18 Juni 2009

Kartu Kredit

Haha.. ada yang complain nih. Katanya terakhiran ini, posting gue makanannnnnnnnnnnnnnnnnann mulu. wakaka.. Iya juga sih. Soalnya kebetulan dananya ada. Utang kartu kredit udah ada yang lunas, jadi udah ada duit sisa. Haha.. Puji Tuhan deh. Jadinya ada dana untuk masak mulu.

Sudah sebulan terakhir ini si papi terima gesekan kartu kredit. Jadi orang2 yang punya kartu kredit, terus pengen ditukar dengan uang cash, bisa gesek kartunya di papi, terus di tukar dengan uang cash dengan charge yang murah. Lebih murah daripada ambil cash di ATM, karena harus bayar biaya administrasi dll, belum lagi bunga bulanannya juga lebih tinggi daripada bunga belanja.

Terus ada juga sebagian orang yang kesulitan bayar tagihan bulanannya, tapi kartu kreditnya masih aktif, bisa juga dibantu. Misalnya total tagihan 1 juta. Nanti dibayarin dulu ama kita, terus langsung gesek lagi kartunya (kalo online), satu juta lebih sedikit (ada itungan persentase, administrasi dari bank).

Nah, ternyata ya, mereka yang kesulitan bayar tagihan bulanannya, mengerikan yaaaaa. Gilak. Gue sampe bingung, itu mereka pake kartu buat apa ya. Sedangkan gua aja, kartu kredit gua dulu dipake buat usaha dan pesta kawinan dan melahirkan. Itu ajah hutang pokoknya kurang lebih 50 jutaan (dari sekitar 5 kartu) dan bunga berbunga sampe banyak banget. Sampe2 kurang lebih 3 tahun baru bisa melunasi. Ini juga setiap bulan harus bayarnya sekitar Rp 3,2 juta. itung sendiri dah ya, totalnya jadi berapa. Walaupun memang ini variatif sih. Ada yang cicilannya selesai 6 bulan, 12 bulan sama 24 bulan.

Mereka tuh ya, aduuhh.. bingung dah. Ada yang kerjaannya gitu2 aja, memang kerjanya juga di banking sih, gaji pokok 3 juta, tapi utang kartu kreditnya ampir 200 juta. Gilak. Bayar pake apa ya? Buset. Ga habis pikir. Dan uangnya untuk apa?? Beli baju? Makan? Usaha??

Nih ya, buat yang punya kartu kredit, hati hati deh pake kartu kredit. Gue mah udah kapok. Rumah disatronin ama orang Ambon yang item, yang ada tattonya di jidat. Syereeemmm.

Buat yang belum tahu bahayanya kartu kredit, nih gue kasih illustrasi kalo sampe lu bokek, ga punya duit bayar tagihan, lihatlah total kerusakan yang mungkin terjadi. Ini dengan asumsi, kartunya dipake untuk belanja ya, bukan ambil cash di ATM (karena bunganya kan beda).

Persentase gue pake 4 %/ bulan. Ini variatif, tergantung bank. Biasanya sih antara 3.75% - 4.25%.

Untuk denda keterlambatan, biasanya dihitung persentase dari total hutang. Sekian persen dari total hutang atau minimal Rp 100 ribu (minimal ini juga variatif tergantung bank). Jadi kalo misalnya utang lu 50 juta, dan denda keterlambatan misalnya 1% dari bank, maka lu harus bayar denda keterlambatan Rp 500.000. Tapi kalo utang cuma 5 juta, dendanya cuma 100 ribu (karena 1% dari 5 juta cuma 50 ribu, maka dipakai minimal denda ---> 100 ribu).

Total tagihan Rp 5.000.000
Bulan pertama ===> (Rp 5.000.000 x 1.04) + Rp 100.000 = Rp 5.300.000

Kalo lu ga bayar,
Bulan kedua ===> (Rp 5.300.000 x 1.04) + Rp 100.000 = Rp 5.612.000
Bulan ketiga ===> Rp 5.936.480
Bulan keempat ==> Rp 6.273.940

Keliatan jelas kan kalo kita sampai ga sanggup bayar, bunganya berkembang pesat. Dalam waktu 4 bulan aja, bunganya udah sekitar Rp 1,2 juta. Ini pokok utangnya cuma 5 juta lhohhh. Kecil banget.

Bayangkan kalo utang pokoknya Rp 50 juta, berarti tagihan bulan pertama kalo telat bayar, gonna be ==> (Rp 50 juta x 1.04) + (Rp 50 juta x 0.01) = Rp 52.500.000 (bunga 2 juta plus denda telat 500 ribu). Hohoho.. bayangin deh kalo 200 juta!! (pingsan dengan sukses dah).

Dan biasanya selama 6 bulan pertama kita ga sanggup bayar, kita akan di teror dengan telpon. Kemudian dilempar ke agency yang tukang tagihnya menyeramkan, diteror ke rumah, kantor selama 6 bulan berikutnya. Dan tahun kedua, baru deh kita bisa dapet fasilitas resechedule payment, dengan bunga rendah 1%/ bulan, atau bunga di stop sama sekali. Cuma sampai saat itu, utang pokok kita sudah membengkak parah dengan bunga berbunga selama 12 bulan.

Sebelum 12 bulan, biasanya jarang tukang tagihnya menawarkan reschedule payment. Kebanyakan mereka cuma menawarkan pelunasan dengan discount. Misalnya utang 10 juta, ya udah, lunasin deh, discount 20-40% (tergantung total tagihan dan bank).

Kembali ke illustrasi di atas, seandainya bulan pertama, kita ga telat bayar tetapi cuma bayar minimum payment 10% (Rp 530.000), yahhh... percuma aja. Ga akan mengurangi banyak hutang kita. Soalnya dari Rp 5 juta itu, bunganya ajah udah 200 ribu. Berarti pokok utang kita yang kepotong cuma 300 ribu.

Gue pernah selama setahun cuma bayar semampunya 2-3 bulan sekali. Jadi misalnya utang 5 juta, bulan pertama bayar 1 juta. Bulan kedua ga bayar. Bulan ketiga bayar 600 ribu. Bulan keempat ama kelima ga bayar. Bulan keenam bayar 1 juta. Hasilnyaaa, setelah setahun, hutang gua bukannya berkurang, malahan bertambahhh sampai lebih dari 7 juta.

Parah ya. Makanya sodara2, bijaksana deh menggunakan kartu kredit. Kartu kredit dipake kalo kita punya duitnya, cuma ajah males kan kemana2 bawa cash, baru deh pake kartu. Yang paling penting, jangan sampai telat bayar, apalagi ga sanggup bayar. hah!! Ke laut ajah dah kalo sampe telat bayar. Waaa.. bahaya banget. Mendingan kalo udah hampir jatuh tempo pembayaran, ngutang dah ke emak, bapak, engkok, nenek, dan sekitarnya. Atau buru2 deh datengin Papi Axel. Haha.. Daripada dikenain bunga ama bank, wadauuu.. parah.

14 komentar:

  1. haikhs..jgn ampe d terlibat kartu kredit...setan alas tuuuu...dulu gue coba2 doang eh jd klibet ni..harus utang terus d tiap bulan biar cash flow jalan..hhuhu..mending apa2 bayar cashhhhhhhh

    BalasHapus
  2. Memang kartu kredit nyebelin kok, makanya gw jarang banget pake. Orang sini kemana2 jarang bawa cash, main gesek terus. Kalau gw sih mending bayar cash atau pake check karena kalau main gesek suka gga berasa, kalau pake cash dan check kan kita bisa lebih ketat ngawasin pengeluaran.

    BalasHapus
  3. iya nih,gua pake kartu kredit kalo gua punya budget buat bayarnya. kalo belom ada duitnya gua ogah deh gesek2 dulu. ngeri sama bunganya. Mending tahan2 deh.

    Sering banget ditawarin KTA. Sebelom orangnya ngomong gua udah ogah2 aja.

    BalasHapus
  4. waks, serem amat.. :) kesian jg ya kalo sampe kejebak utang kartu kredit, bingung keluarnya gimana :(
    tapi utang 200jt di kartu kredit mah parah bgt yah, gw utang segitu di kpr aja sampe 10thn nyicilnya, itu aja berat euy, pdhl bunganya jauh lebih rendah dr CC.

    BalasHapus
  5. wahh sutris deh , kalo baca penjelasan lo ttg CC .
    biar pny CC g jarang pake kalo ga perlu , lbh seneng byr cash .
    untung g bukan org ileran pgn ini/itu . kalo ga ada dana g mah ga macem2 , ga niat utang .

    BalasHapus
  6. gile ya yang sampe utang 200jt di CC. gw utang segitu buat KPR aja pusing bayarnya apalagi yg di CC bunganya lebih menjerat gitu ya :D

    jadi maksudnya bayar ditempat lo tuh gimana El. lo yang nalangin ntar orangnya nyicil ke elo atau gimana?

    BalasHapus
  7. wehehehe... padahal di draft gua ada tulisan tentang kartu kredit juga lho el... eh keduluan ama lu... :P

    btw emang kalo pake kartu kredit tuh pantang dah kalo sampe gak bayar full. bunganya pasti mencekek leher!

    btw gile juga ada yang ngutang sampe 200 juta. itu limit kartu kreditnya berapa duit tuh? padahal gajinya 3 juta doang...

    BalasHapus
  8. @Santi: betul tuh San

    @Sylvia: Bener banget.

    @Eny: Kalo KTA sih, kalo memang benar2 butuh, masih oke. Tapi kalo ga butuh2 banget, jangan dah.

    @Mei: Itu 200 lebih lho Mei. makanya gue bingung juga, itu dia bayarnya gimana ya? Cuma bunga doank ajah, tiap bulan perlu 7,5 juta. Gila, lebih gede dari gaji gua sebulan.

    @Veny: Emang paling baik sih begitu ya. Dulu gue pake kartu kredit HSBC doank, dari tahun 98, limit juga cuma 2 juta, naik sampe 8 juta. Pas mau buka toko, baru deh apply kartu banyak banget.

    @Shanni: bukan gitu Shan. Jadi kalo gesek ambil cash kan, gesek dulu, baru ambil duit. Kalo bayarin tagihan, kebalikannya. Gue keluarin duit dulu buat bayar tagihan bulanan dia (menghindari bunga berbunga bank dan keterlambatan ajah), terus kartunya langsung digesek lagi di tempat gua. jadi syaratnya, kartunya harus masih aktif/ ga diblokir.

    @Arman: haha.. maaf Man. Abisnya bingung mau posting apaan.
    Temen gua itu ada 2 orang yang tagihannya diatas 200 juta. Dua2nya cewek. Yang satu janda, dulu dia mungkin tajir, terus ada main saham gitu. Jadi limit kreditnya gede banget. Platinum 100 juta, kartunya banyak, ada kali 10 kartu. Wakaka.. kalo dia mau nekad, semua digesek ambil cash mah bisa dapet 1 milyar kali. Haha.. Yang satu lagi, lakinya usaha kecil2an, dia kerjanya di bank. Jadi dia tahu tuh seluk beluknya biar bisa dapet limit gede. Malah ada kartunya yang unlimited. Wakaka.. stress dah tuh.

    BalasHapus
  9. @Santi: betul tuh San

    @Sylvia: Bener banget.

    @Eny: Kalo KTA sih, kalo memang benar2 butuh, masih oke. Tapi kalo ga butuh2 banget, jangan dah.

    @Mei: Itu 200 lebih lho Mei. makanya gue bingung juga, itu dia bayarnya gimana ya? Cuma bunga doank ajah, tiap bulan perlu 7,5 juta. Gila, lebih gede dari gaji gua sebulan.

    @Veny: Emang paling baik sih begitu ya. Dulu gue pake kartu kredit HSBC doank, dari tahun 98, limit juga cuma 2 juta, naik sampe 8 juta. Pas mau buka toko, baru deh apply kartu banyak banget.

    @Shanni: bukan gitu Shan. Jadi kalo gesek ambil cash kan, gesek dulu, baru ambil duit. Kalo bayarin tagihan, kebalikannya. Gue keluarin duit dulu buat bayar tagihan bulanan dia (menghindari bunga berbunga bank dan keterlambatan ajah), terus kartunya langsung digesek lagi di tempat gua. jadi syaratnya, kartunya harus masih aktif/ ga diblokir.

    @Arman: haha.. maaf Man. Abisnya bingung mau posting apaan.
    Temen gua itu ada 2 orang yang tagihannya diatas 200 juta. Dua2nya cewek. Yang satu janda, dulu dia mungkin tajir, terus ada main saham gitu. Jadi limit kreditnya gede banget. Platinum 100 juta, kartunya banyak, ada kali 10 kartu. Wakaka.. kalo dia mau nekad, semua digesek ambil cash mah bisa dapet 1 milyar kali. Haha.. Yang satu lagi, lakinya usaha kecil2an, dia kerjanya di bank. Jadi dia tahu tuh seluk beluknya biar bisa dapet limit gede. Malah ada kartunya yang unlimited. Wakaka.. stress dah tuh.

    BalasHapus
  10. wah gila tuh yg utangnya 200juta mah.. ckckck tak terbayangkan..
    gw plg ga demen 'ngutang' kalo ga kepaksa, jadinya kita di sini sih pake cc trus karena mo dapet bunga buat tabungan, tapi tiap bln pasti dibayar lunas, jadi yah sewajar2nya aje pengeluarannya...
    hei el, loe masih suka chat ym ga? gw baru dl nih wakaka

    BalasHapus
  11. hiiiiyy.. serem ya.. kok sebelum gesek, ga mikir ntar bayarnya pake apa ya ??

    BalasHapus
  12. yup, emang mengerikan banget dah kalo ngutang pake credit card.
    (pernah ngerasain juga) Walau nggak parah banget, tapi tetep aja judul nya khan "Besar Pasak daripada Tiang".
    Pengalaman 1 kali seumur hidup udah cukup deh.
    Mana bisa menikmati hidup kalo sehari2 dikejar tukang kredit..hiiyy....*amit-amit*

    BalasHapus
  13. wadoh crita soal CC mengerikan banget ya?? tapiiii, dsini banyakan pake CC tuh..malah gw pnh liat di tv, ada org travel pake cc, heboh2 travel, abis pulang, langsung ambruk gara2 utang kredit numpuk...gilaaa

    BalasHapus
  14. setuju banget ama omongan lo, El
    kartu kredit itu sebagai alat pengganti pembayaran
    bukan income tambahan
    jadi kalo pake kk harus yakin mampu bayarnya juga
    kalo kaga yakin mending tu kartu disimpen di rumah
    (biar ga tergoda pake)
    hehehehehehee

    BalasHapus