16 Maret 2009

BeaSiswa Monbukagakusho

Yes, hari ini gue mau dengan bangga menceritakan adik gue yang saat ini lagi skul di Jepang dengan beasiswa dari Dep. Kebudayaan Jepang.

Terus terang, gue ini dari keluarga agak kolot, dalam artian kurang informasi. Dulu pas Om gue kepengennnn banget kuliah, kira2 15 tahun yang lalu, ga pernah kepikiran untuk cari info mengenai beasiswa. Mungkin jaman itu juga masih jarang ya.

Terus pas gue mau kuliah, tahunya juga cuma kuliah ekonomi di Untar atau Trisakti. Lagian juga gue agak OOT. Jadi susah juga kali kalo mau cari beasiswa. hehe..

Nah, adik gue yang bungsu ini, 12 tahun younger dari gue. Umurnya tahun ini baru 18 (kalo ga salah, hihi..). Dia memang termasuk siswa berprestasi dari kecil. Pas masuk TK, bayar uang pangkal, terus juara terus di kelas. Masuk tahun kedua TK, udah ga pernah bayar uang sekolah lagi sampe lulus SMP, soale kalo juara kelas, uang sekolah tahun berikutnya free of charge. Hebat kan??

Waktu di SMP juga, sering banget ikut lomba2, tapi ga pernah menang. Bukan karena dia ga pinter, tapi karena memang materi yang diajarkan ga cukup dalam. Akhirnya untuk SMA, dia sendiri yang minta pindah ke BPK Penabur.

Waktu SD-SMP, aduu.. nih anak kagak pernah keliatan belajar. Dia bilang, waktu di sekolah pas diajarin ama gurunya, dia udah nyimak baik2. Jadi di rumah, malesss kalo ngulang2. PR juga udah kelar di sekolah. Hoho.. tapi jangan bayangkan dia sebagai anak yang kutu buku, pake kacamata pantat botol, ga gaul dan kuper. Waa... bayangan itu jauh banget dari dia. Dia ini anaknya gaul, temennya segudang, doyannya main PS ama komputer (jaman sekarang kan jamannya DOTA ya).

Jaman SMA, tahu donk, Penabur terkenal karena suka ikut Olympiade Sains. Adek gue ini ikut, tapi ngambilnya Biologi. Soale mau ikut yang Matematika atau Fisika, udah full. Memang yang wanginya paling santer kan Mat dan Fis. 3 tahun di SMA, boleh dibilang, dia cuma skul serius tahun ketiga doank. Tahun pertama dan kedua, dia sibuk ikut pelatihan untuk olympiade. Karena olym inilah, dia jadi demen banget ama biologi dan akhirnya memutuskan ambil Teknologi Pangan untuk kuliahnya.

Waktu ikut Olym, dia dapet Gold Medals dan dapet beasiswa dari Sampoerna Foundation. Dia sempet kuliah 1 tahun di ITB. Cuma memang dia kepengen banget kuliah di Jepang. So, dia memang sudah lama cari2 informasi mengenai beasiswa Monbukagakusho. Hanya saja, waktu seleksi masuk untuk Monbu memang ga bertepatan dengan lulus2an. Jadi dia harus nunggu ke tahun berikutnya, baru bisa ikut seleksi.

Beasiswa Monbukagakusho ini boleh dibilang salah satu beasiswa yang paling diperebutkan lho. Why?? Soalnya itu full scholarship. Hohoho... Untuk tahun pertama, kita dapet 134.000 yen. Kalo pake kurs Rp 120, berarti sekitar 16 jutaan. Sedangkan untuk biaya hidup (according to adek gue lho), untuk makan sama kost dan hidup ngirit2, cuma sekitar 8 jutaan. Jadi kita bisa hidup cukup leluasa di sana.

Proses seleksinya ketat banget, tetapi Tuhan kayanya membuka jalan banget. Mulussss banget. Sampe kita ga nyangka bisa dapet. Yang diseleksi tuh 10 ribu lebih lhooo dari seluruh Indonesia... Yang terpilih?? Untuk program S1 cuma 6 orang bow. haiyaaa... Hebat kan adek gue?? Tapi ini semua tetap Tuhan yang buka jalan. Kalau Tuhan ga campur tangan, ga mungkin banget dehhh...

2 hari yang lalu, adik gue baru menyelesaikan 1 tahun pertamanya belajar bahasa Jepang di Tokyo. Terus tanggal 20an ini bakalan pindah ke Fukuoka (bener ga sih??) untuk mulai kuliah teknologi pangannya. Liat nih videona disini. Adek gue yang paling kiri. Cakep yaaaa....

Anyway, gue rasa seiring dengan perkembangan jaman, ga usah takut lagi ga ada biaya untuk mereka yang merasa pandai, tetapi tidak punya biaya. Banyak banget beasiswa yang tersedia dari seluruh dunia. Tinggal kita rajin2 nyari dan milih ajah. Memang rata2 beasiswa yang diberikan cuma untuk kuliah doank, jadi tetap harus keluar duit sendiri untuk biaya hidup. Tapi mending kannnn, daripada ga ada sama sekali.

To Hiin, sukses ya Bro. Please koreksi di comment kalo ada info yang ngaco. Loves You.

17 komentar:

  1. Wahhh hebat ya el ade loe,loe + ur family :) pasti bangga bgt deh...

    Btw loe emang brp bersaudara? Bedanya jauh jga ya...

    BalasHapus
  2. komen gue :
    1. walah...sama toh kita..punya adek yang beda umurnya jauh sama kita. Kalo adek gue bedanya 13 tahun di bawah gueee... (nyokap gue kecolongan, harusnya gue yang jadi anak bungsu tuhhhh...hihihiii)

    2. ck ck ck... adek lo canggih bgt ya otaknya El...mantappp!!

    BalasHapus
  3. @Tine: gue 3 sodara. gue paling gede. Yang tengah cowok juga, udah umur 28, masih single nih. Ada calon ga?? wakaka...

    @Keyne: Iya Ne. Dia kebanggaan keluarga kita. :) Dulu waktu ngandung dia, emak gue total bed rest karena jatuh. Terus hampir ajah digugurin, soalnya emak gue hampir ga kuat nahan sakitnya. Akhirnya dia lahir agak prematur deh. Delapan bulanan udah keluar. Kalo kata emak gue sih, kayanya waktu di perut, dia kebanyakan makan vitamin tuh, kan emak gue diinfus, minum obat dll dll. ahahha..

    BalasHapus
  4. El, anak prematur kalo ga telat banget, jadinya pinter banget.
    Boleh jadi adik lo jadinya yg pinter.
    Aih, lo punya adek cowok yg masih single ...? adek gue cewek2 jg masih single tu
    hahahahahaa...

    BalasHapus
  5. waduh, jadi terharu bacanya hahaha.

    ane tahun ini 19, jalan 20 tahun..
    prnya kelar di sekolah sih, tapi besoknya, alias bikin pagi2 ^^

    terus gw lupa kok gw bisa masuk smak 3 yee..kalo nggak salah mami yang nyuruhh..

    ane kuliah 1 semester di IPB..

    yang dikirim ke tokyo untuk program s1 tahun gua memang 6 orang, tapi sebenernya ada 4 orang lagi dikirim ke osaka, jadi total untuk program s1 tahun gua ada 10 orang. tahun ini malah cuman ada 4 orang...

    iya bener, fukuoka. mungkin gw akan ambil biotek sih, cuman penjurusannya yang lebih ke pangan mungkin, tapi nggak tau sih, ntar liat aja di sana gimana jadinya.

    thanks ya, iya, tenang aja, gw berusaha dengan baik koq di sini ^^

    BalasHapus
  6. waaahhhh...ade lu kerennn..gw pgn bljr lg pas kita udah pindah ke jepang tapi kendalanya di bahasa..btw, hari ini ken and kai imunisasi..gak tega bgt gw.pas disuntik, mereka nangis kejer gitu..ken paling kenceng..kai kaget gitu soalnya dia lg tdr..pas di cek ma dokternya, diapa"in juga gak bgn..dia kebangun gara" disuntik..tapi abis itu tidur lagi..hehehe..

    BalasHapus
  7. duh, itu jadi kayak orang Jepang semua ..;)
    Salam kenal ya, mommy axel namanya siapa nih?
    Ya boleh tukar tukar link..
    tambah teman
    sukses terus buat adiknya ..., semoga salah satu anakku bisa kayak adik kamu nih ;), maunya..amin.... kamu pantas bangga sama dia.

    BalasHapus
  8. wah hebat adik lu!! salut berat!!

    gua tau lah gimana susahnya nembus scholarship ke luar negeri itu karena kan peminatnya buanyaaaakkk banget!! gua pernah sekali ikutan AUS aid. Tapi ya gagal tentunya. hauhaha. gak apa lah gagal, kalo gua beneran ke australi gak ketemu esther dong ya? :P huahahhaa...

    pokoknya salut dah buat adik lu! moga2 sukses terus yaaaaa...

    BalasHapus
  9. @Yenny: waaa... yukk.. kita kenalinn.. hehe.. Gue udah depresi nih cariin dia temen2 baru. Dia sih lulusan S1 komputer, cuma udah 2-3 tahun terakhir ini bantuin bokap gue di toko. Lha tokonya rame, sayang kalo ga ada yang nerusin. Kalo di toko, kan ketemunya sama abang2 tukang rokok, mbak2 beli sabun, ibu2 ama bapak2 yang punya warung doank.
    Jadi susah tuh mau punya temen baru. hehe... yukzzzz.....

    @Jess: Harus kuat dan tabah. Lu mikirnya gini, itu kan buat kebaikan mereka juga. hehe.. Tapi memang kayanya si Kai yang lebih kuat yak.

    @ARM mom's: hihi... gue juga belon tahu nama elo. Amin dhe, gue juga berdoa biar Axel sepinter om-nya ini.

    @Arman: Thanks ya Man. Emang adek gue ini kebanggaan keluarga. Waktu masih baby banget, gue paling demen tuh ngurusin dia. Tapi udah agak gedean, udah ga begitu akrab lagi. Soale dia kan cowok, jadi mainnya ama adek gue yang cowok. hehe... Duluuu.. kalo sakit dan ga boleh ke sekolah, dia bakalan nangis2 tuh. Emang bakat pinternya udah keliatan dari kecil.

    @Hinz: Remember what I have told U. Don't try to be the best, but give the best U can. Kalo at the end ternyata hasilnya adalah U R the best, It's a bless and bonus from God.

    BalasHapus
  10. cogratz buat adiknya. kakaknya juga gitu nggak?
    anyway...16 juta perbulan kali, bukan pertahun. di jepang biaya hidup mahal bgt bukan sih? disini aja gak cukup segitu, gimana di jepang.

    sekali lagi....selamat ya. aduh, jadi kakak bangga donk ya.

    BalasHapus
  11. Wooow... keren-keren.
    Hebat euy, sampe tersepona gitu gua. :p

    BalasHapus
  12. @Mbak Silly: kakanya mah OOT double kuadrat pangkat tiga. huahaha... tapi aku menyesali masa mudaku yang terlalu banyak hura2, dugem n trouble maker. Untung sempat bertobat sebelum nyebur lebih jauh. wakakaa...

    @Eny: Ga usah tersepona dah. Mari kita berdoa saja semoga anak2 kita bisa at least mirip2 dikit kaya gitu. wakakaa...

    BalasHapus
  13. wah adik u pintel banget El..makan apa emak u waktu hamil :D..plus dkasi makan apa waktu lahir..bole kita cekokin anak2 kita..wkwkwkkwkwkw

    BalasHapus
  14. hi...met kenal yah..adik gw juga tuh dapet beasiswa S2 di beijing jurusan bio enginering hahaha gak tau deh jurusan apaan.

    adik loe hebat sekali yah bisa sampe ke jepang segala :)

    jepang tuh bener2 negara fav gw, idola gw, gw suka semua mulai dari film, bahasanya, komiknya, negaranya, budayanya, makanannya semua deh hehehe

    BalasHapus
  15. @Santi: Halah.. ya itu, infusan. mau lo?? hihihi.... Emak gua jatuh kepeleset pas lagi nyiapin kamar pembantu. Jadinya terpaksa harus total bed rest dah. Gue masih inget tuh, karena ga boleh turun ranjang, kita beliin blio priwitan buat manggil anak2nya dan suaminya melayani dia. wahahaa...

    @maminya clarissa: salam kenal juga yaaa.. nanti aku berkunjung juga deh

    BalasHapus
  16. canggih!
    All the best buat dede-nya!

    BalasHapus
  17. WOW!!!... *nimbrung yah*
    JEpang??? WOW!!!! Kayaknya kalo udah bisa ke jepang tuh berarti hebat banget yah... Ya iya lah.. org itu negara yg paling susah dijamah org umum...

    GANBATTE buat DD nya yah.....

    BalasHapus