27 November 2008

Dilema wanita karier


Ngomongin soal anak emang ga ada habisnya yah. Di mata kita, the mom's, anak kita always the best, always paling cakep, always paling pinter. Setiap hari adaaaaa aja kepinteran baru dan tingkah2 yang makinnnn lucu.

Hari ini dari pagi, Axel ngikutin mami terus kemana2. Minta gendong. Begitu mami bilang, "sama suster dulu yak. mami mau mandi", langsung aja Axel merengek2 sambil nyenderin kepalanya di bahu mami. Waduu... luluh dah hati maminya. Ga tega.

Semalam juga. Lagi main berdua sama mami di kamar sambil nungguin kue mateng. Pas udah jamnya mau mateng, mami panggil suster donk. "Sus, sini bentar, mami mau liat kue". Ya ampiiun, susternya belom nongol, Axel udah nangis duluan. Dari ujung ranjang yang satu lari ke ujung yang lain, langsung meluk leher mami, ga mau lepas. Rupanya dia kangen kali ya ama maminya. Pokoknya mau ikut! ikut! ikut! ga mau ditinggal.

Ini mungkin juga yang jadi dilema-nya orangtua yang bekerja. Kalo papi yang kerja sih memang kodratnya. Tapi sekarang juga memang jamannya wanita bekerja. Soalnya sekarang ini, semua kebutuhan harganya mahal. Kalo istri ga bantu suami bekerja, wadu.. bisa keteteran. Jujur ajah, pertama kali mami kerja lain setelah melahirkan, mami merasa terpaksaaaaa banget. Waktu itu Axel baru masuk umur 4 bulan.

Mau gimana lagi. Toko HP papi tutup karena harga sewa tokonya mahallll banget. Di depan selasar sih, jadi harganya sewanya/ tahun bisa mencapai 100 juta. BAYANGKAN!!! Bisa dapet mobil Avanza second. Jadi papi pindah ke toko mami yang letaknya agak di belakang. Untung Tuhan masih baik ya. Jaman lagi susah begini, sewa toko bisa dibayar per bulan. 6,5 juta/ bulan. Fiuh... berat yah. Total modal untuk sewa dan karyawan plus maintenance dan listrik ajah mencapai sekitar 9 juta/ bulan.

Waktu mami baru lahiran Axel, toko lagi sepi2nya. Sebulan, gross profit paling cuma 11 juta, jadi lebihnya cuma 2 jutaan sebulan. Wadaoo... So, mami mutusin kerja lagi. Tapi awal2 pas mutusin mau kerja, hati sakittt banget rasanya. Mikirin mau ninggalin si botax. Apalagi 2 minggu pertama pas abis lahiran. Baby blues juga kali ye.

Kalo sekarang sih, uhm..udah bisa terima kenyataan. Apalagi Nai2 suka bilang, semua orang juga begitu. Jaman sekarang, kalo ga suami istri kerja, ga sanggup nanggung biaya rumah tangga. Ternyata memang mungkin basicnya mami orang yang demen kerja juga kali yah. :p

Kadang2 kepikiran juga sih. Takut Axel perkembangannya terhambat gara2 mami kerja. Soalnya, yang namanya BS itu, kan bukan anaknya dia. Jadi dia cuma tahunya jagain ajah, ga bisa ngajarinnya. Tapi Tuhan memang baik. Ada Nai2 yang hobi banget ngajarin Axel. Katanya Axel pinter sih, diajarin bentar udah bisa. Narsis.com. Nai2 juga paling hobi nyuapin Axel makan ama nidurin Axel. Soalnya makannya gampang dan lahap, bikin orang nafsu pengen nyuapin makanan terus. Kalo bobo juga gitu. Dari kecil, asal digendong Nai2 di kursi goyang, pasti dia langsung nyender, ga berani bergerak. Karena kebiasaan kali yah.

Belum lagi mami juga takut Axel diculik. Sekarang kan lagi marak tuh penculikan anak. Takut juga Axel disakitin, dicubit ama BS (amit2 tok..tok..tok...). Belum lagi takut Axel kurang terawat. Minum susu atau makan ga teratur atau kurang. Wuah.. banyak banget pikiran2 jelek yang berkelebat di kepala. Sekali lagi, Tuhan itu baik ya. Kita ga tahu apa rencana Tuhan untuk kita. Waktu merit, kita disuruh Nai2 tinggal di rumah belakang. Waktu itu Papi ga mau, gengsi coyy... Maunya di Grogol ajah, di rumah Opa (papinya papi, soalnya kan sendirian, ga ada orang). Ternyata, pada kenyataannya, untuk saat sekarang ini, ini menjadi berkat tersendiri. Kalo pagi ada papi di rumah. Siang, BS ama Axel di rumah Nai2 sampai mami pulang. Jadinya tenanggg... ada Nai2 ama Athay yang ngawasin BS. Jadi ga bisa sembarangan.

Balik lagi nih ke permasalahan wanita karier. Mami lagi bingung nih. Kalo next year Axel sekolah, gimana yah? Kasian amat. Mestinya kan ditungguin maminya ya. Adu, Nak. Mami harus kerja. Mami pengen sih nungguin Axel, cuma masa mami brenti kerja. Nanti ga cukup buat bayar uang sekolah. Uhm.. paling dianterin papi yah. Tahu ga, Yeye dari pas Axe baru lahir, udah claim duluan sih, bahwa blio yang akan nganterin Axel sekolah. Yeye baik yah.

Kamu ingat ya Nak, mami kerja bukan sengaja mau ninggalin kamu. Mami terpaksa, supaya kamu bisa hidup berkecukupan. Mami janji, mami akan nyediain waktu SELALU buat kamu. Kalo wiken, mami milik kamu 24 jam. Cepet gede ya, cepet bisa ngomong, nanti mami beliin HP, biar kamu bisa nelpon mami, cerita semua kegiatan kamu, curhat masalah2 kamu. Mommy loves you.

Wahai para full time mother (apalagi yang ga pake BS), berbahagialah kamu karena kamu punya kesempatan untuk menikmati setiap detik perkembangan buah hatimu. I am sooooo jealous on you.



Maybe one day i will be bolkus specialist ya. Ini dibuat semalam. Resepnya nanti deh kalo udah berhasil bikin yang bener2 bagus. :p

Tidak ada komentar:

Posting Komentar