27 Januari 2010

SchOoL HunTiNG (part 2)

7. TKK 7 Penabur (4210903)
Uang pangkal: 4 jt
Uang sekolah: 650 rb/ bulan
Waktu: 07.30 - 10.00; 10.00 - 12.30
Bahasa pengantar: Indonesia
Plus: siapa ga tau bagusnya Penabur. TK A ada jam komputer 1x seminggu. PG inggris 2x seminggu. Mandarin 1x seminggu.
Minus: agak jauh dr rumah, mana jl Garuda skg sk Macet.
8. TK Kanaan (4223140)
Uang pangkal: 4 jt
Uang sekolah: 475 rb/ bulan
Waktu: 07.00 - 10.00
Bahasa pengantar: inggris
Plus: deket banget dr rumah. Inggris 40%. Tiap hr ada pelajaran inggris 1 jam.
Minus: masa kanaan lagi sih? Hehehee..

9. Sunsmile (6518517)
Uang pangkal: 4,5 jt
Uang sekolah: pre nursery 2jt/ 3 bulan, nursery 2,4jt/ 3 bln
Waktu: pre nursery 10.00 - 12.00
Nursery 08.30 - 11.30
Curricullum: Singapore n Malaysia
Bahasa pengantar: Inggris
Plus: ruang kelas nyaman, deket juga dr rumah, uang sekolah affordable.
Minus: jam sekolah pre nursery kesiangan dikit ya kayanya. Yg Nursery pas tuh. Buildingnya kecil banget, cuma ruko gitu, harus bayar parkir pulak (hehheee.. Antar 2 rb, jemput 2 rb, kalikan 20 hr). Kelasnya lantai 2, agak riskan.

NOTE:
1. Kalo sekolah beneran, bahasa pengantar Indonesia, tempat luas, mainan dikit.
Kalo sekolah2an, tempat sempit, cuma ruko atau rumah doank, mainan relatif banyak (ga semua, tp lbh mending dibanding mainan di skul beneran)

2. Sekolah beneran, murah. Pake Inggris dikit, agak mahal.
Sekolah2an, biar kata cuma billingual, ga full inggris, mahalnya aujubilleh.

3. Sekolah beneran, agama dan pendidikan budi pekerti penting.
Sekolah2an, ga ada pendidikan agama kecuali doa sebelum makan dalam bentuk lagu.

Kesimpulan: gw tetap bingung.

Hari ini trial di SunSmile, soale kt Yulia - mamana Fangz n Mei2, bagus. Itu sekolah2an yg paling affordable, dan yg tempatnya paling bersih menurut gw. Sekalian melihat kesiapan Axel skul. Gw sengaja duduk di belakang, ga deket2 si Axel. Anaknya sih mau ya, atau mungkin krn dia liat ada emaknya, tp dia anteng2 ajah ngeliatin anak2 kegiatan. Tadi miss-nya ga masuk 1. Jadi kurang obyektif ya kalo gw bilang miss-nya keteteran, ga ketahuan kalo miss-nya berdua bagaimana handlenya.

Well, kita liat deh next week. Gw mo trial sekali lagi. Tadi trial 1 jam doank udh cabut, soalnya dr 9 anak, 3 batuk, 1 parah banget plus pilek. Hahaha.. Ntar skul ga jadi, malah dpt bonus batpil. Lagian jg org kantor udh gw bilangin mo trial sekolahan, tetap ajah krang kring krang kring.

Oh ya, gw sempet liat ST. JOHN juga. Ini jua oke lho. Murah, deket. Tp Inggrisnya ga ada pas di KB. Padahal gw kan maunya at least Axel mengenal bahasa ini dr kecil. Soalnya kalo ngeles doank seminggu 2x, ga efek ya (pengalaman emaknye).

Pilihan kedua, Kanaan, oke juga. Tp kebentur di jam sekolah. Bagus lho, dgn harga segitu, jam sekolah 3 jam lho. Cuma jam 7 pagi sih ya. Gw sih oke2 ajah, soalnya bagus kan, sekalian gw berangkat sekolah. Cuma kasian si Axel. Kalo mau masuk pagi, boleh dr SD ampe Univ. Kalo skg, engga ah, kasian.

Jd pilihan terakhir Penabur atau SunSmile deh. We'll See.

Sonny sebenarnya udh kasih lampu ijo masuk Apple Tree. Gw yg ragu2. Soalnya penghasilan bulanan dia ga pasti kan. Sedangkan penghasilan bulanan gw udh abis ga ada sisa utk gaji pembantu, suster, kebutuhan hari2 ama susu, imunisasi, dll, dll. Sonny juga berat, karena skg ikut arisan 10 jt dan udh ngepiaw 2 jt utk modal usaha (masih 21x bokkk), mana kita br masuk asuransi Allianz masing2 500 rb dan itu jatah Sonny. Belom lagi nanti kita hrs pikiran kalo punya anak kedua, pan mesti disiapin juga dana studinya.

Jadi ya being realistic ya. Walopun sebenarnya gw pengennnnnn banget Axel masuk Apple Tree. Lagian pan ada Clo di sana. Huhuhuuu.. Seandainya aku dpt lotereee.....
Powered by Telkomsel BlackBerry®

16 komentar:

  1. gue juga pengeeeennn kevin masuk apple tree...
    tapi jauhhh...
    haiya, ikutan pusing deh, skul bagus tapi mahal, skul murah tapi ya gitu deh, huhuhu...

    BalasHapus
  2. jadi kesimpulannya mo masuk yang manaaa??
    gw makin baca makin bingung...byk pilihan siii
    hohoh...btw, good hunting...smangat banget si hunting school...salut dahh

    BalasHapus
  3. @Hanny: haha.. Tau niyyyyy. Minggu depan deh gw kasih tau hasilnya.

    @Syl: haha.. Gimana ya, emaknya kepo sih. Blm tau niy dmn. Hehe..

    BalasHapus
  4. hahhaa.. makin bingung ya... doain aja dulu.. soalnya ini menyangkut kesejahteraan axel setidaknya sampe 3 tahun kedepan kan.. ga usah buru2 tapi juga harus ada batas waktu untuk ambil keputusan.

    fakta lain yang baru gw sadari belakangan ini, sekolah beneran bisa mendadak diliburkan tanpa alasan kuat mis: guru mau rapat atau guru ada retreat atau kelasnya mau dipake acara lain (ponakan gw dalam sebulan ini udah 3x libur dengan alasan kaya gitu). Yang jadi murid sih tentu saja bersuka-cita, kita juga kan dulu ngerasain yah heheee.... kalo sekolah2an ga boleh mendadak libur kalo ngga karena force majeure, bisa di-demo sama orang tua murid tuh..

    rasanya hampir semua sekolah ada afiliasi agama walupun cuma dalam bentuk pelajaran budi pekerti. kayak appletree kan ngakunya tidak ada afiliasi dengan agama manapun tapi kalo ikut trial disana pasti langsung ngeh ni sekola afiliasnya kemana, hehee...

    BalasHapus
  5. arisan 10 juta sebulan? banyak amat, gua cuma 2 juta udah ngap2 hehehe.. emang kalo terlalu banyak pilihan jadi makin pusing, tapi tenanglah el, sekolah waktu kecil gini blom terlalu banyak efeknya kok, jadi apapun pilihan lu pasti bagus buat axel.. :)

    BalasHapus
  6. Ricci mirip penabur El dari PG dah ada komputer, inggris n mandarin. Tapi kalo nursery ga tau soalnya mang g skip sih. Yah kalo menurut g sih lu pilih sesuai ama keuangan lu dan minat anak, jangan paksain sesuatu padahal perjalanan masih panjang..... dan banyak minta pentunjuk aja melalui doa...semoga membantu (wakakaka wise banget yah g)

    BalasHapus
  7. gua setuju sekali dengan liza. Untuk milih sekolah anak, gua juga survei ke beberapa tempat dan sesuai dengan keuangan kita sekalian mikir tabungan untuk kuliah nanti.

    BalasHapus
  8. mmm.. bagimana kalo tanya ke AXEL? hahaha...
    Maksudnya biar dia yg milih tar baru lo pertimbangkan.

    BalasHapus
  9. bener El cari sekolah emang bikin pusing hehehe :D musti pelan2 dan sabar :)

    yg pasti sih kalo kata temen laki gw ya elo mesti tau anak lo nanti mau disekolahin dengan tujuan apa? kalo mau jadi leader ya harus ke sekolah international yang emang menekankan pendidikan anak jadi leader, kalo mau anak pinter harus ambil sekolah yang kaya penabur gitu2 lebih mentingin pelajaran daripada socialize education. itu sih kata temen laki gw ya...

    maksudnya kalo emang mau anaknya ntar gede masuk sekolah international ya harus dari awal masuk international standard gitu

    BalasHapus
  10. gue si pilih pertama yang deket rmh kl ga ksian yang nganter ma anaknya..musti berangkat dr jam brp tu kl jau2..kedua terjangkau kantong..hehe ..en k3 sekul beneran..meski kadang kalah ma skul2 baru gt cm tangung nti..mending skul beneran jd bisa ikutin dari awal..kl bisa skalian ampe sma kan jd ga pindh2..hehe..gue dukung ipekaaaa :D..

    BalasHapus
  11. pastilah tiap ortu pengen anaknya masuk skul yang bagus segala2nya, tapi biasanya yg bagus itu MUAHAAAAL....jadi sama seperti yang lain..yang realistis aja lah dengan kondisi finansial kita apalagi perjalanan anak2 kita masi panjang.

    sekedar sharing...
    dulu, gw disekolahin di sd umum dalem komplek rumah gw. baru smpnya masuk skul katholik. gw pernah nanya ke nyokap, koq gw ga dimasukin skul katholik dr kecil sih *yg jaman dulu termasuk sudah mahal, blom ada skul internasional2an* dia bilangnya, ma2 merasa ga sanggup biayainya. apalagi kan yg mesti diskolahin 3 anak. lagipulakan kamu2 masi kecil, gpp skul biasa dulu. lebih baik, keatasnya semakin bagus. drpd sd ma2 paksain masuk skul bagus, tp kedepannya ma2 ga sanggup biayain. mendingan skul biasa2 aj, tp bisa sampe slese. kalo kedepannya punya rejeki, baru masuk ke skul yg lebih bagus lg. ga jaminan koq, skul bagus pasti sukses. semua tergantung dr ketekunan & keuletan masing2 anak. skul cuman salah satu faktor pendukung aj. gitu sharing yg pernah gw omongin ma nyokap :)

    jadi, menurut gw, untuk anak umur2 segini, ga usa yang terlalu mahal2 banget lah *relatif sih ya murah mahal itu* yang penting deket *karena anak seumuran ini pasti perlu ad yg nganter jemput, kalo kejauhan kasian anaknya cape dijalan n yg anter jemput juga ruepoot apalagi kalo kudu naek angkot* n anaknya nyaman disekolah *biar dia enjoy skulnya, karena ini mrupakan pengalaman pertamanya ditinggal n bersosialisasi sendirian* itu uda cukup rasanya.

    semoga lu menemukan skul yg pas buat axel :D
    kalo gw mah, rasanya cuman ada 3 skul yg ada diotak gw saat ini *deket, masi dalem tmn ratu semua* tau ntar pas hari h nya aira skul dimana hehehehe...

    BalasHapus
  12. elce...gue ikut-ikutan bingung baca nya.
    weleh...emang sih kalo mau diturutin kata hati, pilihan sekolah mah banyak banget
    dari yang biasa-biasa aja sampe yg wah..
    gak bisa ikutan ngasih input el...:-D

    BalasHapus
  13. @xiao: uhmmm... Sunshine mestinya sih Kristen ya, krn ada doa sebelom makan, tp Dlm bentuk lagu.

    @Viol: lha pan ceritanya arisan itu diadakan utk menggalang dana usaha. Rata2 malah grup itu pd ambil 2 paket tau. Jd sekali setor 20 jt. Lha beda ama kita. Haha.. Jgn kt lu yg 2 jt. Gw nopekceng doank, arisan blogger ama arisan kantor gw ajah, kadang keteteran. Wakakaka...

    @liza: ho oh, tumben..

    @selvi: iya, ini jg mo milih yg deket dan murah. Hehe..

    @Patzie: jeee.. Dia mah maunya yg mainannya banyak ya.

    @Shanni: sekarang ini sih, gw pengennya dia di Penabur kalo SD - SMA. Ga tau deh nanti pas sampe waktunya berubah pikiran apa engga, soalnya di Penabur banyak kesempatan beasiswa pas kuliah. Ini sekolah beken yg pertama dilirik kalo suatu perusahaan/ negara mo ngasih beasiswa. Tp buat TKnya mah, gw pengen dia ada basic bahasa dl, soalnya gw ga mampu ajarinnya. Gw mau dia punya Inggris n Mandarin pny dasar lafal yg bagus, ga kaya gw yg Inggris logat Indonesia.

    @KD: hehehe..

    @Christine: gw naksir Penabur Tine

    @Santi: bosen ahhhhh. Hihihi

    @Cyntha: iya sih Cyn. Kaya adek gue tuh, SD-SMP di Kanaan. Sekolah ga terkenal. Pas mo SMA dia minta sendiri mo ke Penabur krn menurut dia Kanaan pelajarannya terlalu gampang. Wakakkaaa....

    @Yenny: pegangan Yen kalo bingung. Wakakkaaa....

    BalasHapus
  14. El, sebelom gw dateng ke singapore.. Gw ngajar di apple tree yang di pluit, tapi gw liat system mereka bagus loh, walo gw cm jadi part time assistant teacher.. Mereka training assistant teacher en teachernya seragam..
    En 100% english kan sama mandarin..
    Tapi apapun pilihan lu, semoga axel hepi en semangat sekolah deh..itu yg penting.

    BalasHapus