09 Juli 2009

Resep BakPau, Pizza, Roti

Akhirnya gua dapet resep yang pas. Tenang ajah, adonannya mantep, ga usah dibejek2 diulek2 ampe tangan mau copot. Yang penting ikutin step by stepnya. Dijamin deh, hasilnya bisa tahan 2 hari ga masuk kulkas, ga usah dipanasin, tetap empuk saripuk waripuk puk puk. Kecuali Pizza ya, yang memang harusnya garing.

Untuk Pizza, BakPau maupun Roti, gua pake adonan yang sama. Cuma kalo BakPau sama Roti, pake mentega. Pizza ga usah pake mentega.

1. Air hangat 285 ml (harus pas ya 285 ya), Fermipan 1/2 bungkus. Hangatnya jangan terlalu panas, jangan terlalu dingin. Tunggu sampai campuran ini berbuih2. Kalo hangatnya cukup, biasanya 5 menit udah berbuih banyak. Kalo kurang hangat, bisa 15-20 menit, tapi ga apa.

2. Siapin di baskom, terigu Cakra Kembar (protein tinggi) 500 gr. Plus gula halus secukupnya. Biasanya sih gue sekitar 75 gr - 150 gr. Kalo Pizza kan ga enak terlalu manis. Tapi kalo BakPau sama Roti, ga enak kalo ga manis.

3. Campur airnya ke tepung. Ulenin sampai kalis. Ga lama2, paling 10 menit, ga sampe malah.

4. Untuk Pizza: Kasih garam 1/4 sdt. Ulenin lagi kira2 10 menit. Tutup pake kain basah, tunggu 15-30 menit. Biasanya sih gue jemur ajah tuh di atas, biar cepet ngembang. Pokoknya harus tempat yang hangat ya.

Untuk Bakpao dan Roti: Kasih garam 1/4 sdt plus mentega 1 sdm. Tutup pake kain basah, taruh di tempat hangat atau jemur juga.

Hati2 kalo dijemur, kain harus dibasahin setiap 10 menit.

5. Adonan udah mengembang, tinju dah biar kempes, tapi jangan diulenin lagi ya. Langsung ajah dibentuk.

6. Pizza (pake oven gede): Loyang dipoles mentega ala kadarnya. Giling deh adonannya di loyang, Kasih topping. Panggang 200 derajat ke atas selama 10 - 15 menit. Sekalipun dilihat dari atas belum kuning, angkat deh, takutnya nanti malah keras. Kalo ada api atas, pake api atas 3 menit. Kalo ga ada api atas, ya udah, pasrah aja. Jangan nungguin Pizza-nya berubah warna jadi kuning, kagak bakalan kuning deh kecuali gosong.

Pizza (pake toaster): Loyang dioles mentega. Giling di loyang. Kasih topping. Setel 5 menit. Terus balik loyangnya dan setel 5 menit lagi. Kalo manggang loyang kedua, jangan lupa waktunya dikurangin, soalnya kan panggangannya masih panas bekas manggang loyang pertama.

BakPao: Siapkan kertas roti. Bentuk adonan, isi, biarkan hingga mengembang kembali di atas kertas. Ciri2 adonan mengembang, bentuknya jadi mulus, licin, berkilau. Jadi pas ngebentuk adonan, ga usah pusing kalo berantakan, karena nanti pas ngembang bakalan lagi mulus kok. Terus dikukus sekitar 10-15 menit. Ciri2 adonan matang bagus adalah mengembang licin. Kalo sampai kulitnya mengkerut, berarti ngukusnya udah kelamaan. Lain kali berarti waktu ngukusnya harus dikurangin.

Roti: Biasanya gua panggang ajah pake toaster 5 - 7 menit. Jangan kelamaan, karena nanti jadi keras.

TOPPING PIZZA

Untuk topping ya, terserah aja. Ini ada beberapa alternatif yang bisa dipilih.

1. Daging oseng pake saos teriyaki plus bawang bombang
2. Daging beef burger plus potongan nanas plus bombay
3. Smoked Beef pake paprika ijo plus bombay
4. Ayam jamur kecap plus tomat plus bombay

Terus yang paling penting adalah pasta tomat dan keju.

Untuk pasta tomat, gue udah cobain pake saos tomat botolan, rasanya kurang enak ya. Untuk pasta tomat, bikinnya gampang. Tomat blender (contoh: 4 buah), dimasak pake gula 2 sdm dan garam 1/4 sdt. Masak sampai airnya habis, tomatnya jadi kentel kaya selai.

Urutannya ya, pasta tomat, mayonaise kalo suka, bawang bombay, topping, keju.

ISI BAKPAU

Ini juga isinya bisa suka2.

1. Ragut
2. Daging yam mien (yang ga tahu, liat posting yammien ya)
3. Meses (kedoyanan mbak2 di rumah)
4. Keju pake gula halus dikit

ISI ROTI

Sama ajah sama Bakpau. Bisa diisi smoked beef, beef burger (dagingnya), kelapa pake gula ama garam, dll dll.

Selamat Mencoba. Kalo mau tanya2, silahkan YM gua (kalo nyala) atau telpon juga boleh. Atauu.. mau praktek?? Mari kita praktek sama2. Wakaka.... tongkrongin rumah gua tiap wiken. U're welcome.

7 komentar:

  1. Thanks recipenya, biasa gw buat adonan pizza pake bread machine.

    BalasHapus
  2. kapan2 gua coba deh resep2nya...lagi winter susah bikin...yg ada jadinya buat lempar maling saking kerasnya :P

    BalasHapus
  3. Rajinnya...wah aku pengen banget bikin Roti, tapi kok malas banget ya :)..ntar aku coba deh ..

    BalasHapus
  4. airnya 285ml pas? sepas-pasnya?
    addduuuhhh ...

    BalasHapus
  5. @Sylvia: Iyah, cobain Syl. Empuk banget. Palng bagus bikinnya pas musim panas. Wakaka.. Kalo musim dingin, bakalan susah jadi.

    @KD: Ho oh, kalo gua paling mantep bikinnya tuh pas jam 2-4an gitu. Pas lagi panas2nya cuaca.

    @Holly: Wakaaka.. Resep ini gampang Hol. Yang paling penting, nguleninnya ga usah lama2 ampe tangan gempor.

    @Yenny: Ya iya donkkk... ukur pake botol susu si Bastian ajah. Wakaka...

    BalasHapus
  6. btw..lupa gw crita ke lu...waktu itu gw ngeliat postingan lu yg bikin bakpao...gw jd kepengen..saking kepengennya..gw sampe ngimpiin tuh bakpaoo...hahahaha

    BalasHapus
  7. Hi Elsiey, mo tanya nih, untuk bakpao uleninya pake tangan ato pake mixer? Trus kalisnya hanya sebatas sampe ga lengket di tangan ato sampe molor kaya' bikin roti? Soalnya gw blum pernah bikin bakpao siy..

    Thanks before

    BalasHapus