03 Juni 2009

Spaghetthi Carbonara

Jatah papi, penampakkan kurang menarik.

Jatah sarapan mami dan T' Linda (tong sampah di kantor)

Emang mantep ya resepnya Eny-Mama Dhea. Enak banget. Selama ini gua bikin spaghetti selalu rasanya aneh. Dimulai dari resep yang ngasal sendiri, pake tomat/ saos tomat, bawang, dkk. Sampe ke saos yang beli jadi di C4. Nyambung ke saos botolan yang ditambahin bawang bombay dll. Semuanya rasanya ngaco. Ternyata gua baru tahu kalo rahasianya ada di Whipped Cream. hahaa... Ternyata oh ternyata!!

Bikinnya juga gampang banget. Ga sampe 15 menit bow. Waa... yang seneng tentu saja Pak Sonny donk. Haha.. Emang favoritenya dia. Padahal ya, semalam itu spagetthi-nya dibikin jam 7 malam. Blio pulang main bulu tangkis jam 11, mandi dulu, baru makan. Berarti itu spaghetti udah nongrong selama 4 jam lebih a.k.a udah dingin donk. Kesedapannya jelas sudah berkurang banyak. Tapi pas tadi pagi bangun mo pipis, gue tanyain, enak apa engga, dia bilang dengan tegas dan cepat, "ENAK!!". Haha.. padahal biasanya kalo makan spaghetti, pasti jawabnya, "Kurang enak" (noted: dia ga berani bilang ga enak, takut dikemplang bininye yang galak).

Semalam bikin spaghettinya cuma sepiring gede buat papi, plus sepiring kecil buat nyobain doank, dimakan berempat ama Mis, Ika dan Axel. Sebagian besar, diabisin ama si Mis tuh, dasar gentong endut. So, pagi ini mami bikin lagi donk. Buat Axel, Mis, Ika, Mami bawa kantor plus 1 kotak lagi buat Linda, temen main Mami yang kebetulan akhirnya jadi sekantor ama Mami.

Resepnya ya, gua tulis lagi nih.

Bahan:
- Spaghetti, gue pake La Fonte yang di Kotak (bukan yang bungkus plastik), soalnya kayanya lebih tipis dan lebih cepet lembek. Harganya sekitar Rp 7780/ 250 gr
- Bawang bombay
- Anchor Whipped Cream (whipped cream yang cair, isi 250 ml) harga Rp 18.790
- Anchor Butter/ mentega
- Smoked Beef (pake Bernardi, isi 8 lembar), harga Rp 25.000
- Garam, gula, lada, micin, masako, oregano

Cara buat:
1. Didihkan air pake minyak dikit sama garam 1/2 sdt. Masukkin spagetthi (1 piring kira2 50 gr). Rebus kira2 7-10 menit. Cobain, udah lembek apa belum. hehe..
2. Di wajan panasin Anchor Butter. Kalo ga ada mah pake mentega ajah atau margarine.
3. Masukkin bawang bombang (1/2 butir kecil/ 1 piring), aduk bentar, terus masukkin Smoked Beef. Kalo males beli smoked beef, boleh juga pake daging sapi cincang.
4. Masukkin whipped creamnya (jangan terlalu banyak ya, mahallll) + air dikit. Whipped cream untuk 1 piring, gue rasa 50 ml udah cukup, plus air kira2 30 ml. Gue ada tambahin saus jamur Prego, soalnya sayang, masih banyak di kulkas. Kalo keenceran, kasih maizena sedikit (1/2 sdt/ 1 piring). Hati2, jangan kebanyakan, ntar kaya ongol2. hehehe... kekentalannya kurang lebih kaya es krim dicairkan deh.
4. Garamnya kira2 1/8 sdt/ 1 piring. Gulanya kira2 1 sdt/ 1 piring. Micin, lada, oregano, penyedap sesukanya. Kuahnya bikin agak asin dikit juga ga apa, soale kan dicampur spaghetti, cuma kalo mau dipakein keju lagi di atasnya, ya jangan terlalu asin juga.

Nah, siram deh di atas spaghetti-nya. Lebih enak sih pake keju parut ya diatasnya (cuma Sonny ga boleh makan gituan banyak2, jadi kagak gue pakein. Lagian juga modalnya udah gede, belum lagi si Ika ama Si Mis nanti sirik kalo ga dipakein keju, jadi demi kebaikan semua orang, gua ga pake ajah dah).

Cobain bikin yah, Sodari Sodari. Asli, enak buangettt. Gue paling seneng kalo ada orang yang ngikutin resep dari blog gua, terus report ama gua kalo dia sukses berhasil bikin makanan sesuai petunjuk dari gua. Terima kasih ya Mamana Dhea.

21 komentar:

  1. waaaa mau coba bikin sendiri ah di rumahhh...selama ini kalo bikin spagetti pasti yang bolognise bukan yg carbonara...dari dulu mau bikin yang carbonara tapi ga tau cara bikinnya gimana....thanks for sharing ya elsieyyy...!!!

    BalasHapus
  2. Wuah!!! ini masakan fav gw neh...
    Gw plg demen bikin sphagetty...plg gampang n UENAK!!! yummy

    anyway el itu sdt = sendok teh kan yah... kalo takeran 1/8sdt tuh dikit bgt yah...gak berasa atuh.
    Ato jgn sendok teh lo gede?? hihihihi...

    BalasHapus
  3. Loh kok ga ada telornya? Spaghetti carbonara selama ini gw makan ada telornya hehehe.

    BalasHapus
  4. Spaghetti bisa diginiin juga ya.. selama ini gw kalo bikin spaghetti selalu yang bolognaise... :p

    Kemarin ini gw bikin fussili jg pake si anchor itu... emang enak ya jadinya... tp kemarin ini sebenernya gw nyarinya krim kentalnya elle (waktu itu pernah dikasi coba ama salesnya masak pake krim elle di Kemchick)... tapi adanya si anchor... gw main ambil aja.. tyt ampe rumah baru gw ngeh lho kok tulisannya whipping cream buat dessert... nah lho.. tp pas gw buka kok bentuknya encer juga.. ya udah gw nekat masukin .. tyt enak jadinya he he he e

    BalasHapus
  5. @KeyNe: Bikin ya Neee. Terus nanti diposting. Bagi2 ilmu.

    @Patzie: Iyahh.. gue pake ga terlalu banyak, soalnya kan memang porsinya kecil. Kalo mau bikinnya buat 3 piring, ya, kira2 mungkin 1/2 sdt deh. Soalnya kalo keasinan kan ga enak juga. Wakaka... Lu coba2in ajah sendiri. Kalo kurang asin, tambahin garam. Soalnya biasa gue pake garam yang merek Dolphin, kemaren si Mis gue suruh beli, dia beli yang merek Refina. Wuah.. ini garam, asin banget. Kalo kebanyakan, rasanya jadi pahit. Hehehe..

    @Christine: Iyahh.. resep aslinya emang pake, cuma kan gue kaga doyan. Indomie ajah jarang pake telor, padalah kan katanya paling sedap makan indomie itu pake telor.

    BalasHapus
  6. @Amel: Sama ajah tuh Mel. hehe.. emang bisa juga untuk cream dessert (sok tahu mode *On). Haha.. padahal ya, gue tahu gini2an, belum genap 1 bulan. Tahunya juga gara2 bikin PR yang sop itu tuh. hahaha... Padahal bolognaise ama carbonara, gue juga kagak tahu bedanya apa. Cuma ya, gue paling demen fusili yang di Pizza, yang pake cream pedes tuna tuh. Gimana ya cara bikinnya. hehe..

    BalasHapus
  7. ihihihihi...laki lu sama kayak laki gw..kalo dia bilang kagak enak mah kagak gw masakin lagi..makanya dia slalu bilang enak..huahahahaha...gw biasanya kalo bikin carbonara..biasanya pake bacon banyak bgt..huahaha...

    BalasHapus
  8. *drooling*
    Gile tuh penampakan spag carbonara menggoda bangeeeet, hahahaah...
    Kalau ada waktu luang n gak capek, mau coba aahh :))

    BalasHapus
  9. @jess: Tapi laki gua ga semua dibilang enak, Jess. Kalo ga enak banget, dia akan bilang 'kurang enak' (bahasanya diperhalus). Kalo kurang doyan/ kurang sreg ama selera, dia akan bilang, "lumayan". Kalo sesuai ama selera, makanan kedoyanan dia, tapi ga special banget, dia akan bilang, "biasa ajah".
    Kalo kedoyanan dia dan memang rasanya pas, baru deh dia bilang, "Enak". Tapi ga pernah ya gua denger dia bilang ENAK BANGET. Baru 1x, yang pas bikin seafood chowder doank.

    @Windy: Hahhaa.. Bikin aja Win. Kalo bahannya lengkap, bikinnya ga lebih dari 15 menit kok

    BalasHapus
  10. Selamat yaaa... akhirnya dicoba juga :) Gua juga minggu kemaren baru bikin, berkali2 sampe si cream abis, cuman males dipoto. ***penyakit malas kembali menyerang*** hehehe...

    sukses terus ya, kalo gua rada rajinan dikit ntar gua posting resep mushroom cream soup ya, ga kalah yummy koq :)

    BalasHapus
  11. Akhirnya bikin juga hehehe, jadi yg tersisa tinggal cream cheese yak hehehe

    kapan yak g kebagian nyobain masakan lu????

    BalasHapus
  12. @Eny: Thanks banget lho Ny. Semalam gua saking excitednya sampe nelponin elo, tapi HPnya mati. Hahaha..

    @Liza: Kauuu... si wanita malass.. Main donk ke rumah gua, nanti gue bikinin.

    BalasHapus
  13. @Eny: Thanks banget lho Ny. Semalam gua saking excitednya sampe nelponin elo, tapi HPnya mati. Hahaha..

    @Liza: Kauuu... si wanita malass.. Main donk ke rumah gua, nanti gue bikinin.

    BalasHapus
  14. cream cheese buat PR brikut ya siee...

    BalasHapus
  15. wahhh gw gak pernah buat spaghetti carbonara, biasa buat yang standar itu loh yang pake saus tomat n daging cincang hahahaha...boleh juga nih kapan2 gw coba,

    spaghetti gw yg kotak masih sisa separo soalnya :)

    BalasHapus
  16. @Ching: Xixixii... ho oh Mom

    @Felicia: Iyahh.. cobain deh Fel. Gampang banget. Sabtu ini gue mau cobain resep Soto Ambengan elo nih. Udah gue print. Gue simpen bak barang berharga di tas gua.

    BalasHapus
  17. di rumah semua bahan lagi ada kecuali spaghettinya.. and whip cream nya.. hahaha... ntar aja kalo darryl udah sembuh baru ke hypermart

    BalasHapus
  18. slurp slurp.. gluk gluk.. :D

    BalasHapus
  19. el, emangnya beda ya la fonte yg kotak ama plastik,baru tau gw.. gw sih biasanya beli yg plastik,ntar gw coba in deh, resep nya gw jg mau cb ah, anak gw doyan ama segala jenis mie.. :D ntar gw lapor kl enak ya..biar senang lu nya.. hhehee..

    BalasHapus
  20. @Sani: Gue juga ga tahu bedanya. Cuma pas kemaren kan ada sisa yang plastik, pas gue rebus bareng yang kotak, yang plastik itu kagak lembek2.

    BalasHapus
  21. el, cuma memastikan, yang di spagetti itu whip cream ya bukan cooking cream ya.. sori ni rada bawel.. :D

    BalasHapus