26 Juni 2009

Insomia????

Ngeri ya judulnya. Haha.. Lagi sutris nihhh...

Dari kecilll banget, Axel kalo malam udah ga ganggu mapa-nya kalo bobo. Umur 1 bulanan gitu, kalo bobo memang dibiasain straight sampai pagi. Jadi pas jam2 minum susu, 3-4 jam sekali, Mami udah siap2 dengan botol susu. Jadi begitu ngekk.. langsung dicolok pake botol susu. Jadi pules lagi deh.

8 bulanan gitu deh kalo ga salah, udah ga nyusu lagi pas malam. Jadi jam 8 bobo straight sampai jam 6 pagi.

Nahhh... 1-2 bulan terakhir ini, kok bobo malamnya jadi susah ya. What hepen naon nih. Bingung mami. Soalnya tiap hari mami kan bangunnya pagi. Kalo malamnya kudu begadang, gawat juga nih. Dulu kalo liat anak orang, sampe jam 12 belom tidur, bisa geleng2 bingung.Ga tahunya kejadian ama anak sendiri. Huhuhu....

Jadwal bobo harian biasanya bangun pagi jam 6-6.30. Nap bentar jam 9.30, 30 menitan. Terus bobo lagi jam 1-2.30. Malamnya nih.. kemaren malam sampe bener2 jam 12 teng baru pules. Gawattt.

Sabtu minggu lalu, kata Nai2 mau ngajak Axel ke Hypermart, suruh first nap-nya agak siangan supaya abis lunch masih bisa diajak pergi. Jadi Axel bobo pagi jam 10.30 sampe 11.30. Siang ga bobo. Malamnyaaa... jam 11 bar bobo. Gubrak.. pingsan dah emaknya.

Gimana nih? Ada ga sih tips and trik biar anak tidurnya on time sesuai dengan kebiasaan bobo kita??

Biasanya kalo ga mau bobo begitu, alasannya segunung deh. "Iniii...iniii..." keluar ke kamar sebelah, ngambil mobilnya, dan ga mau diangkat dari mobilnya. Heran. Tenaganya kuat banget, nancep di mobilnya. Atau dorong2 walker-nya yang bentuk gerobak mobil. Atau main bole dipukul pake tongkat golf. Atauu... dia ngumpet di kolong. Duduk ajah. Pokoknya ga mau tidur. Kalo TV dimatiin, langsung dah nangis bombay.

Axelllllllllllll........... Mami gregetan dah. Semalam juga, diomelin Papinya, langsung dah nangis. Ga mau deket2 papi. Mami pura2 bobo. Yang ada nih, si Axel jongkok, terus mukanya diturunin sampe pas depan muka Mami dan 'uaaaaaaaaaaa.... kualll (keluar)... uaaaaaaa". Asli, mukanya jelek banget kalo nangis. Mami pengen pura2 bobo jadi ga bisa, malah ketawa ngakak liat gaya dan muka Axel.

13 komentar:

  1. wakakakakakkaka *ketawa ngebayangin muka Axel*

    gimana ya? apa tidur di pagi n siang harinya dikurangin? trus coba dibiasain, kalo alden sih antara jam 9-10 pasti tidur, jd klo jam segitu masih main2 diajak tidur, mami papinya harus tidur juga trus lampu diremangin, so far sih berhasil

    Axel, ayo tidur, enak loh tidur ituuuuu ;p

    BalasHapus
  2. halo... salam kenal yah...
    umur2 segitu memang kayaknya mulai susah diatur deh... masuk masa "terrible two " ??
    Kalau dicuekin gimana ? Kalau ngeliat Papi & Maminya bobo, mungkin si Axel juga mau bobo.
    Atau pakai gayanya Nanny 911. Kalau turun dari tempat tidur, dinaiki lagi ke tempat tidur. Ruangan digelapin dan nggak pakai suara.

    BalasHapus
  3. hahahahhaa....elo baru akhir2 ini el. gw mah uda dr duluuuuuu
    gw ndiri jg binun knapa si aira susah tidur mlm hari :(
    sama tuh kyk axel, naekin pinggang *gw tidur miring* trus bungkuk2 ke muka gw sambil ngoceh2 ga jelas gitu :) ampun dah
    btw gathering jd tgl 5 el? :( gw ga bisa tuh tgl segitu. kbr2i ya kalo ad reschedule

    BalasHapus
  4. @Debby: Kagak mempan Deb. Sampe bapaknya ikutan gue omelin (soale papi suka begadang), gua suruh masuk kamar dan merem. Hihi.. Axelnya sih ga berani turun ranjang, cuma ya itu, nangis di depan muka guaaa.

    @Emil: Thanks for stopping by. :p Kayanya sih mulai masuk terrible two nih. Haha.. Please help me, God.

    @Cyntha: Tenang Cyn, gue undur. Demi lu.

    BalasHapus
  5. micha juga suka gitu El.. tapi biasanya mah gw kalo nidurin dia terus sekalian gw dan papana pura2 tidur, lampu digelapin. kalo dia udah tidur baru balik lagi ngerjain kerjaan rumah yg belom kelar. hehehe

    coba aja gitu, jadi dia bersuara atau ngapain kita tetep merem aja lama2 tidur kok, kalo papana suka begadang suruh pura2 tidur dulu, ntar kalo anaknya dah tidur baru dah bangun lagi :D

    BalasHapus
  6. hahaha emang ada masa2nya begitu ya..
    paling caranya ya kayak shanni gitu. mesti semua ikutan tidur dan lampu digelapin. kalo dia tau masih ada yang belum tidur, pasti dia masih mau main.

    BalasHapus
  7. kalo tidur suka pake music buat tidur gak, biasa kan anak suka dengerin music yang berulang2 ampe ketiduran.

    kalo Fidel sih so far masih gampang tidurnya, pake lampu remang2...soalnya mak nya juga gak bisa tidur kalo gak remang2 :D trus dengerin music dari kotak music gitu sambil diboboin.
    Apa dah gede dah gak mempan yah pake music? hahaha

    eh boleh tuh gatheringnya...berminat juga...kapan jadinya?

    BalasHapus
  8. yah sama lar kita el ;)
    Yah yg gw tau jga, caranya sama ma komen2 ibu2 yg laen, matiin lampu pura2 tidur..
    Plus yah gw baca/denger ktnya bedtime routine tuh jga penting bgt,kaya ktnya sih kaya lakuin slalu hal yg sama sblon dia bobo jadi dia tau bentar lagi waktunya bobo, jadi gradually gitu kaya org olahraga *coba2 analogy kaya cyntha nih haha* kan butuh pendinginan dulu donk sblon udahan, ga bisa lsg (aktif maen - pendinginan - bobo)
    routinenya bisa apa aje: ky baca buku/ mandi/pijat/saying goodnite ke smua org/maenan di rumah *ini slalu gw lakuin, gw pernah 'males' lsg aje bwa dia naek, kaga mo bobo lor diaa, harus turun lagi blg bye ke smuanya*
    hehe tadi siang J ga mo bobo siang: gw pura2 bobo dia malah: MUACH kiss2 gw wakaka gw jga ngakak lar..haha dasar kita tuh lemah hati yaa..

    BalasHapus
  9. si axel tidur malem gini lama jg ya, 1-2 blnan...dulu si xuan2 jg sempet gitu, tp ga lama, ilang sendiri sih kebiasaannya. Kalo skerg ini gua ama chandra ke kamar, blg mau tidur, dia ga brp lama masuk jg..tp di ranjang xuan2 msh seger, ganggu2 kita...trus gua pura2 tidur, chandra mah tidur beneran...baru dia tidur. malah sering jg gua ketiduran...jadi ga tau tuh anak tidur jam brp :)

    BalasHapus
  10. Wah! napa tuh Axel, nap-nya bener2 bentar ya? kok bisa begadang gitu??? Duh! Te jadi bingung mo ngasih saran apa??? Axel gak minum kopi kan? hehehehe....

    Koko Nathan jg suka gitu kok, walaupun lampu dah ganti lampu tidur,tetep aja masih melek, malah kerasak kerusuk sendiri ambil senandung lagu2 skrg, "lupa-lupa ingat", kepompong lah...yg ada Te ikutan ketawa ketiwi...

    BalasHapus
  11. hihihi El
    kalo bastian jam setengah 7 malem dah bobo
    tapi pampers basah dan digantiin kira kira jam setengah 12, suka bangun, melek dan seger! baru tidur lagi setengah 2
    hiks... padahal gue udah gantiin dengan diem-diem, tanpa nyalain lampu dan ga pake ngomong.
    Masa iya kaga digantiin, kan kasihan. Mana sus tidurnya kebo bener. Gue ampir setiap malem gantiin, kadang sampe baju dan celananya ikutan basah. yah, terpaksa deh gue suka tidur setengah 2 an.

    BalasHapus
  12. enak bangettt, setengah tujuh udah bobo. Gimana kalo bobonya dimundurin 1 jam. Sebelum bobo ganti pampers, jadi bobo dengan pampers baru. Biasanya gue pake merek Pampers atau Pet Pet. Tahan sampe pagi kok.

    BalasHapus
  13. El, kalo stgh 7 gue dah di rumah,disa sedikit dimundurin bobonya
    Walau sambil rewel
    Kalo gue blm plg, emang uda rewel bgt jd sus ajak bobo
    Uda pernah gue suruh sus mundurin jamnya
    Tapi kaga berhasil krn bas jadi cranky
    Jadilah bobo jam segituan
    Padahal pake pampers (iya yg merk pet pet) sebelum bobo aja
    Tidur siang aja ga pake pampers seh
    Tapi bas bobonya sambil minum air putih
    Makanya jd bocor terus ;-)

    BalasHapus