12 Agustus 2009

Bikin Pasport

Udah beberapa lama gue denger, bikin pasport sendiri itu ga susah kok. Yang penting memang harus sabar, soalnya kan ngantri. Belum lagi nanti diselak2 calo. Tapi ya, pemerintahan kita ceritanya mau berkembang ke arah yang lebih baik.

So, menjelang niat mau jalan2 ke Singapore ama Malaysia nih, gue nekad coba2 bikin passport sendiri. Toh waktu kuliah itu, pas daftar kuliah, terus ngurus bayar2 juga ngantri kok. Ga mungkin lebih parah dari itu, soalnya dulu ya, gue ngurusin kuliah di Untar, harus nyebrang bolak balik jembatan antara Untar I dan II berkali2. xixii...

Si Sonny sih maunya nyuruh orang ajah. Biayanya Rp 1,1 juta rupiah untuk Sonny ama Axel. Waktu itu karena sibuk, gue udah okein tuh. Lha gue pikir, kalo dia berasa punya duit, biarinin ajah. Untungnya, si calo itu ada urusan ke LN, jadi dipending semingguan. Pas hari Senin minggu itu, gue kebetulan sempet. Jadi tanpa perencanaan, langsung ajah gue ke Kantor Imigrasi Jakarta Pusat. Dengan surat2 ala kadarnya, berbekal hasil postingan blog orang lain yang katanya, surat2 yang kurang bisa menyusul pada saat wawancara. Aha.. kalo bisa sih ya, surat2nya yang komplit ya, soalnya untuk masukkin surat2 ini, gue agak dikerjain, ternyata ga bisa disusulkan bokkk...

Prosesnya sendiri sebenarnya ga ribet yak. ASAL SURAT2 LENGKAP. Kalau bisa, datangnya jam 7.30 udah sampe sana. Terus lama waktu ngantrinya itu, kurang lebih 1 jam deh, diitung dari jam 8, pasti jam 9 udah kelar.

Ya udah deh, gini nih caranya.

DATANG PERTAMA:

1. Langsung ke Koperasi beli formulir, bayar Rp 5000. Letaknya dari pintu masuk, langsung belok kanan, sejajar dengan pintu masuk.

2. Isi Formulirnya. Kalo males isi formulir di sini, bisa langsung isi dulu via http://www.imigrasi.go.id/. Jadi nanti dateng tinggal ngantri kasih dokumen ajah.

3. Dokumen yang perlu dipersiapkan adalah:
a. Fotocopy KTP
b. Fotocopy akte lahir
c. Fotocopy Kartu Keluarga
d. Fotocopy Surat Kawin
e. Fotocopy WNI (biasanya kalo umuran kita ini, ga punya WNI, punyanya K-1 yang diterbitkan berdasarkan surat WNI ortu kita, makanya kita harus bawa juga FOTOCOPY WNI ORANG TUA)
f. Surat rekomendasi (contohnya gue ampirkan di bawah ya. Harus dibikin ada tulisan Kepada Yth Kepala Imigrasi bla bla bla)

Tambahan untuk bayi:
g. Surat Pernyataan Orang Tua (beli di koperasi Rp 7000, udah included meterai)
h. Fotocopy Passport Orang Tua
i. Fotocopy KTP Orang Tua
j. Kalau ortu belum punya passport, beli Pernyataan Orang Tua Belum Punya Passport di koperasi (Rp 7000, included meterai)

JANGAN LUPA, SEMUA SURAT ASLI HARUS DIBAWA YA.

4. Kalau kita datangnya jam 8, dan mesin antrian udah nyala, sebaiknya sebelum isi formulir, ambil nomor antrian dulu, baru isi formulir.
Kalau kita datangnya sbelum jam 8, dan pada saat selesai isi formulis, mesin antrian belum nyala, tumpukkin aja map kuning yang kita beli di meja kayu di depan mesin antrian, nanti kalo mesinnya udah nyala, ada petugas yang ambilin antrian, dan jepret kertas antrian di map kita. Terus nanti map-nya akan dikembalikan ke kita.

5. Duduk, nunggu dipanggil nomornya. Ada 3 loket tersedia untuk masukkin formulir, tapi kadang2 diselak ama calo. Mestinya sih kalo dapet nomor 1-15, sekitar 8.30 udah dipanggil.

6. Kalau surat2 lengkap, nanti kita dikasih selembar kertas dengan tanggal untuk wawancara. Gue sih dapetnya 1 minggu setelah tanggal penyerahan dokumen. Untuk wawancara dan foto ini, ga harus sesuai tanggal tercantum kok. Boleh ajah SETELAH tanggal tersebut, tetapi tidak bisa sebelum tanggal tercantum.

DATANG KEDUA KALI:
JANGAN LUPA, BERKAS ASLI JUGA HARUS DIBAWA YA.

1. Ambil nomor antrian kalo mesin antrian udah jalan. Kalo belom, taro ajah kertas putih yang kita dapat pas datang pertama itu di meja kecil depan mesin antrian. Nanti dipanggil ama petugas antrian kalo mesinnya udah jalan.

2. Kalo udah dapet nomor antrian, ambil kertasnya dan taro di loket sesuai dengan loket yang dulu melayani kita pas masukkin formulir.

3. Tunggu dipanggil nomornya di loket tersebut, ini ceritanya mau ngecheck sekali lagi apakah ada kekurangan data dll dll

4. Kalo udah beres, duduk ajah, nunggu lagi nomornya dipanggil di LOKET KASIR. Siapin duit Rp 240 ribu ajah dan bayar deh di kasir.

5. Kalo udah bayar, duduk ajah yang manis. Nanti dipanggil sama bagian foto.

6. Udah di foto, duduk manis lagi, nanti dipanggil sama bagian wawancara.
Tenang ajah, dipanggilnya pake speaker kok, jadi buat yang budeg2 (contoh: GUA!!!) juga tetap kedengeran.

7. Kelar wawancara, dikasih kertas lagi untuk pengambilan passport.

Untuk pengambilan passport, sesuai tanggal tercantum, cuma bisa diambil jam 15.00-16.00. Tetapi kalo diambilnya sesudah tanggal tercantum, bisa diambil dari pagi.

Contoh surat rekomendasi:

Jakarta, 3 Agustus 2009

Kepada Yth,
Kepala Kantor Imigrasi Jakarta Pusat
Jl. Merpati Blok B12/ 3 Kemayoran
Jakarta Pusat

Dengan hormat,

Bersama ini kami menerangkan bahwa :

Nama : Sonny Wijaya Kusuma
No. KTP :

Alamat :

Adalah benar karyawan di perusahaan kami dan sudah bekerja sejak tahun 2001 sebagai Manager Penjualan.

Surat Keterangan ini dibuat untuk keperluan pengurusan passport RI yang bersangkutan diatas.

Demikian Surat Keterangan ini kami buat untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.


Hormat Kami,
Tony Hartono
Pemilik

Surat rekomendasi ini dibuat di atas kop surat perusahaan, dengan cap perusahaan. Jangan lupa, pekerjaan kita HARUS SESUAI DENGAN KTP. Misalnya si Sonny nih, kan sekarang wiraswasta, tapi di KTP karyawan. Akhirnya bikin deh jabatannya sebagai karyawan. Kalau misalnya ga sesuai, maka harus minta surat dari kelurahan yang menerangkan bahwa kita adalah wiraswasta, bukan karyawan. Atau misalnya ibu2 yang tadinya kerja, sehingga di KTP tercantum Karyawati. Terus berubah jadi FTM, maka dia harus ke kelurahan minta surat keterangan yang menerangkan bahwa si ibu ini sekarang adalah Ibu Rumah Tangga dan bukan karyawati lagi.

Nah, teman teman. Ayo bikin passport sendiri. Hihihi... Memang sih ngantri, tapi waktu ngantrinya masih wajar kok, ga perlu sampe bolos kerja kok (malah lebih lama ngantri imunisasi dokter anak lhooo). Paling cuma ijin aja. Jam 10 juga udah sampe kantor. Ijin 2 jam doank. Daripada duitnya buat calo. Rp 240 ribu banding Rp 600 ribu. Pilih yang Mana??

14 komentar:

  1. wah el...thanks banget infonya..bguna nih..hehe secara gue jg lagi bikin...jd u dah wawancara?td gue telp imigrasi yg angkat malah bapak2 nawarin jasa khusus..heheh..tar d senin gue coba..sekhusus apaa..bis jalur biasa takut jg ya..takut lama..secara gue dah mau jalan2 gt...hikssssss.....kl buat axel gmana?u bikinin skrg jg kan?ada step2nya ga?thnx lo

    BalasHapus
  2. @Santi: Yahh.. San. Kan itu bikin buat Axel ama Sonny, barengan. Tuh kan ada gue kasih DOKUMEN TAMBAHAN BUAT BAYI. :p Xixii... coba dibaca lagi pelan2. Lu perginya kapan?? Tanggal berapa? Gue bikin waktunya sekitar 2 minggu dari tanggal penyerahan dokumen.

    BalasHapus
  3. Elsieyy...heheheh waktu itu gue dibikinin ama kantor sihh jadi terima beres aje...tapi berguna banget informasi dari elu nih khususnya yang buat baby...(rencananya mau bikin juga buat si michael...heheheh)

    BalasHapus
  4. @Keyne: ENAKNYAAAAA...... seandainya aku juga dibikinin kantor. Wakaka...

    BalasHapus
  5. betull... bikin sendiri ajaaa..

    BalasHapus
  6. Wah kebetulan neh passport gua juga baru expired. Dulu juga gua bikin sendiri tapi di imigrasi Bogor. Sekarang sih dah punya KTP Jakarta. Btw El, kantor imigrasi Jakarta Pusat itu dimana sih? Di Jakarta Barat ada ga kantor imigrasinya? gua juga mau bikin neh. Sekalian ama dhea

    BalasHapus
  7. @Xiao: Setujuuu...

    @Eny: Kantor imigrasi Jakarta Pusat tuh di daerah PRJ En. Tahu Graha Angkasa Pura ga? Yang suka dibuat tempat kondangan tuh, nah, ini di blok sebelahnya. Coba dulu dari website En, ada alamatnya yang jelas.

    BalasHapus
  8. hehehehee... gue juga sama ama Keyne, El. Dibikinin kantor
    cuma tinggal dateng, buat foto ajah
    kalo gue mau bikin sendiri, kantor malah bingung sekalian curiga, mau jalan jalan di jam kerja ya...??
    hohohohoho

    BalasHapus
  9. Oh, gampang toh. Pikir gua ribet makanya selama ini pake calo travel aja. Thanks infonya:)

    BalasHapus
  10. wah hebat lu el... rajin ya... hehehe

    BalasHapus
  11. @yenny: Yah.. lu mah enak, emang kerjaannya kudu jalan2 ke luar negeri sihh.. :p

    @Arman: Haha.. bukan rajin Man. Ga rela ajah duit gue diterkam calo. Wakakka..

    @Elisa: Weelll, ga ribet kok El. Yang penting dokumen lengkap. Cuma ya kudu pagi2 ajah. Ama sediain waktu ngantri 1 jam-an deh.

    BalasHapus
  12. Gga pernah tuh kita buat sendiri, selalu pake calo. Ternyata gampang yah. Maklum jaman dulu udah pake calo juag tetep aja petugas imigrasi suka ada yg macem2 banget. Nyari2 alasan spy dapet uang rokok kali yah

    BalasHapus
  13. @Sylvia: Haha.. mungkin pas gue juga beruntung nih Syl. Soalnya si Shanti - mamana michael coba bikin lewat website-nya imigrasi, tapi mungkin karena koneksinya kurang cepat, gagal melulu. Then, dia telpon ke kantor imigrasi, malah ditawarin untuk dibantuin ngurusin. Wakkaka...

    BalasHapus
  14. el,wah ini info hebat nih, biar pengiritan urus sendiri ajah ya.wekeke..thx yoo.pasport dewasa di urus agen 600rb booo..ckckck.

    BalasHapus