24 Februari 2010

Memasak 15 menit: DAGING

Sebenarnya ya, masak ituuu cepet. Gampang. Yang lama itu mah, nyiapin bahannya. Jadi kebanyakan nih, kalo Sabtu, gw udh siap2in bahan2 utk masak seminggu.
Misalnya:
DAGING SAPI beli 1 kg, dipotong 2 macam. Slice tipis2 sama potong gede2 model utk rendang.

Yang slice tipis2, dipisahin kotak2 kecil2 dan udh dibumbuin pake minyak wijen, saos tiram, garam, micin, merica. Bikin beberapa kotak. Ini gunanya buat kalo kita mau oseng sayur misalnya buncis, toge, atau selada, capcai, mun tahu, dll dll

Sebagian slice agak banyak, udh dibumbui juga pake saos teriyaki dll dll. Dikotakin jg.

Yg potongan rendang, pisahin dan masuk ke freezer.

AYAM, biasanya gw beli tergantung rencana seminggu mau masak apa.

Misalnya gw mau masak opor atau soto, gw beli ayam utuh di pasar, dada utuh buat opor atau soto. Pahanya ama keteknya dipisahin di freezer buat masak ayam kecap atau ayam goreng.

Kalo mau masak perkedel, beli dada tanpa tulang di C4.

Atau pengen chicken wings, ya beli ayam yg wings ajah di C4.

UDANG, gw selalu sedia dikit di freezer. Cuma gw buang kepalanya. Cuci bersih, simpan di freezer dalam kotak2 kecil isi kira2 10 ekor, 2-3 kotak. Sisanya simpan bareng2 di kotak gede. Nanti kalo mau pake, br dikeluarin dan dibersihkan kulitnya kalo mau isinya doank. Kenapa gw ga bersihin sekalian semuanya dr pas beli, CAPE. Haha.. Kalo beli banyak, bersihinnya pegel lho. Lagipula kadang2 udang kalo mau direbus gitu aja, enaknya kan ga lepas kulit. Atau mau digoreng mentega, enakan utuh pan.

Segini dulu ya.
Powered by Telkomsel BlackBerry®

3 komentar:

  1. hebat el..pinter masak..hehe..gue pusing d kl bumbu sebanyak penjabaran u diatas..cm ga banyak jg ga enak..kl gue masak cm modal bawang2 ma lad adoang d :Dmales banyak gt..hohoho

    BalasHapus
  2. Set dah terorganisir bener wakaka cocok buka catering nih hihihi kapan yuk???

    BalasHapus
  3. Iya sih udang emang lebih enak dimasak ama kulitnya. Untuk tom yam lebih enak lagi kalau dimasak ama kepala lengkap. Tp di rumah gua neh, kalau masak 'hewan' lengkap model gitu, pada jijik makan. Payah banget deh neh londo2..

    BalasHapus