15 Desember 2008

wara wiri di PT. ALUN

haiiiii... hari ini gue mau cerita tentang kerjaan ahhhh.... Fiuh... S E C A R A baru terima THR niyyyy.... jadi lagi demen ama kerjaan gue. hohhoho....

Gue masuk kerja Alun udah dari lamaaaaa banget. Dari jamannya gue masih OOT tuw. hehe... Keluar masuk ajah udh 3x. Demen amat yah balik sini lagi balik sini lagi.

Pertama gue kerja sini duluuu banget gara2 offer dari ownernya yang satu gereja ama gue di GKI Bungur. Gue masuk sini mungkin sekitar taon 1999 kali yah kalo ga salah. Masih kuliah di Untar udah tingkat akhir. Kuliah udh mulai males2an. hehe... Gaji pertama sekitar 900rb kalo ga salah, makan siang dikasih, tapi gaji dipotong pajak. Nombok?? Pastiii... abisnya bawa mobil Kijang butut nyokap. hehe..

Waktu itu sih niatnya cari pengalaman ajah. Jabatannya ga jelas. Namanya juga belajar. Hari pertama gue masuk, gue inget banget. Ngitungin karcis parkirnya Pak Marketing Manager untuk di claim ke kantor. Anak baru, masih kagok, masa karcis tol begitu banyak, gue itungin satu satu, 3500+2500+1500+1500+3500+2500+....... ampe celeng sendiri. Kalo yang pinter kan, yang 3500 digabungin dulu jadi satu, tinggal dikaliin nantinya ada berapa lembar. Gitu kan?? Maklummmmm.....

Udh beberapa lama, kerjaannya nambah. Gue disuruh2 bikin survey product saingan. Jadi gue siapin perbandingan data seluruh product saingan. Lama2 ditambahin lagi, gue diajarin cara main Adobe, terus disuruh setting brochure2, calendar, barang2 promosi kaya payung, jam dinding, gelas, pulpen, dll. Ditambahin lagi project untuk pameran 1 tahun 1 kali. Semua pekerjaan ini, gue demen banget. Kadang2 ampe nyokap gue ngomel, disuruh bawa bantal guling, nginep ajah di kantor.

Setahun kemudian, kuliah udah lulus, gaji udh naik 2x lipat and dikasih mobil, walaupun mobil kuning ngejreng. Tuh mobil masih ada tuh ampe sekarang. Waktu itu sih masih gress baruuuu... Sekarang udh jadi mobil operasional. Ga ketahuan bentuknya. Ntar ya, kalo sempet gue foto and gue posting. Hihihi... paling malu kalo pas ngisi bensin, suka ditanyain ama abangnya, "Bu, ini mobil apaan ya??". Abisnya ya, dulu kan kalo kerja di kantor pusat (Tebet), bajunya kudu keren, soalnya kan sering keluar ketemu orang. Pake rok sepan, pake blazer dan sepatu tumit tinggi.

Kerjaan juga nambah. Sekarang bantuin Marketing bikin quotation, invoice, order, dll. Istilah kerennya Marketing Support.

Setelah itu, gue sempet megang kantor cabang di Cakung, untuk bantu di aftersales. Pagi di Tebet, siang ke Cakung. Jadi ceritanya department after sales kita di hi-jack ama perusahaan saingan. Complete full set bowww.. Manager, supervisor, sekretaris, mekanik segambreng, semua dibajak. Jadi sementara belum ada yang handle paper work di aftersales dan berhubung gue yang lumayan pinter adaptasi (huahaha... narcis.com), ditarohlah gue di Cakung sementara perusahaan mencari tenaga2 baru.

2 tahun disini, gue dapet tawaran yang SANGAT MENGGIURKAN. Iyalah, masih baru lulus kuliah, gue dapet tawaran dari sebuah perusahaan Philippine dimana dulu gue suka jadi SPG kalo dia lagi pameran di Indonesia. Gajinya, $1000/ bulan BERSIH. Can u imagine that? At that time, gue ga mikir bahayanya. hehe.. Namanya juga anak muda. Masih OOT. Liat kertas ijo ijo, siapa yang ga ngiler. Itu 5x gaji gue di Alun coyy. Dulu gue dikenalin temen untuk jaga stand mereka kalo pameran Kertas di PRJ. Gue pernah jaga 2x. Gaji perhari kurang lebih $100. Gue pernah terima kurleb $700 untuk 5 hari kerja, itu udah termasuk uang sewa mobil kijang butut gue untuk antar jemput ke airport dan jemput antar hotel-PRJ, jadi penterjemah (karena mereka cuma bisa bahasa ingrris dan mandarin) kalo mereka ketemu ama customer, plus bonus.

Pas akhir tahun 2001an sekretaris di boss telpon, bilang mereka akan ngirimin gue tiket untuk JALAN JALAN ke Philippine, gue langsung okein. Padahal gue juga udah beli tiket buat jalan2 ke Bali lho. Waktu itu gue kagak mikir, kalo di Phillipine gue diculik, terus diperkosa, gimana?? Padahal gue kan ga kenal2 banget juga ama orang2 itu. Hiyyy....

Yang kocak, pas nyampe disana, serem2 juga nih, bahasa ga bisa. Mereka kan cuma bicara Tagalog. Inggris, ga semua orang bisa lho. Gue nunggu di tempat yang salah. Aduu.. gimana nih, yang jemput kagak keliatan. Mana banyak orang nyamperin, ngomong2 sesuatu yang gue ga ngerti. Akhirnya dengan pedenya, gue keluarin HP, belaga ngomong2 di telpon. Padahall.. tuh HP kagak ada sinyal. hihi... iyalah, lha wong international roamingnya belom dinyalain. wkwkwkw... kalo inget masa2 itu, pengen ketawa deh. Kocak abis.

Singkat cerita, gue ketemu tempat nunggu yang bener, dijemput, dijamu bak tuan puteri and dibujuk untuk tandatangan kontrak dengan perusahaan tersebut. Rupanya dia mau buka cabang di Indo, dan gue disuruh jadi perwakilan mereka di Indo. Gajinya dibayar 6 bulan di muka, dan ga boleh pulang sebelum gue mengirimkan surat pengunduran diri ke boss gue yang sekarang. Sadis ya. Tapi yah, mau gimana lagi, tiap hari dikepret pake duit ijo2, siapa yang ga mau nurut. huahahaha... Akhirnya gue mengundurkan diri dari Alun, dengan alasan, mencari penghidupan yang lebih baik.

Ternyata asik sih kerja di perusahaan ini. Pekerjaannya santai. Mana jalan2 mulu ke luar negeri. Orang yang ga ngerti kerjaan ini mah bingung deh. Bisa2 dibilang, gue jadi simpenan boss kalee. Rupanya boss baru ini memang rela keluar duit banyak, asal dapet orang sesuai dengan spec yang dia mau. Anak2 buahnya di Phillipine, kerja rodi gila2an tapi dengan gaji sangat besar, diatas standard. Tapi dia mengharapkan lu 24 jam 7 hari seminggu menjadi milik perusahaan dia (bukan milik dia yah). Jadi nih ya, yang jadi anak buah dia, jangan harap bisa pacaran atau ngurusin keluarga. Workaholic abizz... Bahkan dia bisa tidur nginep 5 malam di kantor. Padahal dia punya istri yang cakep dengan 4 orang anak, dua kembar. Udh gitu, yang kerja ga boleh dandan aneh2. Waktu itu rambut gue dicat merah. Langsung ajah dia ngomong, kalo mau kerja ama dia, rambut harus item. hihihi...

Ternyata, kerja disini cuma tahan 1 tahunan. Capek. Gue mau ditaro di Shenzhen. Pulangnya cuma boleh 1 tahun 1x. Ogah. Ternyata ya, gaji gede, tapi kalo terlalu capek, badan ampe kurus kering karena kebanyakan jalan2, capek juga.

Finally, balik lagi deh ke Alun. Kali ini megang bagiannya lain lagi. Gue jadi Marketing boww... Disuruh jualan truck. Aduu.. please deh. Dari sekian banyak job desc di Alun, gue paling kagak demen yang ini nih. Jualann booo... Truck lagi. Lu suruh gue cari pelanggan dimana?? Tapi berhubung kefefet, mau ga mau deh. Hasilnya, setahun makan gaji buta. huehehe...

Terus berhubung gue ini orang nekad, pas ada lowongan untuk dipindah ke Balikpapan, dengan pedenya gue mengajukan diri. Waktu itu sebenarnya ada satu anak dari bagian sparepart yang dibina untuk menduduki jabatan ini, cuma pas disuruh berangkat, anaknya ga mau, soalnya lagi serius pacaran kayanya. Dia ga mau ninggalin ceweknya. Akhirnya, gue mengajukan diri deh. hehe.. Cuma tahan 2 tahunan lagi, gue keluar. Alasannya, gue sekolah lagi ke Beijing. Sebenarnya sih alasannya bukan itu. Alasannya sebenarnya, adu... let me keep that as a secret. Tapi memang sih pada akhirnya, alasan itu menyebabkan gue harus meninggalkan Indo dan belajar bahasa Mandarin ke Beijing.

Pulang dari Beijing, gue kerja di JJ Bride yang jualan baju pengantin di bilangan Kelapa Gading. Cuma tahan 6 bulan. Cara kerjanya aneh. Ga cocok dengan prinsip gue. Gue keluar, buka toko HP, dan setelah 3 tahunan, gue balik lagi ke Alun. Amazed?? Harus lah. Masa ya, orang bisa keluar masuk ke sebuah perusahaan seenak enak jidatnya ya. Alasan utama gue masuk Alun lagi, karena gue males bikin CV, terus kerja di tempat baru yang gue ga tahu cara mainnya, harus interview ke kantor2 yang jalanannya gue juga ga tahu dimana. Males banget.

Nah, ini jadi pelajaran nih buat para pembaca. Kerja dimana aja sebenarnya kurang lebih sama. Gue perhatiin, ada 3 hal utama yang jadi ganjalan di tempat kerja.

1. Gaji ga sesuai dengan keinginan kita
2. Job Desc ga sesuai
3. Hubungan ke teman dan hubungan dengan atasan tidak harmonis.

Jadi kerja dimana aja, ga ada yang perfect. Pasti ada kekurangannya. U can live with it atau resign, cari kerja baru yang pastinya juga ada salah satu dari 3 masalah di atas. Kalo ternyata ga ada masalah di atas, berarti wah.. U R SO LUCKY donk.

Kerjaan gue yang sekarang beda lagi. hihi.. gue jago yah, bisa ditaro dimana ajah. Gaji standard, ga dapet fasilitas apa2. Mungkin karena dulu nakal suka keluar masuk kali yah. (Tuhan, aku mau donk dapet fasilitas mobil, please.. please.. yang bensinnya bisa diganti full, kagak dijatah, please.. please...). Sekarang gue dapet bagian Purchasing. Ini pekerjaan passion gue banget. Passion setiap cewek kali yah. Dikasih duit, disuruh belanja. Siapa yang ga demen coba? hehe..

Sayangnya, untuk kerjaan kali ini, kesangkut masalah nomor dua tuw. Job Desc ga sesuai. Suka banyak tambahan pekerjaan aneh2 yang ga ada hubungannya ama bagian Purchasing. Ceritanya nih, pemilik Alun sekarang buka perusahaan baru yang namanya DMP. DMP ini usahanya nyewain truck2 mining ke perusahaan2 tambang di Kalimantan. Jadi secara organisasi, Alun dan DMP adalah dua perusahaan yang sama sekali berbeda. Cuma pemiliknya ajah yang sama, tapi secara organisasi dan struktur managerial, semuanya beda. Alun jual truck ke DMP. DMP beli truck dari Alun dan disewain ke contractor tambang (ngerti ga??).

Nah gue ini yang gaji adalah Alun, tetap diperbantukan khusus untuk menangani semua pembeliannya si DMP which is banyak banget, karena saat ini site DMP ada sekitar 5 site dan terus berkembang. Manager gue adalah Manager Purchasing dan Logistik PT Alun. Berhubung dia logistik, gue jadinya juga harus bantuin dia ngerjain kerjaan logistik sekalipun di atas kertas, pekerjaan gue adalah purchasing DMP, tapi pada kenyataannya gue juga adalah si logistik Alun. Gue sih hepi2 ajah, ga terlalu bete. Soalnya mendingan kerja ampe setengah mati daripada bengong setengah mati. :p

Manager gue ini mister nice guy sih. Dia ga bisa nolak pekerjaan dari manager2 yang lain. Kadang2 gue ampe keki sendiri. Cuma kasian juga kalo ga dibantuin. Kadang2 rasanya pengennnnnn gue jitak deh, cuma.. ga berani... hehehe....

Anyway, jangan dititu dehhh.. Kalo kerja yang betah ajah. Kalo mau keluar dari satu pekerjaan, pikirin dulu. Belum tentu elo sehoki gue, bisa keluar masuk ampe 3x (ga pantes 'bangga'). Coba seandainya dulu gue ga tergiur tuh gaji 1000$, mungkin masa depan gue beda yah. Mungkin sekarang gue udah jadi manager atau at least asisten manager kali ya di Alun ini. Soalnya dulu pas pertama gue join, nih perusahaan masih kecil, belum berkembang seluas sekarang. Mungkin aja dulu gue dikasih pegang DMP kali ya, jadi direkturnya gitu (angan-angan si pungguk merindukan bulan). Halah...

9 komentar:

  1. wah pengalaman kerja lu banyak banget ya.. :)

    BalasHapus
  2. Arman, apanya yang banyak?? Lha wong muter2 di sekitar sono ajeh. huehehe....

    BalasHapus
  3. minta infonya donk. soalnya ntr tgl 1 nov 2011 ada panggilan interview buat accounting DMP.
    yaa manis pahit nya kerja di alun/DMP..buat bahan pertimbangan aja..hehehe

    BalasHapus
  4. hai, baru baca deh postingannya
    btw mau tanya deh kalo di alun2 itu salary nya ok ga?

    BalasHapus
  5. wow... dan sekarang saya lagi dapet project ma Alun, kalo pengen ngobrol ada kontaknya nga sist Axel. email saya: anto.oetojo@gmail.com

    Thanks before

    BalasHapus
  6. Mantap jalan hidup elu di ALUN ci. Salut & sukses ya

    BalasHapus
  7. lucu euy.. tulisannya ga bikin bosen
    jd pengen kenal :)
    *modusdetected

    BalasHapus
  8. Salam kenal mba, kami dari balikpapan kaltim dengan bidang usaha catering service dan berminat bermitra dengan bunda axel.Trims

    BalasHapus