24 Agustus 2009

RIP: My Father in Law

Salah satu ranjau rumah tangga, menurut gua, adalah hubungan dengan keluarga pasangan. Ada yang dengan mertua cewek, ada yang dengan mertua cowok. Ada yang dengan kakak atau adik ipar.

Puji Tuhan, semuanya ga terjadi sama gua. Yahh.. kalo sebel2 dikit sihhh.. okelah. Soalnya sama adik kakak kandung sendiripun, pasti pernah sebel2an. Iya kan?

Keluarga Sonny tuh keluarga besar. Waktu pertama baru kenal, gua udah tahu kalo si Opa ini punya istri banyak dan dulunya bekas orang kaya banget. Rumahnya yang di Grogol jgua gede banget, walaupun sekarang udah bocor sana sini. Maklumlah, udah rumah tua banget.

Pertamanya sih gue sempet shock juga. Kira2 2 bulan sebelum gue merit, ada undangan merit yang datang. Tulisannya, putra bungsu Tn. ... .. (namanya si FIL). Lha, laki gue juga anak bungsu. Ini yang mo merit juga anak bungsu. Teruss.. di rumah juga suka kedatangan anak kecil umur 11an, ngakunya juga anak Opa. Berarti FIL at least punya 3 istri donk?

Tapi gue juga ga berani nanya2. Kebetulan si Sonny juga tipe yang ga banyak omong, dan ga mau nanya. Gue juga paling berani nanya ama si Sonny doank. Kalo doski ga jawab, ya sutralah. Lagian juga ya, itu urusan masa lalu. Mungkin aja dulu dia belum bertobat, terus kalo sekarang mau bertobat, memangnya istrinya mau diceraiin? Kan engga kan? Well, pemikiran seperti ini sih baru gue dapatkan saat Opa meninggal. Dulu2 sih, gue sebel banget. Gue bener2 ga bisa terima prinsip Poligami. Tapi akhirnya saat mau tutup peti, gue sempet berdoa dan minta maaf sama Opa. Kenapa? Karena pada saat di rumah duka, ada kejadian2 yang membuka mata gua.

Opa memang istrinya banyak. Kehidupan mereka di masa lampau, gue juga ga tahu, soalnya kan gua baru bareng si Sonny 5 tahunan. Kesedihan anak istrinya, gue juga ga tahu. Saat di rumah duka, baru deh gue liat sodara2 tiri Sonny dan satu dari istrinya Opa yang masih hidup. Kalo maminya Sonny kan udah meninggal waktu gue baru kenalan ama si Sonny. Terus maminya si Jammie (anak kecil yang suka ke rumah Opa) juga katanya sudah meninggal.

Terus ya, di rumah duka itu, kok ya semuanya juga kayanya akur ya. Dulu2nya sih ga tahu deh ya. Tapi sekarang ini, bener deh, gua liat mereka akur. Itu membuka mata gua, ternyata kepergian Opa kok membawa hikmah bagi semua ya.

Sampai kebaktian syukur kemarin, salah satu ipar gua bilang ke anak2 Opa yang lain, mulai sekarang, setiap tahun harus ngumpul di Grogol, at least waktu SinCia. Terus juga bilang, biarlah kita lupakan semua kesedihan kepahitan di masa lampau. Biarlah yang diinget tuh yang manis2 ajah.

Semasa hidupnya, memang gua juga ga deket sama Opa. Gue cuma sempet tinggal sekitar 1 tahunan tinggal bareng si Opa di Grogol. Selama itu sih, yang gue tangkep, si Opa ini orangnya ga mau diem. Adaaaa ajah yang dikerjain. Terus ya, walaupun dia istrinya banyak, tapi dia sayang sama semua anak2nya. Bahkan gua sempet denger cerita penuh kasih dari anak ceweknya dari istri keduanya. Jadi gue tambah terbuka lagi. Don't judge the book by it's cover. Mungkin aja si Opa poligami, tapi dia dekat kok dengan anak2nya. Tapi kalo mau jujur ya, cerita aslinya bagaimana sih gua ga tahu. Ini cuma kesimpulan gue dari cerita2 di sekitar gua selama berada di rumah duka dan hikmahnya adalah, membuat gue bisa merubah pandangan gue selama ini.

Puji Tuhan, sekarang Opa udah seneng ya si Surga. Sampai detik terakhir, Opa sudah menerima Tuhan dan menyebut Tuhan Yesus. Kata Opa, Opa mau jalan2. Kan Opa memang suka jalan2. Selamat Menikmati ya. However you are, whatever you are, you are still our father. We loves you.

16 komentar:

  1. Turut berduka cita yah El semoga luarga yg ditinggalkan diberi ketabahan n kesabaran .
    Yah emang gitu kalo org nya dah pergi baru deh yg ditinggalkan merasa bisa akur , soalnya mereka baru merasa senasib keilangan org yg mrk cintai !

    BalasHapus
  2. l, turut berduka cita yaa...pantes ga ada postingan akhir2 ini...
    btw meninggalnya sakit apa?

    BalasHapus
  3. Turut berduka cita juga ya, semoga keluarganya tabah n akur2 aja... trus mudah2an bgt ga berebut harta warisan *gue paling takut yg beginian*.... :(

    BalasHapus
  4. Turut berduka cita ya.
    Semoga akur terus dengan sodara2 semuanya.

    BalasHapus
  5. our deepest condolence ya el buat loe&sonny&keluarga...

    BalasHapus
  6. @veny: Thanks Ven.

    @KD: Thanks Kar, emang udah tuwir. Ampir 80an.

    @Debby: Thanks Deb. Untungnya si Opa orangnya adil ya, semua istrinya udah dibeliin rumah sebiji2. Jadi rumah yang di Grogol untuk istri tuanya alias MiL gua.

    @Xiao: Thanks and aminnn..

    @Tine: Thanks Tin.

    BalasHapus
  7. Turut berduka cita ya Opa.. rest in peace with Lord Jesus.. Smg keluarga yg ditinggalkan rukun2, damai, en makin akrab smua..

    BalasHapus
  8. turut berduka cita ya el..
    may he rest in God peace..

    BalasHapus
  9. Iya sih El, kadang mang poligami itu susah dimengerti.... bisa jadi bagus, bisa jadi jelek....

    G sendiri korban poligami yg jelek, tapi mami angkat g sendiri objek pelaku poligami yg baik.

    Yah kita ambil hikmahnya aja.... dan pengalaman ke depan.....

    BalasHapus
  10. Turut berdukacita ya. Emang kalau udah ditinggalkan kita lebih bisa ngerasa kebaikan almarhum.

    BalasHapus
  11. Turut berduka cita El, Opa pasti sudah tenang & tersenyum di sana melihat keluarganya akur2 aja, smoga akurnya juga ampe nanti2nya yah :D

    BalasHapus
  12. ikut berduka cita ya el...

    trus anaknya yang masih 11 tahun itu siapa yang ngerawat jadinya el? kasian juga ya.. masih kecil..

    BalasHapus
  13. @Mei: Thanks Mei

    @Hanny: Thanks Sis

    @Liza: Iya Liz. Kemarin juga dipesenin, jangan tiru poligaminya, tiru keuletannya, kesabarannya. lagian mungkin orang dulu mah udah biasa kali ya. Kakek gue sendiri punya bini dua, karena keadaan memaksa. Satu di China, satu lagi di Belitung.

    @Elisa: Ho oh ya, lis

    @Yenny: Iyah. Thanks Yen

    @Arman: Hihihi.. mau lu angkat adek, Man? Seneng juga lho punya koko keren kaya lu. wakkaka... Anyway, sekarang umur dia udah 16an donk. Kan waktu gue pertama ketemu, dia baru 11an. Skg kan gue udah jalan 5 tahunan ama laki gua. Kemaren duit sisa angpao, kita kasih ke dia kok. Sekarang ini dia dipiara tantenya, karena maminya kan juga udah meninggal. Untuk ke depannya, kalo kita ada rejeki, pasti kita bantu dia at least untuk sekolah kok.

    BalasHapus
  14. turut berduka cita yah ci...

    btw..kung" gw jg bininya 2..yg 1 di china..yg 1 lg diindo..gw jg awalnya gak tau..tp pas emak gw kesana..emak gw cerita katanya msh ada sodara disana..tp gw ajah gak pernah ktm mereka...

    BalasHapus
  15. el, walau dah sms lo ... tetep ... ga sreg kalo ga di blog
    eh, gue sih juga kaga setuju poligami then agama gue jg ga memungkinkan
    but ga berarti org yg poligami, punya jalan pikiran yg "kaga bener"
    hehehehee.. bingung yak
    rest in peace buat opa ya...

    BalasHapus
  16. turut berduka cita ya El, thank u untuk sms2 bantuan dr lu waktu gw di jakarta..i appreciate it so much, thank u ^^

    BalasHapus