24 Februari 2009

Macaroni Schotel, Sate Babi n SioMay

Yes, project minggu lalu berhasil lhoooo.. Cuma ajah kayanya overloaded nih. Jadinya hari Senin kemaren sakit flu parah banget ampe ga bisa napas. Terus hari ini sakit pinggang aka rhematic. Gila ya, masa baru 30 udah rematik sih. Gue juga ga tahu sih rematik atau bukan, yang jelas dimulai dengan pegel2 di tulang ekor, terus menyebar ke pinggang kiri kanan. Rasanya nyut2an ga tahan. Untung sekarang udah baik setelah minum Neo Rhemacyl.

Anyway, here they are. Enjoy the pics.

1. Macaroni Schotel



Percobaan bikin 2x. hihi.. Patokannya, telor 6 butir + bahan cair 500 ml (boleh susu cair ajah, atau dicampur ama kaldu). Isinya mah terserah. Boleh kornet, smoked beef, sosis, roti tawar, burger, sesuka hati. Dan pasti ya MACARONI duonkkzzz.... Namanya ajah macaroni schotel. Rahasia kelezatannya tentu saja di bawang bombay dan keju.

Kalo gue sih pake:
- macaroni 125 gr direbus pake air ama garam ama minyak seuprit, ditiriskan
- bawang bombay 2 + bawang putih 2 + daging giling/ cincang dioseng + minyak secukupnya- tambahin wortel, oseng ampe setengah layu + kaldu ayam 1 gelas (gue pake kaldu blok 2 biji + air 250 ml), disisihkan
- pake baskom, kocok telor, masukkin susu 250 ml, keju parut, osengan daging, smoked beef, macaroni- penyedapnya ya, garam (sedikitttt ajah), pala, merica, gula sedikit (kalo pake susu cair biasa, pake gula 2 sdm; kalo pake susu kental diencerin, ga usah pake gula)- Taro di pinggan tahan panas, oven 180 derajat selama 45-60 mnt

Pas percobaan pertama, gue taro keju Quick Melt (Kraft) di campuran adonan, terus keju cheddar parut diatas adonan, sebelum masuk oven. Jadinya seperti gambar di atas.Pas percobaan kedua, dalemnya tetap keju Quick Melt, diatas ga dipakein keju dulu, pas udah mau mateng baru ditabur keju diatasnya. Jadinya kaya kue keju gitu garing2 diatasnya. Cuma ya, kalo ga langsung dimakan, jadinya kagak enak, karena kejunya jadi lembek dan ga garing.

Kayana next time mau gue balik nih. Adonannya pake Cheddar, diatasnya yang gue pakein melt. Pengen tahu ajah jadinya bagaimana.

2. Siomay Ayam



Sekilas pas liat resep2 hasil browsing, kayanya sih adonannya gampang2. Bahannya tinggal cemplung2 doank. Ternyata kesulitannya adalah di saat bungkus. Hohoho... dan gue juga ga bisa browsing untuk cari cara bungkus siomay. Soalnya kalo di rumah, males banget harus bangunin papi untuk buka internet. Jadinya.. pake cara barbar deh. Ditaro di cup bolu kukus dan menghasilkan siomay segede bagong. Tapi ngeluarinnya dari cup susah banget, ampe kulitnya sobek sobek.

Ini juga sempet bikin 2x. Soalnya ueenaakk buangetzzzz. Jadi malemnya bikin lagi, dan kali ini setelah ngetest2, akhirnya bisa juga tuh bungkus siomaynya, jadi ga ditaro di cup bolkus lagi, tapi langsung di dandang dan jadinya bagus. Cumaaa... fotona lupaaa.... huhuhu....

Patokannya ya, daging 500 gr (boleh babi atau ayam campur udang), sagu 100 gr, telor 1 biji, bangkuang sedikit (sebiji yang kecil, iris dadu), wortel kecil 1 biji (iris dadu, sisain sedikit diparut untuk hiasan). Nah bumbunya mah campur2 ajah sesuka hati. Merica, daun bawang, garam, micin, gula, minyak wijen. Gue sih ada pake arak merah sedikit.

Untuk kulit, beli kulit jadi. Entah merek apa, isi 50 lembar ukuran 12 x 12. Taro adonan isi di tengah, terus tangan kita bentuk mangkok, terus kulitnya dicubit2 sambil ditempelin ke adonannya (ke arah tengah) kira2 pada ketinggian 2/3 dari dasar kulit. (aduu.. gue ga yakin pembaca mengerti apa yang gue maksud nih.. maap yak.. next time gue foto deh cara ngelipatnya)

3. Sate Babi



Haiyaaa... ini mah pesenan emak gue. si Nai2 tuh. Katanya waktu SinCia, makannya kagak puas. Jadi bikin lagi deh.

Resep:
- daging Babi 1 kg
- Blender jadi satu: air lengkuas, kemiri 5, bawang merah 10, bawang putih 5, gula jawa (dicairkan), kecap manis, cabe merah, gula pasir, garam, air jeruk
- rendam semalaman dagingnya
- tusuk2 deh
- pas mau bakar, sisa rendaman daging dituang di piring gede, pakein kecap manis ama air jeruk lagi, satenya celup dulu di rendaman itu baru dibakar. setengah mateng, celup lagi di rendaman, jadi nanti dagingnya ga alot. Kalo mau bikin sate ayam, bumbunya sama, cuma pakein kunyit sedikit.

4. Ayam bakar



Sekalian ngotorin panggangan, gue bikin ayam bakar. Bumbunya pake ayam bumbu Del Monte botolan, cuma gue tambahin kecap asin, bawang putih, dioseng bareng ama ayamnya. Jadi ayamnya dimasak ampe setengah mateng, baru dibakar.

Ada juga sih masakan2 lain buat konsumsi sehari2, cuma itu mah udah biasaaaa banget. Jadi malu kalo diposting. hehe...

SELAMAT MAKANNNN

note: next week project pangsit goreng ama swekiau (dengan catatan: gue kagak jadi ikutan training di kantor. kalo ternyata dengan amat sangat terpaksa gue diharuskan ikut, yah dengan amat sangat terpaksa juga, projectnya diundur ke minggu yang akan datang)

9 komentar:

  1. wah boleh buka restoran el.. hehe

    BalasHapus
  2. gw ngilerrrr...pengen donk siomaynya..sate babinya jugaa..slurrppp...iya donk..makin lucu..huahaha..tapi jam tidur mereka udah mulai berkurang..jadinya dirumah sering ada "paduan suara" kalau mereka lagi nangis..heheh..

    gw gak tau nih kapan balik keindo..yuk..ntar kalau gw udah di jepang, lu maen kesana..hihihi..seru kali yah..ade lu pindahnya jauh bgt.pasti repot bgt deh pindahan gitu..gw gak ada YM nih..heheh..gaya dah yang baru donlod YM di hp..huahahaha

    BalasHapus
  3. halllooww aku sudah kembaliii ke dunia per-blog-kan!! hihiii...
    El, ini kok blognya gambar makanan semua ya?? ga tau ya kalo gue lagi diet?? bisa kacccaaauuu iniii dddiiieetttkuuu...
    wah..takut2 nih jadinya tiap kali buka blog u, ada pembahasan soal makanaann mulu ssiihhh...hehehhee...
    btw, ada niat buka catering ga ya El?? kalo ada, kabar2in ya..kayaknya gue bakalan order nihhh abisnya keliatannyaa enak sekali masakanmu elll...!!!

    BalasHapus
  4. wah hebat..bener2 pinter masak..nyontek yaaaaaa :D

    BalasHapus
  5. @Hin: makanyaaaa... cepet pulanggg... ntar kalo lu pulang, gue bikinin seember. lu catet ajah mau yang mana. Mama juga udah kangen banget ama elo.

    @arman: wah, makasihhh... cuma kalo buka resto mah capek ya.

    @Jess: Waa, makin liat foto Ken ama Kai, makin kesengsem guah. Jadi pengen punya dede lagi nihhh... Masih kecil gitu, masih menyenangkan tuh Jess. Kalo udah seumur si botax, wuahh capek lari sana lari sini, mana dia ga bisa jalan pelan2. Tapi ada lucunya juga sih, udah bisa diajak ngobrol, udah bisa dijailin, terus dia juga bisa bales ngejailin.

    @Keyne: lu yakin nih mau diet?? baru juga gue mau kirim ke tempat elo. huahaha....

    @Santi: silahkan kalo mau dicontek. Soalnya gue juga boleh nyontek 2-3 resep, terus disemediin dulu, terus digabung2 deh tuh resep. Biasanya sih gue bikin ga ngotot sesuai resep. Bahan yang ada di campur2 sesuka hati gue ajah. Malah dulu pas ga ada timbangan, gue pake sendok susunya si Axel buat kira2 tepungnya. hehe..

    BalasHapus
  6. pusing nih air liur gw menetes tiap liat post yang ini. ntar gw dateng lagi kalo gambarnya udah tenggelem deh.

    BalasHapus
  7. Aduh liat postingan lu sore2 gini bikin gua nelen ludah... jadi laper euy.... Ayo tanggung jawab el, hihihi...

    Btw, gua mau bikin siomaynya ah...

    BalasHapus
  8. Iya, bikin ajah, Ny. Gampang banget tahu. Cuma dioprek2 doank, campur semua jadi satu. terus langsung pakein kuliat dan dikukus.

    BalasHapus