24 Oktober 2008

Dilema: give or keep

At first, I thought susah juga ya, mau cerita apa ya, tapi ternyata ya, udah 4 hari ngisi blog, ada aja ya bahan ceritaan. Memang kalo di majalah2, katanya orang Capricorn plus shio ular tanah itu cocoknya jadi penulis. Waktu itu aku pikir, ah... menulis apaan?? Susah.. Ga tahunya.. Ternyata... hehe...

Semalam debt collector Carefour dateng lagi. Ceritanya mau ambil dokumen untuk melengkapi permohonan keringanan pembayaran a.k.a reschedule payment. Pas lagi di depan pintu, tahu2 ada Bapak2 kira2 umur 60an nyamperin kita. Terus dengan ga sopannya langsung nyela di tengah2 pembicaraan kita. Mau apa ya dia??

Permisi ya Ci. Ini saya mau nebus obat di Windu Mukti (apotik deket rumah gue), anak saya juga udah saya bawa ke dokter Kusno. Mau nebus obat cuma bawa duit 30 ribu, ternyata obatnya 40. Jadi saya maksudnya mau minjem nih ama enci. Ga lama, paling juga sebentaran saya balikkin.

Lhah?? Ini orang dari manaaaaaa?? Gue kagak kenal. Ngaku2 orang belakang, gue ga pernah liat mukanya tuw. Maksudnya mau minta sedekahan atau apa ya??

Terus terang saya, saya sih langsung under estimate deh. Mau balikkin?? Adu.. ga usah harap deh. Tapi karena pake alasan anak sakit, gue tinggalin tuh orang berdua di depan pagar, terus gue naik ambil 10 ribu (untung ada!! setelah bongkar2 tas! soalnya di dompet duitnya seribuan 8 lembar. sedangkan di dompet uang petty cash kantor, semuanya uang seratusribuan). Pas gue kasih ke dia, dia ga bahas lagi soal kapan mau bayar balik atau apa (gue juga ga mengharapkan sih), langsung aja cabut.

Dilema ya. Coba kita liat hal ini dari sisi si Bapak. Kalau anaknya benar2 sakit, mungkin dia juga amat sangat malu dan terpaksa melakukan hal ini. Tapi harus dilakukan. Terpaksa. Namanya anaknya sakit dan membutuhkan obat saat itu juga.

Mungkin juga memang kerjaan dia kaya gitu (adu.. jahat banget ya gue). Mudah2an sih beneran ya, dia memang butuh banget duit itu. Asli, gue rela kok. Ga ngarap dia balikkin.

Setiap hari gue pulang lewatin lampu merah Kelapa Gading. Banyak banget gembel2 bawa anak minta cepe-an. Kadang malah anak2 kecil ngamen ngotot maksa berdiri terus di depan jendela mobil ga mau pergi sebelum dikasih. Anaknya bener2 masih kecil sekitar umur 3-5 tahun. Mungil pendek imut. Kepalanya aja ga sampe tinggi jendela mobil. Jadi kalo dari jendela cuma keliatan tangan mungilnya doank ngetok2.

Hari gini sih duit cepe-an udah ngak laku ya. Seratus perak buat apa?? Permen aja sebiji harganya lebih dari 100 perak. Kalo kaya gini, itu pengamen mau dikasih atau engga ya??

pengemis anak
coba perhatikan, itu yang digendong anak beneran lhoo... lagi tidur!!!




yang ini mah udah biasa. terutama di dareah Cempaka Putih, lampu merah depan ITC Cempaka Mas. Setiap lampu merah ada yang kaya ginian.


pic courtessy tempointeraktif.com


Untuk gue pribadi, kalo yang ngamen anak muda nenteng kecrekan cuma buka mulut ala kadarnya, ga usah harap deh gue kasih. Cuma 25 perak juga gue ga rela. Lha wong masih sehat kok, masih kuat. Kalo dia bawa gitar atau kecrekan, tapi nyanyinya semangat, bener2 niat cari duit dengan jualan suara, gue kasih. Kalo nenek2, udah pasti gue kasih. Di depan rumah kadang2, 1 bulan 2-3 kali ada nenek nenek gembel suka duduk di depan rumah. Kadang2 gue kasih 3000, kadang 5000, kadang ceban.

Nah kalo yang ibu2 bawa anak sama anak2 kecil. Dilemaaaa....

Kalo anak2 kecil ya, gue sih pasti kasih karena kasian. Kalo liat mereka sliweran di jalanan, adu... mami suka mikir, gimana kalo Axel yang kaya gitu. Air mata pengen netes deh rasanya. Anak2 yang lagi lucu2nya disuruh ngemis, gimana masa depannya?? Apa mereka minum susu?? Apa makannya cukup? Orang tuanya kemana?? What had happened to them in the past?? Kok bisa ya di jalanan?? What will happened then in the future?? Do they still have a future?? Belum lagi kalo baca di koran, setelah mereka mulai bertumbuh ke usia remaja, duitnya dibuat beli aica aibon buat mabok. fiuh... what will be will be deh. Pokoknya sekarang ini, kalo cuma ngasih duit receh. selama gue mampu and (maybe) bisa bantu mereka dikit, gue rela. Kadang2 kalo makan siang gue makan diluar, makanan jatah dari kantor gue bungkus, gue kasih mereka.

Kalo yang ibu2, lain lagi dilemanya. Ibu2nya sih masih kuat. Gendong anak. Anaknya lagi bobo dengan mulut mangap (terbuka). Polos. Ga merasa terganggu bisingnya kendaraan bermotor dan debu. Ibunya bawa kemoceng, bersih2in kaca mobil. Kasih apa kagak?? Kalo liat muka ibunya doank sih, kagak bakalan gue kasih. Kan dia bisa jadi tukang cuci kek, atau pembantu kek, atau jualan nasih uduk kek, apaa aja kalo ada niat. Bisa kan?? Lhah ini malah bawa2 anak kelilingan di lampu merah. Tapi gue pasti luluh begitu menatap mata anaknya. Keingetan Axel lagi. Hiks.. jadi pengen nangis lagi. Ya udah deh. Kasih aja.

Kadang bingung juga ya. Ada lho yang gayanya seperti bukan pengemis bener2. Soalnya ya, anaknya didandanin rapi jali. Cakep. Keliatan abis mandi, masih ada bedak di mukanya, dipakein topi, pake jaket dan sepatu. Kain gendongannya juga ditarik2 sampai hampir menutupi anaknya secara keseluruhan. Keliatan banget kalo dia sayang banget ama anaknya, takut anaknya kedinginan, jam 7 pagi udah keluar bawa kemoceng di lampu merah. Uhm.. jadi bingung mau MIKIR apa kao liat yang kaya gitu.


So, I thanks You God. Puji syukur hamba panjatkan. Biar kata utang setumpuk (hoho.. salah sendiri!!!), tapi at this time, I have a job. I have a son that always cheer up my day. Dan keluarga kami selalu dibukakan jalan oleh Tuhan, sehingga dalam setiap kesusahan kesulitan; at the end, pada saat benar2 sudah buntu, Tuhan selalu membukakan jalan. Dari lahir hingga saat ini, hamba tidak pernah perlu kuatir dalam menjalani hidup, karena hamba meng-iman-i bahwa Tuhan selalu mempunyai rencana yang baik. Bahkan dalam kejadian yang paling burukpun, ternyata itu adalah rencana Tuhan untuk mengajar kita menjadi lebih baik.

Axel udah bener bener bener bener bisa jalan sendiri. Hoorayyy!! Tadi pagi dia jalan sendiri bolak balik dari meja TV di kamar ke pintu. It's more than 10 steps lho. Hahaha... anakku yang jail bin usil udah bisa jalan sendiri. Hepi..hepi..hepi..

Si Axel mah orangnya bener2 jail. Kadang2 dia ngemutin kertas sambil ngeliatin muka mami. Ntar kalo mami bilang "eh... ga boleh" sambil pasang muka kaget, dia bakalan ketawa ketiwi haha hehe. Terus dia ambil lagi kertas yang lain sambil ngeliatin muka mami lagi, kalo mami bilang 'ga boleh', dia ketawa ketiwi lagi. Begitu terus ampe semua kertas di laci habis. Sebenarnya Axel tahu kalo ga boleh gigitin kertas, cuma dia suka sengaja. Ngarepin maminya mendelik sambil cengegesan. Seneng tuh dia.

Semalam bikin brownies kukus. Adu.. dompet bisa jebol nih bikin kue mulu. hoho.. Memang sih modalnya ga seberapa. Mungkin sekitar 15 ribuan aja. Paling gas juga kepake dikit doank. Tapi kalo tiap hari?? Hehe.. abisnya kan lagi bikin tester buat ultah Axel. Ga berasa ya, udah hari Jumat. Tinggal 9 hari lagi ke pesta ultah Axel. Ultah aslinya sih hari Senin ini. Tapi pestanya minggu depan ajah. Tunggu mami gajian. hehehe..



Ini juga gaya baru Axel kalo mau ngasih tahu mami bahwa dia melihat sesuatu yang dia suka atau dia kenal.

Another Hobby...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar