30 Juni 2009

PR: Mochi

masih keliatan gulanya. hehe..



150 gram, kira2 jadinya segini nih, plus 3 biji yang udah dicomot ama Ika, Mis dan Mami donk


Nah, PR minggu ini Kartika yang milih. Bikin Mochi ternyata gampangggg banget. Haha.. Enak banget pulak. Dulu2 kalo mo beli Mochi, bela2in ke Bandung. Bwah!! Kagak usah. Bikin sendiri. Gampang banget.


Resep asli disini. Berhubung Inggris gue juga pas2an, ini gue translate-tin buat mereka yang Inggrisnya lebih parah lagi daripada gua.


150 gr Tepung Beras Ketan + 150 ml air + 2 sdm gula + 1 sdm minyak + 2 sdm santan ===> aduk semuanya jadi satu.

Gampang kan?? Kalo punya microwave, masukkin microwave, setel di panas yang tinggi 1 menit. Kalo watt-nya kecil, masaknya harus agak lamaan.

Kalo ga punya microwave kaya gua, dikukus ajah. haha.. Kalo kukus mah jago dah gua. Dandang di rumah ama panci buat ngukus, ditotal total mungkin ada 6 biji kali. Bukannya nyombong lho. Cuma mau nunjukkin kalo soal ngukus, gua jagonya. wahahaa... Kukusnya kira2 20 menitan deh, atau sampai ukuran adonannya ngembang 2x lipat.

Setelah itu, adonan disirem pake minyak bekas goreng bawang. Nahh.. ini gua lupa nihh. Haha.. Tapi tetap enak kok. Selanjutnya tunggu dingin, terus digunting2 atau dibentuk sesuai selera. Gue sih ga nunggu dingin, langsung aja sendok pake garam, bentuk datar2 terus digulingkan di assorted-nya.

Assortednya ya: kacang tanah + wijen + gula (gua tambahin garam sedikit)

Ukurannya sih kira2 sendiri ajah, ga usah ngotot ngikutin resep. Kacang tanah sama wijen, dioseng dulu tanpa minyak. Tapi gue lebih suka panggang 5 menit. Soalnya kalo kacang tanah dioseng, kulitnya copotnya susah. Kalo dipanggang pake toaster, kulitnya lepasnya gampang.

Oh ya, yang posting Pizza, abis ini gue updated ya. Nanti check lagi ya posting gua sebelum ini.


Updated


Hoho.. Semalam i bikin lagi nih. Kan tepung beras itu isi 500 gr.

Hari pertama udah bikin 1 resep 150 gr. Nah, semalam ngabisin sisa tepungnya tuh. Wakaka.. Soale Yeye sama Papi doyan banget nihh.

Kata Yeye, kacangnya kurang berasa, jadi dibikinin deh yang kacangnya di dalem. Aduu.. susah bookkk. Buat Papi tetap dibikinin yang kaya malam sebelumnya, kacang di luar.

Ternyata ya, kalo dipakein minyak bekas goreng bawang, huahhh... enak buangetttttt. Wangi. Bener2 enak lhooo. Ga nyangka ya, bikinnya gampang banget.

14 komentar:

  1. Duh elo pinter masak banget siy... Gua paling demen neh ama moci pake wijen. Dulu mah suka beli moci di cianjur, tp kan polos doang, yg ada isinya cuman ada kacang dalamannya doang. Punya elo ini kayaknya uenak banget. Cuman buatnya rada ribet yah, maksud gw kdu manggang kacang. Dasar gua pemalas banget, duh.. kalu elo deket mah gua udah kesono deh, tanpa malu2 gua comot tuh moci

    BalasHapus
  2. hahhaha
    di tempat lo ada toaster yang kaya gambar gue nge-toast pizza ga tu? pake itu aja 5 menit. Justru malah gampang tuh Syl. Kalo jaman dulu kan harus dioseng. Beli aja Syl 1. Di Jakarta sih harganya 200 ribuan doank.

    BalasHapus
  3. aduuuuuuhhh si ibu satu ini rajin banget euy masuk dapur...tiap gw mampir pasti deh soal makanan. jd lapeeer nih gw el :( sayang mampirnya cuman diblog doank, jd yang ada mah cuman ngeces ajah dah ^_^

    BalasHapus
  4. el, elo bikin 1 resep doang? korban lu banayak gitu...porsinya cukup nih buat gua n chandra

    BalasHapus
  5. Ada tuh toaster, dulu kita punya, pas pindahan dari apt ke rumah, saking ribetnya udah deh kita buang. Sekarang nyesel deh... Kudu beli lagi yah, emang udah waktunya, sb yg dulu dibuangnya 9 th yg lalu hi hihi..

    BalasHapus
  6. Ini kok mirip2 itu sih yg gorengan bola2 trus ada kacang isinya. Apa gw yg udik ga pernah liat mochi ginian.. Hihihihih. Keren Ci El, jadi sering masak2 ya. :)

    BalasHapus
  7. @Cyntha: Mangkenyeee... kalo ke Sumur Batu, mampir ke Bendungan Jago yee.. Hahaha...

    @KD: Gue bikin lagi nih 2 resep semalam. Soalnye babe gua doyan.

    @Sylvia: Haha.. udah lama banget. Toaster model ini usefull banget kalo di rumah gua. Misalnya kita beil KFC, kalo ga abis, kan susah tuh, kalo harus manasin ayam goreng pake minyak digoreng ulang, jadi biasanya masuk ke toaster ajah. Begitu pula kalo manasin bakmi atau sate, tinggal masuk toaster. Kalo disana, mungkin lebih prefer microwave kali ya? Microwave watt-nya gede sih. Kalo di tempat emak gua, saban pake microwave, listriknya pasti ngejepret. Hoho..

    @Christine: Haha..iya yah, mirip. Nah.. gorengan bola2 itu, gue udah ada resepnya juga tuh, pengen kapan2 bikin, soalnya gue doyan banget juga.

    BalasHapus
  8. el...lu bener2 hobby n jago masak yaaaa....emang turunan dari nyokap lo atau gimana nih el??

    kayaknya lo yg plg konsisten posting soal masak memasak dehhh...hihihiihi....

    BalasHapus
  9. Wah, jadi pengen, emang enak yak moachi hiks. Kali ini g bolos pr dulu, soalnya sakit terus n dirumah juga ga ada anak2 jadi males hehehe

    BalasHapus
  10. El,selain pake kacang dan wijen, bisa pake apa lagi?

    BalasHapus
  11. @KeyNe: Gue kagak jagggoooo... Lagi belajar nih.

    @Liza: Numpang makan ajah sini, di rumah gua.

    @Yenny: Uhm.. pake apa ya? Gue tahunya cuma pake wijen ama kacang, itu juga boleh niru resep orang. wakakakaa...

    BalasHapus
  12. wah bikin ngiler El......yummi..mau ah coba2 bikin...nyontek resep yaaaaa..mang bener segampang itu yaaaa

    BalasHapus
  13. Ho Oh San. Gampang banget. Sambil merem juga bisa.

    BalasHapus
  14. Huaaa El, makin jadi pengen ke dapur melulu nyobain resep lu satu-satu nih..asik..asik..

    BalasHapus