26 Oktober 2009

Rujak Mangga



Ini gara2 musim mangga. Buat si Linda yang lagi ngidam.

Resepnya nyak:

3 buah Mangga Kweni jangan terlalu mateng, jangan terlalu mengkal, sedang2 ajah
3 cabe merah
2 cabe rawit
Seujung kuku Garam
Seuprit Terasi, bakar
2 sdm Gula Jawa
Gula secukupnya
Cuka secukupnya

Cara: Ulek aja semuanya rame2 tanpa mangga. Cukanya masukkin terakhir setelah bumbu diaduk dengan mangga.

Buat yang belum berpengalaman ngulek, gue kasih tahu nih. Cabe ulek dulu ama garam, biar ga licin. Udah halus, masukkin terasi ama gula jawa, kasih gula dikit. Koreksi rasa dulu. Masukkin mangganya aduk2 biar rata. Kecrot pake cuka, aduk2, pindahin ke kotak, masukkin lemari es. Ga usah dipakein air ya. Kira2 1 jam deh, bakalan keluar air sendiri dari buahnya.

Hihi.. orang2 kantor ajah ketagihan lhooo. Dibuat dengan mangga Harum Manis juga sedappppp. Kalo pake Harum Manis, ga usah pake terasi. Kalo pake Kweni memang enaknya pake terasi.

Btw, ini nih yang bikin pant*t gua loncer bener, soale dimakan sama nasi panas2, sedappppppppppp.........

20 komentar:

  1. Gile Elsieeyyy...
    Mauuuuuuuuuuu!!!! *drooling* hehehehe....
    untung gue lagi gak hamil :D

    BalasHapus
  2. kalo gua enakan pake mangga indramayu kali ya, gua kan gak doran kweni, kalo pake harum manis sayang hihihihi..
    thank u so much elsiey, i love rujak, nti gua praktekin :D
    sayang kita gak sekantor :P

    BalasHapus
  3. @Windy: wahahhaa... kirim kemana Win?

    @Christine: ho oh Tin. Kan ceritanya kaya sambel mangga gitu.

    @Viol: wakkaa... Main ke rumah gue, ntar dibikinin. cuma 5 menit kok nguleknya. Cuma ya harus nunggu bentar supaya airnya keluar.

    BalasHapus
  4. busyet, gua ngiler habis liat mangganya...ngeces deh gua

    BalasHapus
  5. @Yenny: Aduu.. Yen. Maaf yaaaa. Mana lagi ngidam ya lu. hihi.. Nanti ya, pas ultah si Axel, gue bawain deh kalo pas nemu mangga yang setengah matang. xixixiii...

    BalasHapus
  6. glek...tar acara ada ginian gak...duh kepengen euy hahahhaa...

    BalasHapus
  7. el...mawuuuuuu gw jg ngidam nih *hihihihi biar dapet juga* :D

    BalasHapus
  8. El, mangganya makan pake nasi panas??

    BalasHapus
  9. Aduh enaknya...slurrrp. Kalau sambal mangga ada resepnya? minta dong:)

    BalasHapus
  10. mauuuuuu.... tapi ga mau banyak2 cabe-nya :p (serasa pesen sama tukang rujak aja ya gw)

    ntar bikin yg banyak buat ultah Axel ya, buat dessertnya wakakakka :D *kabuuur ah*

    BalasHapus
  11. AAAAAAAAAAARRRGGHHH....pagi2 liat ini langsung ngecessss dah! hahaha...
    tar siang bikin aaahhh...ihihi

    BalasHapus
  12. @Felicia: hihi.. pada mau yaaa? Coba deh, nanti gue cari mangga dulu. WAkakkaa.. Tapi ntar kalo dibawain mangga, ntar pada jaim, makannya malu2, yaa.. rugi donk gua.

    @Cyntha: Ntar, cari dulu mangganya. Lha gue masih utang jelly ama elo. Gue belum sempet beli jellynya sih.

    @KD: Gila, gue nguleknya bisa sampe nungging donk.

    @Elrica: ho oh Nek. wakkaka...

    @Elisa: Resepnya ya itu aja El, tinggal cabenya ajah tambah, irisan mangganya diperkecil, gula jawanya dikurangin. hihi... Gini nih bu El, biar kata resep sama plek plek, ulekan tiap2 orang tuh beda. ga tahu deh tuh kenapa.

    @Shanni: hihi.. beneran mau ya. Ntar jangan jail yak. Gue pake bakul gede. Ntar pada jaim, pada ga berani nyomot. wakkaka...

    @Afien: wakkakaa.... yuksss

    BalasHapus
  13. Shan, jangan minta rujak mangga dong buat desert ultah axel. Nga keren ah... :)

    El, gua request Froyo buat dessert pas axel ultah yak! Plus topping kiwi, mochi dan anggur. Ok, thanks a lot... Muah..Muah..

    BalasHapus
  14. aduh el..gue yang kaga ngidam jd ikutan ngidam nih...mantaps....meski ngilu2 bayangin asemnya..hahah.....ngilerrrrrrrrr..ada ga pas axel bday..hahaa...

    BalasHapus
  15. Membaca instruksinya ajah bikin gua nelen ludah. Palagi makan aslinya

    BalasHapus
  16. kenapa sih.. lu slalu membuat gua menelan ludah.. ngeces en ngiler ?? hiks hiks.. mauuuuuuu

    BalasHapus
  17. uah uah uah....slurp...gile nih tampang mangga bikin org ngecesss...
    baru dibawain mangga dari temen gue di indo kemaren,...ntar bikin ahh,...thanks ya El buat resepnya...

    BalasHapus
  18. mintaaaaaaaaaaaaaaaa...............

    BalasHapus