24 Agustus 2009

Strawberry Cheese Cake

Gara2 ke nemenin Nai2 ke Hypermart and liat strawberry 1/2 kg cuma 15 ribu, langsung deh terinspirasi bikin Cheese Cake. Hari sebelumnya sempet beli Whipped Cream, 1 liter cuma 35 ribu merek Roselle. Murah ya. Tapii.. kelupaan, kalo Cheese Cake itu ya kudu pake Cheese Cream. Bingung juga, mau beli yang bagaimana. Akhirnya beli merek Yummy Light Cheese. Mungkin karena light ya, kata Sonny, kejunya kurang berasa. Tapi gue doyan sih, karena ga terlalu enek. Kulitnya gua masih ketebelan kayanya. Dan menteganya kebanyakan.

Resepnya dari mamana si Luna Jovan Bass. Daaannn... tentu saja seperti biasanya, resepnya gua permak abis sesuai dengan bahan yang tersedia di rumah. Wakkakaa.....

Resepnya nih (modified)
Bahan alas:
75 gr mentega tawar dingin
1/4 sdt garam
1 kuning telur
25 gr gula tepung
150 gr tepung terigu protein sedang

bahan isi:
250 gr cream cheese, diamkan suhu ruangan, lembutkan (pake pas 1 mangkuk beli)
1/8 sdt garam
1/2 sdm kulit jeruk lemon (kagak pake)
100 gr gula pasir halus
3 butir telur
75 gr krim kental
1/2 sdm air jeruk lemon
1 sdm terigu Cakra Kembar

bahan topping:
300 gr strawberry, belah dua
65 gr selai strawberry
3 sdm air

cara
1. Alas: campur mentega tawar dingin, garam, kuning telur, gula tepung dan tepung terigu. Aduk rata

2. giling tipis adonan. Pipihkan di loyang pie diameter 24 cm dan tinggi 3 cm

3. tusuk tusuk dengan garpu, ini tujuannya biar waktu dikasih toping dan dipanggang, topingnya ga menggembung (kayanyaaaaaa... tapi gue ga yakin juga). Oven 20 menit 170 derajat C sampai setengah matang. Dinginkan.

4. Isi: kocok cream cheese, garam, kulit jeruk lemon dan gula pasir halus asal rata. Masukkan telur. Kocok rata

5. tambahkan tepung terigu, krim kental dan air jeruk lemon. Kocok perlahan. Tuang di atas adonan alas

6. Oven 15 menit dengan suhu 170 C. Turunkan suhunya 150 C. Oven lagi 40 menit sampai matang. Keluarkan dari oven dan dinginkan 15 menit di suhu ruangan

7. Topping: panaskan selai strawberry dan air sampai larut. Matikan api. Tambahkan strawberry. Aduk rata

8. Sendokkan topping di atas cheese cake. Dinginkan sampai dingin betul sebelum dipotong

sumber: majalah Sedap

4 komentar:

  1. Kok murah sih cuma 35 ribu, terakhir g beli masih 50 ribu.... enaknya.... sisanya bisa buat masak spagheti cream tuh.....

    BalasHapus
  2. @Liza: HAH!! gua udah masak spagetthi 3x, masak seafood chowder seember, bikin cheese cake, bikin roti goreng (santannya gua ganti whipped cream), tetapiii.... tuh cream KAGAK ABIS2. Mulai stress gua. Nyesel banget beli 1 liter. cuma ya, kalo beli yang kotak kecil, kagak berasa, buat masak sekali udah abis. :p

    BalasHapus
  3. elce, pernah gue cobain pake cream cheese 100%, pernah juga gue campur cream cheese dgn yummy tuh
    emang sih beda rasanya
    lebih cheesy pake cream cheese semua
    tapi ga terlalu berasa bedanya koq
    hehehehehe

    BalasHapus
  4. Ou, kayaknya enak ya El..kapan ya gw punya Oven!!!??!!

    BalasHapus