotel????

Ehem.. Axel semalam belajar manjat sofa. Buset dah. Anak mami tersayang badung amat ya?? Nai2 ampe ketawaaaa terus ngeliatin Axel. NaiNai ini paling demen godain Axel ampe nangis. Abis Axel ngegemesin sih.




Axel juga udah pinter joget





Terus... today's menu. Nasi pake oseng PETE kentang kol buncis.




And... risoles...



Habis gelap terbitlah terang. Kemarin suntuk hari ini udah hepi lagi. Memang sih sekarang ga punya duit, cuma mami yakin, tahun 2010 semua utang udah lunas. Dan dengan gaji mami sekarang, tahun 2010 mami bisa manjain Axel. Beliin apa yang Axel mau, ajak Axel jalan2, dan pastinya wisata kuliner, soalnya kayanya Axel bakat gembul gembil kaya papi maminya.

I love U, my son.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar