02 Maret 2009

Crocodile Tears

Hoho, BEWARE MOMS. Ternyata anak kecil juga lho memanipulasi kita selaku orang tua untuk mendapatkan keinginannya. Biasanya sih dengan rengekan dan tangisan.

Gue ini termasuk penggemar berat serial Nanny 911 ama Super Nanny di MetroTV tiap jam 4 sore. Seru ajah ngeliatin keluarga yang anak2nya amburadul bandel2, dengan ibu yang kecapean ngurus anak (jadi marah2 mulu) dan bapak yang cuek beibeh. Kemudian minta bantuan ke si nanny untuk bantu solved problem mereka.

Serial Sabtu kemarin lain lagi. Keluarga yang minta tolong sama si nanny ini adalah keluarga yang sangat harmonis sekali. Anaknya 2 orang laki2 umur 4 dan 5 tahun. Problemnya adalah, anaknya pemalu banget, kalo ngomong selalu pake cara merengek (catet!!) dan bisik2, bobonya susah (maunya bobo ama mommy daddy). Suami istrinya saling mencintai dan hubungannya bagus banget, kompak banget untuk ngurus anak. Si suami juga helpfull banget ke istrinya.

Ternyata setelah diamati ama si nanny, masalahnya adalah kedua ortu ini terlalu memanjakan anak2nya. Jadi pas makan, mommy malah nawarin ke anaknya, mau ga daddy suapin. Terus ga lama, si daddy juga nawarin ke anak yang satunya, mau ga moved closer to daddy's side and disuapin juga. Minumnya juga masih pake sippy cup (nulisnya bener ga nih??).

Terus waktu bobo, the boys maunya bobo ama mom dad. Jadi mereka akhirnya bobo berempat empet2an. Untuk meminta sesuatu hal, anak2 ini juga selalu merengek dan bisik2 doank di telinga ortunya. Model kaya anak kecil malu2 lagi minta sesuatu gitu deh, padahal kan mereka sudah umur 4-5 tahun.

Singkat cerita, sama si nanny dibuatlah rules. Ga boleh ada sippy cup, disita ama si nanny. Terus makan juga harus di tempat masing. Untuk yang ini sih berjalan dengan mulus.

Yang jadi nightmare adalah waktu malamnya, si nany bilang harus bobo di ranjang masing2. Mommy cuma boleh nemenin SAMBIL DUDUK di bangku, ga boleh nemenin di ranjang. Langsung deh tuh anak2 jerit2 nangis2, sampai semuanya bolak balik dihukum (time out), dikurung di kamar gelap ama mommy. Ga berhasil. Karena yang jadi kakak, ngasih contoh nangis2 jerit2, yang jadi adek akhirnya juga ngikutin bolak balik nangis2. Jadi mereka pakai cara merengek, nangis, ngomong bisik2 di kuping mommy.

Finally problem solved dengan memisahkan boys ini di 2 kamar. Jadi masing2 bobo sendiri and voilaa... mereka terlelap in less than 15 minutes.

Terus nanny bilang, KASIH SAYANG YANG TEGAS ADALAH KASIH SAYANG YANG PALING INDAH.

Uhm.. ini topik yang sangat berat buat gue. Soalnya gue masih susah tegas sama anak. Kemarin baca blog si Eny dan Santi, gue jadi sadar nih, gue emang mesti siap2 nih, supaya jangan sampe terlanjur salah dalam menghadapi sikap anak yang manja, perengek, cengeng dll dll. Soalnya kasihan si anak, nantinya dia akan tumbuh sebagai orang yang ga mandiri, bergantung sama kita, karena kesalahan kita terlalu memanjakan dia. Mana anak kecil itu ternyata tuh jago banget mempergunakan air mata buaya-nya untuk mendapatkan keinginannya.

Ini nih salah satu buktinya ya.



Itu pas Axel lagi pasang muka memelas sambil mengeluarkan jurus crocodile tears biar mommynya mau ajak dia berenang di kamar mandi. Haiyaa.... do you see the tearss?? KAGAK ADA TUHHH!!!!! Kalo dicuekin dia diem, begitu mommy ajak ngomong, dia rengek2 lagi.

Contoh lain ya:

1. Hari Sabtu pas Axel lagi makan pisang sale sambil muter2 keliling ruang tamu, gue di kamar nonton TV (pintunya terbuka), Ika pegi, Eny di dapur. Tahu2 ajah Axel nangis. Gue ampe lompat kaget, kirain kakinya ketusuk apaan gitu. Gue deketin sambil tanya, Kaki Axel kenapa?? Apa yang sakit?? Eh, ini bocah malah nengok ke atas liatin gue dengan tersenyum manis (bayangkan!! masa abis nangis bisa langsung tersenyum manis??), sambil nunjukkin kedua telapak tangannya dan bilang "Bissss". Rupanya dia belaga nangis untuk menarik perhatian gue.

2. Lagi di ranjang, Axel lagi muter2 ga jelas, main2 sama bayangannya di tembok. Gue bilang, Axel minum dulu nih. Eh dia malah langsung tengkurep sambil belaga bobo, mulutnya bilang, "kroookk.... krok..." a.k.a BELAGA BOBO. haiyaaaa.....

3. Posisi udah di bantal. hadap2an ama mami, meluk guling, mau bobo, tapi sambil pelukin gelas ama sendok juga. Kalo mami bilang, BOBO. Dia akan diem, tangan ga bergerak, pasang muka bengong. Begitu mami tutup mata, mulai deh tuh tangan ngetok2 gelas ama sendok. Kalo mommy buka mata, dia pasang muka bengong lagi sambil meluk guling. Kalo mommy kaga tutup mata lagi, dia akan guling mantatin gue, dan ketok2 gelas lagi (sangkain gue kagak tahu kali tuh)

So, liat kan?? Baru umur 16 bulan udah begitu, gimana tingkahnya 6 bulan yang akan datang. Jadi mulai sekarang, gue udah siap2. Dari hari Sabtu kemarin, gue menabah2kan diri, tega2in. Pokoknya kalo dia minta sesuatu dan gue bilang ga boleh, berarti ga boleh. Biar nangis ampe marah2 juga, tetap ga boleh. hehee...

Wish me luck ya.

9 komentar:

  1. Bener tuh El...gue setuju banget tuh sama kata nanny 911 itu..harus tegas sama anak.

    Gue juga baru belajar itu setelah dikasih tau sama hubby.
    Hubby kalo sama Michael itu tegas bgt. Apalagi menurut hubby, kalo sama anak cowo jangan terlalu dimanja, karena nanti dia ga tough!

    Michael sering bgt pura2 nangis kalo lagi minta sesuatu, kalo udah kayak gtu, gue lgs pasang muka serius n bilang "gak ya Michael..gak! ini bukan maenan kamu."(waktu itu dia maksa2 pengen pegang DVD Barney, kalo lecet kan berabe). Sesudah gue ngomong tegas gtu, dia lgs berpaling n cari kesibukan yg laen. Nah dari situ gue tau, kalo sebenernya tadi itu dia cuma "crocodile tears", mau ngetest kita, kalo dia nangis apa kita jadi "ngasih" atau gak.
    Sekali dia tau kalo kita bisa dibujuk lewat "crocodile tears" pasti dia ngulangi itu terus.

    Hubby malah lebih tega lagi. Kalo Michael lagi abis jatoh atau lagi pengen minta tolong untuk dibantuin (misalnya pengen buka retsleting tas gue..hihihi dia doyan banget buka2 tas gue) biasanya dia lgs nangis kalo ga bisa2 buka retsleting itu. Nah kalo udah kayak gitu, hubby lgs tegas n bilang "eh Michael...udah diem ya. Kamu harus belajar bisa sendiri. Pelan2 bukanya, jangan pake nangis."
    Setelah itu Michael lgs diem, lalu berusaha buka sendiri retsleting tas gue, n akhirnya dia berhasill!!
    Kalo udah berhasil gtu, gue sama hubby lgs kasih dia applause n cium pipinya..maksudnya kasih award karena udah berhasil ngelakuin sesuatu tanpa bantuan orang laen...

    Kadang2 kita emang kudu tega sama anak El..that's for their own good.
    (Tapi kadang gue akui juga, suka ga tega ya liat anak nangis2..hihihiii)

    BalasHapus
  2. Gua setuju dengan Nany 911 itu. Kapan sih acaranya? gua pernah nonton acara itu tapi lupa waktunya. kadang suka nunggu2 & cari2tapi ga dapet. Secara gua rada jarang nonton Tipi, huehuehue...

    Gua berpendapat orang tua harus lembut tapi tegas. Anak harus bisa merasakan kita sayang sama mereka, tapi mereka juga harus tau kita bukan ortu gampangan. Kita ortu yg punya nilai2 dan disiplin. Makanya kasih sayang dan Koreksi & disiplin harus seimbang.

    Ayo Cia Yo El! Tetap semangat! Gua yakin u pasti bisa. Inget, pikirin masa depan anak, hehehe...

    BalasHapus
  3. hihihi... emang begitu lah El..
    semua anak gue dah pernah ngalamin tahapan ini. Skrg si twins kalo berbunyi ngeng-ngeng-ngeng, gue cuma jongkok depan mukanya trus bilang "kamu ngomong apa ya? koq mami ga denger" dia jadi ngomong dg bener.
    kalo sebastian sih masih pake air mata buaya. Pas rebutan mainan, dan ga dikasi, dia pasti nangis kenceng banget tapi pas dikasi, dia langsung nyengir dan ga ada air matanya lho...
    Don't worry .. selama kita konsisten peluk cium ajari sesuatu dg sayang, mereka bisa bedakan yang mana hal yang pantes dan yang mana (sebetulnya) ga pantes dilakukan.
    Getu deh.
    Btw, posting lo soal makanan itu yummy banget deh keliatannya. Kapan2 gue contek ya.

    BalasHapus
  4. Wuaaa... Senangnyaaaa... Semua ibu2 meninggalkan comment yang panjang2. Gue seneng banget. Ternyata banyak yang senasib ya ama gue. Mari ibu2 semua kita berjuang bersama2, mendidik anak kita masing2 biar jadi manusia yang tegar, mandiri, tetapi tetap penuh kasih sayang.

    @Keyne: Waa.. Axel udah dari umur 1 tahun pinter buka tutup sleting, soale ID card gue pake gantungan HP bentuk sleting. hehe.. Kalo laki gue, sampai saat ini masih jadi pertentangan nih. Dia kalo ngebilangin Axel, pake ada nyetrap. Axel disetrap duduk di sofa, kagak bole turun. Kalo turun, disentil. Kasian bangetttt... Gue sih ga terlalu setuju, tapi mau gimana lagi. Di depan Axel, gue usahain ga terlalu ngebantah bapaknya. Maksudnya biar emak bapak kompak gitu.

    @eny: Nanny 911 tiap Sabtu di Metro TV, jam 4 sore lewat dikit (ga tentu, kadang2 4.20, sekitar itu deh). Kalo Minggu, Super Nanny.

    @Yenny: silahkan dicontek. Gue juga hasil nyontek kok. hehehe

    BalasHapus
  5. Senasib kita El, si J jga sejak 1 taun sering bgt throw tantrums n nangis2 buaya.. tapi yah kita jga brusaha tegas n gw sih suka "pura2 tuli" aje kalo dia dah melengking2..
    Kaya dia tuh plg demen deh, klo dah waktunya tidur, pas baca buku, maunyaa maennn mulu, kmren pengen nurunin container bloknya.. gw langsnug tarik tgnnya blg ga boleh, dah mlm, besok main lagi, eh langsung ngambek, trus dia coba lagi,tetep gw bilangin.. nangis deh meraung2, gw cuekin aje. Nah hari ini dia coba lagi mo maen *pas mo bobo* gw blg lagi, dah mlm.. dia cuma merengek sedikit trus duduk lagi Hahaha mamihnya menang mbok!!-> tawa penuh kemenangan

    BalasHapus
  6. @Tine: yaolohh... kita ini kaya lagi perang taktik ya MBoo ama anak. Axel kalo mau bobo, dia demennya main ama shadow-nya di tembok. jadi loncat dari ranjang yang gede ke ranjang yang kecil, bolak balik. Untungnya, karena udah habit, begitu gue taro kepalanya di bantal, dia ga bakalan berani angkat. Kalo dia angkat, gue akan bilang 'e! e! e!' dgn suara agak kenceng. Dia langsung taro lagi tuh kepalanya di bantal. hihihi.. Kadang2 kasian juga tahu. Dia muter2 di ranjang, tapi TETAP dengan kepala nempel di bantal. Kadang2 gue pengen ketawa ngakak, tapi gue tahan2. Ja'im duonkss..

    BalasHapus
  7. El,
    Kalo baru 9 bulan kudu disiplin juga ga? anak nya udah ngerti blum? G jarang nonton Nany 911 sih, soal nya rada sanksi bukan rekayasa, karna selalu after a week semua jadi baik n solve.. hehehe.

    BalasHapus
  8. waduu... Milaa.. itu pertanyaan yang susah tuhh... Gue ajah juga bingung. Sebenarnya sih prinsip gue, anak2 itu ga boleh dilarang, biarkan dia bebas sebebas2nya. Cuma kalo kaya anak gue sekarang, kayanya udah terlalu dimanja, gue takut ntar kalo udah gede, ga ketolong lagi. hehehe...

    Ada temen kantor gue yang mendisiplinkan anak dari kecil. Dari umur 6 bulan, kalo anaknya ga mau makan, akan ditaro di ranjang, ga digendong, ampe dia mau makan. Menurut dia, 0-2 tahun, tindakan pendisiplinan anak sudah harus dilakukan, cuma secara otoriter. Jadi anak di bawah 2 tahun kan belon ngerti apa2, jadi otoriter ajah. Kalo bilang ga boleh, ya harus ga boleh, ga usah dikasih pengertian apa2.

    Kalo Axel sih, dari kecil, tindakan pendisiplinan paling cuma berkisar waktu bobo ajah. Soale kan gue kerja. Jadi dari kecil, gue udah disiplin masalah bobo malem. Hasilnya, dari umur 3 bulanan, bobo malam udah ga nyusahin. Umur 8 bulan, malem bobo dari jam 9 ampe jam 6 pagi tanpa minum susu. huehehhee...

    BalasHapus
  9. dapet pelajaran banyak nih dr sini.... sambil menyelam minum air deh, mulai mau ngajarin ke Alden ah... =)

    BalasHapus