21 November 2008

I MADE IT, finally.. (fiuh!!)

Yes! Yes! YES!
I made it. Akhirnya berhasil juga bikin bolu kukus yang mekar megar merekah. Kalo sampe semalam bikin, kagak jadi juga, gue bisa depresi beneran dah. Lha wong seharian di kantor, mikirinnya cuma.. kenapa bolu gue jadi kagak bisa megar, kan beberapa kali bikin juga bisa mekar. Kenapa 4x terakhir kagak mekar2.

Sekarang gue rasa nih, ngocoknya kelamaan. Udah pake SP, pake baking powder, ngocoknya kelamaan kali ya. Dulu gue pernah baca, kalo kue yang dipanggang, memang harus dikocok ampe lama, tapi kalo terlalu lama juga bisa bikin bantet. Maybe ini yang terjadi pada bolu gue.

Waktu pertama kali bikin, suster kan cuma 1, jadi bikinnya ngebut. Sekarang suster ada 2, jadi ngocoknya lebih lama, dengan harapan lebih ngembang, ternyata kelamaan. hehe.. kadang2 si suster yang lama suka bantuin sih. Jadi dia yang ngocok, gue makan dulu atau nyiapin peralatan.

Di Dandang

Di Piring. Fufufu.... Hepi.. Hepi.. Hepi...
Ini resepnya yah.
Dimodified dikit. Basicnya resep Mbak Inong.
1 butir telor kampung (lebih lembut daripada telor negeri)
125 gr tepung terigu
1 sdm baking powder
100 ml santan/ soda/ susu UTH (aslinya sih santan/ UHT. Cuma gue pake santan campur coca cola, pas kebetulan adanya coke. Pake santan doank atau susu doank juga boleh)
100 gr gula pasir
1 sdt SP
1 sdt Vanili
1/4 sdt Garam
Bikinnya:
1. Kalo Mbak Inong, semuanya digabruk jadi satu, dikocok ampe kental.
Kalo cara gue, telor ama gula kocok dulu 3 menit, baru tambah bahan cair, aduk2, tambahin lagi terigu dan kawan2 sisanya, kocok kira2 10 menit aja dengan kecepatan tinggi. Kayanya kalo pake susu, hasilnya lebih lembut, kaya makan permen kapas. Kalo pake coke, hasilnya padat. Makan satu juga kenyang.
2. Taro deh di cup bolkus yang udah dialasin kertas roti. Yang belum pernah liat cup bolkus, cup-nya dari bahan kaya seng gitu, banyak bolong2nya.
3. Dandangnya udah dipanasin dulu sebelumnya ampe uapnya banyak. Tatakan di dalam dandang untuk taro cup juga harus bolong2. Keliatan ga tuh di gambar di atas? Iya, harus bolong2 juga supaya uap yang naik banyak dan menekan adonan bolu ke atas. hihi.. ngomongnya gaya kaya yang udah expert aja yah...
Selamat mencoba deh. Ini resep murah meriah. Dengan modal 5000, bisa dapet sekitar 6-8 biji tergantung adonan. Kalo gagal, gue juga ga bisa nolong. Abisnya kemaren juga gagal tuw. Tapi anyway by the way busway, kalo mau curhat kalo kuenya gagal, PM aja disini. Gue mah kayanya lebih senang berkreasi di pudding yah. Cuma 2 macam jelly dicampur dihiasin pake buah atau nata de coco ajah udah enak banget dan warnanya indah. Yang penting tampangnya harus nafsuin dulu, rasa nomor dua (hohoho... merry X'Mas).
Mami lagi heran yah. Suster Ika (yg baru), udah seminggu lebih di rumah. Tapi Axel masih belum akrab2 banget ya ama blio. Teteeeep ajah demen banget ama Mami n suster Asih. Mana kemaren seharian cengeng banget. Maunya banyak dan harus diturutin. Kalo ga kesampaian, wahhh... jerit2 nangis bercucuran air mata.
Semalam, HP mami dibanting. Sengaja tuw. Dijatohin ke lantai ampe baterei berhamburan. Mami marahin. Nakal. Eh, kagak diapa2in, cuma diomelin doank, dibilang nakal doank, si Axel nangis jerit2 dengan bibir dower begitu. Jelek banget. Sambil mulutnya cucut, "huhuhu". Oalahhhh......

1 komentar:

  1. waaaah.. bolkusnya kerenn..
    gua baru aja bikin nih dan... gagal!!!
    Hehehe....

    BalasHapus