20 April 2009

Nasi Uduk n Kani Kroket

Biar hari Senin hectic banget, tapi bela2in ngeblog dulu, soale ada yang penasaran nih ama Kani Kroket. Hahaha...

1. Nasi Uduk.



Ini menu hari Sabtu kemaren karena males masak.

Nasi uduk, pake ayam goreng lengkuas, tempe orek, kacang mede plus emping dan sambal kacang (ini mah sisa saosnya siomay berminggu minggu yang lalu, tapi kefoto ===> lupaaaa). Kalo lagi rajin, bisa juga tambahin telor dadar, digulung, terus dipotong potong lebar 1/2 cm.

Resep Nasi Uduk:
- Beras 5 takar
- Santan kental dari 1/2 butir kelapa (sesuai dengan takaran air kalo masak nasi)
- Bunga pala 1 bungkus (beli ajah di tukang bumbu dapur, harganya 500 perak)
- Lengkuas kira2 5 cm
- Serei 2 batang
- Daun salam kira2 4 lembar deh
- Daun jeruk kira2 3-4 lembar juga deh
- Garam 1 sdt
- Gula 1/2 sdm

Cara masak gaya orang ga mau ribet: Semuanya dimasukkin ke rice cooker, jangan lupa dicolok ke listrik, pencet tuh pencetan masak di rice cooker, tungguin ampe hampir matang, aduk2 biar santannya rata. Nanti kalo pencetannya itu udah ngejetret ke atas, tungguin kira2 15 menit, pencet sekali lagi (sebelumnya jangan lupa, nasinya diaduk2 lagi ya biar benar2 rata). Jadi intinya: masaknya 2x pencet ya.

Sisi positif: kagak ribet, ga usah dikukus
Sisi negatif: nasi uduk dimasak model begini, cuma tahan 1 hari. Hari kedua udah ga begitu bagus. Mungkin karena bagian bawahnya dipanasin lagi buat makan sore ya, jadi agak bau besoknya.
Saran: Kalo mau masak sekaligus banyak untuk 2 hari, angkat yang bagian atas, pindahin dulu ke tempat lain, yang bagian bawah, langsung masuk ke lemari es (haiyahhh.. penjelasan gua rumit amat yak??)

Resep ayam lengkuas:
- Ayam 1 ekor
- Lengkuas 1 ajah tapi yang gedeeee (kira2 15 cm dah)
- Kunyit 1 juga yang gedeeee
- Kemiri 6 butir
- bawang merah 6 butir
- bawah putih 3 butir
- Serei 2 batang
- daun salam 3 lbr
- ketumbar
- garam 1 sdt
- gula 2 sdm
- Air asem (asemnya kira2 segede 1/2 bola pingpong, airnya sedikit ajah)

Cara masak gaya orang males: Lengkuas + kunyit diparut (kalo diblender susyeehh.. blendernya kecil). Bawang2an ama kemiri diblender bareng air asem (blender gua kalo ga pake air, kagak mau jalan). Masak deh semuanya ama ayam. Kalo pake ayam negeri, tidak disarankan pake air, karena ayamnya nanti keluar air banyak. Tutup wajannya. Kalo ayam udah empuk, baru wajannya dibuka dan dimasak sampai airnya habis. Bisa disimpan di lemari es sampai 10 hari. Kalo mau makan tinggal goreng.

Cara masak orang rajin: Semua bumbu diulek. Haiyaa... tangan bisa gemporr lhohhhh

Resep Tempe Orek: Tempe potong kecil2, goreng ampe garing. Angkat tempe dan sisihkan. Minyak sisa goreng tempe pindahin ke tempat penyimpanan. Tetap pake wajan yang sama, oseng2 bawang merah (2), cabe merah/ rawit (terserah), daun salam. Kalo udah kuning, masukkan kecap manis, saos tomat, gula pasir (1sdm), garam. Aduk2 bentar, masukkin deh tempe gorengnya. Masak pake api kecil. Angkat. Taro di piring.

Resep emping: Masaolohh.. masak ga tahu?? Beli empingnya yang bagus di pasar, pilih yang gede2 dan empuk. Harganya 8500/ 250 gr. Bawa pulang ke rumah dan goreng dehhh...

Ini yah, bukti enaknya ayam lengkuas mami. Haha.. Resep ayam lengkuas ini mami dapet dari mommy'nya Iie Dede (berarti pho phonya si Freya ===> baby yang diobok2 Axel di Puncak).
Ini video si Axel lagi geragotin tulang paha ayam. Tulangnya doank. Kira2 30 menitan deh geragotinnya sambil nonton Indovision. Hihi... Perang untuk merebut si tulang ini berlangsung kira2 10 menitan, yang berakhir dengan jerit pilu dan isak tangis Axel menuju kamar mandi. Ya iyalah, seluruh badan penuh minyak gitu. Dimandiin ulang deh sehabis lunch.




2. Kani Kroket






Ini nih gara2 diskusi soal Axel ga mau makan nasi. Dikasih resep ini sama si Liza (atau Sylvia ya?? Lupa gua). Terus, jadinya dikejar2 terus suruh bikin. Berhubung penasaran, dibikin dah, walaupun resepnya dipermak habis2an. huahaha... Maaf yak, sodara sodara.

Resep asli, silahkan liat disini ajah.

In case pada ga tahu crab stick itu kaya apa, ini fotonya.


Gue mo kasih tips ajah sedikit.

- Tepung : susu gua ganti jadi 300 ml: 80 gr (jangan takut, hasilnya tetap creamy kok)

Adonannya tunggu dingin ajah, ga usah masuk lemari es, tetap bisa dipulung kok. Yang penting, tangannya dilumurin dengan telor, biar ga lengket. Gue sih mulungnya pake 1 tangan aja, jadi adonannya dilempar2 dikit pake tangan kanan ampe bulet sesuai keinginan, cemplungin ke telor, terus cemplungin ke tepung panir. Ambil adonan pake tangan kiri, pindahin ke kotak. Setelah itu dimasukkin ke lemari es biar tepung panirnya lebih menempel. Kalo mau dimakan, baru goreng.

- Biar adonan kagak pecah saat digoreng, pastikan minyak sudah benar2 panas. Kalo bisa sih kerendam semua ya. Tapi kalo minyaknya cuma setengah, siram2 bagian atas kroket dengan minyak. Jadi bagian yang terendam dan yang tidak terendam, panasnya bisa sama.

- Untuk isi mah terserah ya. boleh ditambah atau dikurangin. Gue bikin ga pake mushroom. haha.. Rencananya next time lagi, isinya mo diganti, pake ham, telor rebus, wortel. Namanya ya mungkin harus ganti ya, bukan kani kroket karena kan ga pake crab stick. :p

- Untuk rasa, menurut para sesepuh yang udah bikin duluan sih, seharusnya asin (garam) dan ada rasa manis (dari mushroom). Lhah gua bikinnya, susu ultra diganti pake susu kental dicairin pake air (haha.. so pasti rasanya jadi manis donk), terus micin juga gue ganti dengan gula pasir 1/2 sdm. Jadi rasa kani kroket bikinan gua adalah yak benerrr... manis donk. Haha.. Kayanya gue terinspirasi oleh rasa ragoet nih. SECARA, biasanya kalo bikin risoles isi ragut kan, isinya rasanya manis. Tapi biarin ajah. Selera mah suka2 yang bikin donk, iya ga? Iya ga?

Hasilnya, Axel doyan banget. Tumben ajah nih anak. Bisa makan 1 1/2 lhohhh... ckckck...

Thanks ya Sylvia dan Liza. My two new friends. Muach.. muachh.. I love u both.

DANNNN... ini buktinya kalo Axel doyan banget (tadinya sih mau fotoin si papi juga ===> doyan juga tuh, cuma takut ditimpuk karena majang video kerakusan papi.. hahaha...)

14 komentar:

  1. Wah diam2 si LC jago masak juga yak??? G jadi ga sabar mau nyobain masakan lu hehehe. Kapan nih undangannya buat kerumah?

    Si Axel doyan goreng2 yak cocok donk kani kroket kan lembut.... hehehe sip dah dah sukses meski perjuangan panjanggggg banget hehehe

    BalasHapus
  2. resepnya boleh dicoba nih soalnya penampakannya menggiurkan sekali, akan lebih menggiurkan bila dikirim2 kesini hehehhehehehe

    BalasHapus
  3. hihi, seru banget liat axel makan..mpe porsi papinya mo direbut juga...hahaha...
    ternyata jago masak jg u...
    sip nih...kpn undanganny ke rmh? ntr g nongkrong tiap sabtu minggu..biar u bkin cemilan trusssssssssss
    hahaha...boleh ga nih??

    BalasHapus
  4. Duh el.. lo rajin amat sih masak....
    *jadi ngiler*
    Mao dong nyobain........ hahaha...
    TAr kalo Axel ultah undang2 yah.. heuehahaha...*malak mode on*

    BalasHapus
  5. Haaa...tiap kali gue mampir ke blog loe, pasti ada posting makanan baru! weddeeehhh,..bikin ngiler!!...

    BalasHapus
  6. ya ollo si El jago masak , g mau ah bikin kroket santapan kegemaran g soal nya ..
    itu resep ayam kuning udah g save . g doyan juga .

    BalasHapus
  7. blog lu bikin gw ngiler...slurrrppp...
    Axel..tante bagi dong kani kroketnyaa...hehehe...
    gw pengen bikin nasi uduk nihh..tapi ntar diprotes ma hubby..tadi ajah gw bikin bakut..lgs diprotes..huh..susahnya..

    BalasHapus
  8. cateeeetttt..... di contek ahh..
    Besok mau coba, and gue review di blog juga.. kira-kira kalo kani nya di ganti bakso ikan ato udang bisa ga yha???

    BalasHapus
  9. @Liza: haha.. iya, tunggu lu pulang dari Bali. Lu ke rumah gua yah, main. Ntar gue masakkin sayur asem.

    @Debby: Haha.. waduh Deb, kalo kirim, agak susah ya (gue ini tipe malas jalan kalo wiken.. haha..). Cuma kalo lu bilang, "LC, bikinin kroket donk, gua mo main ke rumah elo". Haiyaaa... tinggal bilang ajah mau kapan, gue mah seneng2 ajah didatengin orang.

    @Ching: Iyahh.. iyahh.. Sabar ya Chayank, tunggu bulan Juni.

    @Patzie: Wadohhh.. ngomongin soal ultah, perasaan baru kemaren gue ngerayain ultah anak gua, ga tahunya ini udah mau ultah kedua ya. Tinggal 6 bulan lagi.

    @Icen: Tenang Cennn... Kalo lu ke Jakarta, gue bagi. Tenang ajahhhh...

    @Veny: Aduu.. bukan jago masak Ven. Lagi belajar. Gue demen ajah nyobain masakan2 baru.

    @Jess: Haha.. resiko kawin ama Jepun. Haha.. Lu minta resep ama si Ching ajah tuh. Dia juga kawinnya ama Jepun. Yang ini Jepun tulen lhooo... Kalo hubby lu kan skul di NZ, kalo dia hubby-nya skul di Beijing. haha... http://meixiangflv97scs.blogspot.com/

    @Mila: Gue bilang mah bisa ajah tuh Mil. Cuma aja ya namanya ganti, bukan Kani Kroket. haha.. Gue juga pengen coba bikin pake ham. Kayanya laki gue lebih doyan ham daripada crab stick. Ntar gue posting kalo beneran jadi bikin.

    BalasHapus
  10. always ngiler n ngiri liat lu kalo lagi masak begini El...hihihihi

    BalasHapus
  11. El...kok rasanya banyak orang yang pindah ke WordPress ya...?? ada apa ya gerangandi Wordpress El??

    BalasHapus
  12. @Keyne: Siapa ajah Ne?? Bukannya si Santi Mikel doank?? Emang lu mo pindah juga? hihi

    BalasHapus
  13. Wew,,nasi uduknaaa....wakhs bisa jg masak di rice kuker ya El..coba ah nti...kayanya nyummi..ngiler liat masakan u...lempar dunk kejelambar :D

    BalasHapus
  14. Salam kenal mba,
    Resepnya okeh-okeh banget mba.
    Gampang di copy-paste (maksudnya ditiru) buat ibu-ibu seperti saya yang belum pintar masak.
    btw, si axel ternyata seumuran ma anak saya ya :) dan lagi seneng-senengnya ngoprek ya mba, hehehe

    BalasHapus