19 Maret 2009

CaCiNgan.. hiyyy...

Rata2 perut bayi kalo kita liat, pasti agak gembung ya. Itu normal, walaupun gue lupa istilahnya apa ataupun kenapa. Herannya, Axel lahir dengan perut rata layaknya orang dewasa. hihi..

Tapi umur 1 tahunan gitu, perut Axel jadi buncit. Dan keras. Terus badannya juga ga gendut2. Padahal makannya banyak lho.. Di saat ibu2 lain pada susah ngebujuk anaknya untuk makan, Axel mah ga sulit sama sekali. Mangap mangap ajah. Disaat ibu2 lain juga pada heboh karena anaknya boros susu (hihi.. maksudnya anaknya maunya nyusu, makannya susah), Axel malah susaaaahhh banget disuruh minum susu. Terus di saat ada ibu2 yang ngeluh karena susu anaknya mahal banget, Axel tetap santai dengan susu Dancow yang harga 3 kotak hampir sama dengan harga 1 kotak susu mahal.

Balik lagi ke perut Axel, memang dari waktu itu Nai2 udah curiga kalo di perut Axel kayana ada cacingnya nih. Gimana mau gendut. Biar makanan yang masuk mulut banyak, tapi sampe di perut, makanannya harus dibagi ama si cacing. Lagian Axel ini, segala macam masuk ke mulut. Kadang2 iseng, pipi mami juga dijilat. Orang kiss muah2 pake bibir, Axel mah muah muah pake lidahnya dikeluarin dijilatkan ke pipi orang. Lagi berdiri dekat tembok, tembok yang jadi sasaran jilatan. Kalo soal ngemut2 barang mah, ga usah dibahas lagi. Segala macam, termasuk sepatu dan sendal. huh...!!

Akhirnya mami beli Combantrin Syrup yang Orange. Tapi pas dibaca aturan pakai, tulisannya tidak dianjurkan untuk anak di bawah 2 tahun. Akhirnya ga jadi deh. Dan kebetulan waktu itu juga, schedule imunisasi Axel juga udah selesai. Jadinya ga ke DSA lagi. Aduu.. padahal rencananya kalo ke DSA, mau minta obat cacing yang racikan ajah.

Sabtu lalu, berarti kan udah ampir 17 bulan ya. Mami penasaran dan mami baca lagi aturan pakainya. Tidak dianjurkan untuk anak di bawah 2 tahun karena belum banyak digunakan. Ah, mami pikir, Axel kan udah lebih kuat sekarang. Akhirnya mami kasih 4ml, dari isi sebotol 10 ml. Seharusnya umur 2-6 tahun itu 5 ml.

Hasilnya, besoknya Axel pup ada banyak titik2 putih di fesesnya. Titik putih itu adalah almarhum dan almarhumah cacing yang sudah termutilasi dengan sempurna. Banyak banget. Dan dalam waktu kurang dari 24 jam, perut Axel juga kempes. Yaolohh.. kasian amat anakku, sudah beberapa bulan ini ternyata membawa monster di dalam perutnya yaaa... Maaf ya Nak. Mestinya mami lebih concern sama kamu.

Sampai hari ini ternyata nafsu makannya malah lebih baik lagi dari sebelumnya. Dan pipinya juga tampak lebih gempil dan merah. Thanks to Combantrin Syrup.

17 komentar:

  1. haiaa, bisa juga yaa...untung udah ditangani...thanks to combantrin syrup hahaha, kaya iklan ya.

    BalasHapus
  2. iya nih, De. Kira2 besok Dancow ama Combantrin mau tarik Axel jadi bintang iklan ga ya?? hihihi...

    Gue sekarang lagi rajin ngumpulin info. Ntar gedean dikit, si Axel mau gue masukkin agent. Biar bantuin gue cari duit jadi model. hahha...

    BalasHapus
  3. iya nih, De. Kira2 besok Dancow ama Combantrin mau tarik Axel jadi bintang iklan ga ya?? hihihi...

    Gue sekarang lagi rajin ngumpulin info. Ntar gedean dikit, si Axel mau gue masukkin agent. Biar bantuin gue cari duit jadi model. hahha...

    BalasHapus
  4. Waa...jangan2 anak gue gitu juga nih? soalnya mike juga agak gemuk perutnya, tapi Puji Tuhannya dia masih bisa gemuk sih El... indikasinya apalagi ya El selain buncit n ga bisa gemuk?? penasaran nih gue...

    BalasHapus
  5. @Keyne: Kalo si Axel sih ga ada indikasi apa2. Makan juga masih normal. Cuma aja perutnya kerassss banget. Kaya kita kekenyangan makan, cuma ga kempes2. Abisnya si Axel, segala macam masuk mulut sih, udah pasti lhah ada cacingnya.

    BalasHapus
  6. wahh gue kudu cek ricek perut michael nih...bakalan gue toel2 ahh..termasuk keras atau gak...
    sepertinya (dan semoga) gak terlalu keras...tapi seinget gue sih emang gak, soale tiap hari gue cium2 perutnyaa...hehehhee.....

    BalasHapus
  7. Arrghhh.. kecian juga bacanya... untung udah sembuh yha. Darryl juga mulai suka menjilat-jilat, kalo cium mamanya juga gitu suka dikeluarin lidahnya jadinya pipi mamanya basah, suka jilat lantai dan air mandinya disruput.sampe batuk.yailah.

    BalasHapus
  8. wah, sama !! Olive juga suka kiss pake lidah hehehe, trus tembok-pintu-barang juga ga liput dari jilatan na ye eneng...soal makan Olive juga ga masalah (kategori porsi na aja banyak,,,mommy na kalah loh..) lon _ susu 180-200 ml x 4-5 botol sehari, lon plus plus ngemil biskuit la, agar2 la, buah la....tapi kok Olive ga gendut2 ya...(perut na yang endut)

    Mungkin sama kali ya..cacingan ato nagaan...mommy kudu braniin kasi obat cacing nge...(tapi boleh ga ya..? Olive mae 20 bulan?)

    BalasHapus
  9. eh perut andrew juga melendung lho. apa mesti gua kasih obat cacing juga ya? hmmmm boleh juga nih, gak ada salahnya ya...

    BalasHapus
  10. masa si cacingan El?smua perut anak kecil jg gendut lagi..malah ada yang bilang diartikel mana gt...perut gendut menandakan anaknya sehat..u ga cek dulu kdokter cacingan ga?biasa diliat dr duburnya jg si..ada cacing ga..kl ga bukan cacingan kali?

    BalasHapus
  11. Aduu... bete yaa... gue udah ngetik jawaban comment panjang lebar, kenapabisa ga keposting ya?? huh!!

    @Mila: huahaha.. berarti Darryl minum air dari bak mandinya donk. Wakaka.. kocak.. kocak..

    @mamina Oliv: mamina Oliv namanya siapa yah?? hehe..
    Axel baru 17 bulan. Sebenarnya sih untuk amannya ke dokter ajah, minta obat racikan. Kata nyokap gua, waktu jaman dulu, belum ada combantrin yang membasmi cacing dan dikeluarkan udah dalam keadaan termutilasi. Jadi cacingnya keluar utuh. Waktu umur 1 tahun, gue dikasih obat racikan dari dokter, dan keluar cacing putih panjang 50 cm. Geli banget kann..

    @Arman: Iya, Man. Kasih aja. Tapi dosisnya harus tepat. Ga boleh kebanyakan, karena bahaya. Ga boleh kedikitan juga, nanti cacingnya 'hidup segan mati tak mau'. serem banget kan. Cacingnya masuk ICU semua.

    Santi: Justru itu San. Seharusnya memang perut anak kecil kan gembung gitu. Cuma si Axel, dari lahir, perutnya udah bagus, rata begitu. Tapi pas 8 bulan, malah kayanya kembung dan keras banget. Ntar deh gue posting foto dia seminggu setelah minum obat cacing. Perubahan warna dan bentuk mukanya kentara banget kok.

    BalasHapus
  12. aihh... iya ya... dhea dari bayi sampe sekarang belum pernah dikasih obat cacing. Dari dulu kepikiran mau beliin tapi ga jadi2.

    Thanks ya buat sharingnya. Besok gua mau ke apotik, beli obat cacing buat dhea ah. Siapa tau diperutnya juga ada cacing, secara dhea juga ga gemuk2. hiiyyy...

    BalasHapus
  13. Anakku juga bunciiiiit huhuhu...
    tapi pipinya sih segar merona merah2 kayak yang elu bilang El..
    nanti deh kalo pas 2 Y kan ke dokter vaksin nah gw tanyain deh ya El.

    Btw yah El, gw malah merasa gw yang butuh..secara gw makan banyak kok gak bisa ndut hahah.

    tks yah sharingnya.

    BalasHapus
  14. sorry ikut nimbrung...

    Emang bener yah kalo minum obat cacing bisa keluar cacing???.... dulu gw kurus kerempeng mpe binung mesti gimana gendutnya...pdhl makan dah sebakul...kasih obat ini itu gak efek..

    skrg anak gw gizel perutnya seh gendut aka buncit, pipina tembem *kalo susunya lagi mau* tapi badan lainnya kurus *kata org2 seh* apa itu cacingan juga? *weh serasa konsultasi ke dokter neh maminya axel* Pertanyaanya: apa itu cacingan juga yah? sempet kepikiran seh mo kasih obat cacing... abis makannya susah bangettt cuma buah doang pinternya
    Nasi n susu susahhhh banget tapi perut buncit banget

    BalasHapus
  15. @Patzie: haiiii... Waduu.. kalo cacingan apa engga, gue juga ga tahu sih ciri2nya.
    Cuma kalo si Axel sih gue MERASA pasti cacingan, soalnya segala tembok, piring, lantai, gayung, dijilatin. Kadang2 sepatu juga diisep2. hehe..
    Perutnya memang agak buncit dan keras. Jadi kalo dipakein pampers kasian banget, kesannya kejepit gitu. Terus suka ngucek2 mata. Memang Gizel umur berapa?? Kalau udah 2 tahun ke atas sih, ga apa kali tiap 6 bulan dikasih obat cacing buat jaga2 ajah. Soalnya kalo ada cacingnya, pertumbuhan anak jadi terhambat (kata emak gue), jadi ga bisa tinggi.

    BalasHapus
  16. Wah.. boleh di coba juga yah.. gizel minggu ini 21 bln.
    DUlu wkt mo numbuh gigi dia juga suka seh gigit sendal dia n semuanya deh mpe jempol kaki... hahaha....tapi skrg kebiasaan itu udah gak.. tinggal jempol tangan kiri aja neh. susah banget ngelepas kebiasaanya ngisep jempol kalo mo bobo.

    Jadi intinya anak gw bisa cacingan juga kali yah...*ya sukur2 jadi gampang makannya*
    *pusing juga kalo ngasih makan gizel*

    Wuah2 mommy axel dikau berbakat sekali jadi enterprenur..*bener gak nulisnya*

    BalasHapus