29 Juni 2009

Main sama Miss Ragi: BakPao and Pizza (updated)

Lagi kepengen bikin Bak Pao. Niatnya sih bikin Xiao Lung Bao. Cuma kalo pake babi kok ya kasian nanti Mbak2nya ga bisa makan. Haha..

1. BakPao isi Ayam Merah

Dulu sih biasanya bikin isi babi kaya buat YamMien gitu. Terus bikinnya pake ragi merek GS yang khusus BakPao. Cuma berhubung kaga ada, pake merek Fermipan. Dan cara bikinnya juga beda dengan biasanya. Ini hasil browsing di internet. Link-nya disini ya.

Sebenarnya agak bingung. Bukannya biasanya kalo bikin roti2an gitu, pake tepung protein tinggi alias si Cakra Kembar yak? Kenapa ini malah pake protein rendah. Tapi ditambah baking powder. Terus biasanya di kotak GS itu, ada panduannya. Raginya cukup dicampur dengan tepung, terus pake air es. Udah, diulenin sampe kalis. Lha ini, adonannya dibagi dua begitu. Tapi ada bagusnya juga, nguleninnya ga terlalu cape dan cepet kalis, cumaaa... kok kagak elastis yak. haha..

Hampir ajah tuh buang 1 resep. Abisnya kagak elastis. Untungnya pas tanya mama, kata mama, mungkin raginya kurang melar. Akhirnya gue jemur dah tuh adonan, ditutupin pake kain basah. Hhoho.. udah gitu, ambil sejumput dan dicobain dulu kukus. Ternyata hasilnya empuk. Hohoho.. biarin dah kagak elastis, yang penting enak.

bakpao di panci


isinya, dipakein angkak biar mirip xiao lung bao


burem nih, soalnya baru tahu kalo di HP tuh ada program untuk moto yang deket2. Nanti liat hasil fotonya yang bagus ya di gambar Pizza.


2. Pizza

Ini nyontek resepnya KBB. Waktu pertama bikinnya gagal, ternyata beneran, gara2 kelamaan di oven. Yang kali ini, langsung habis dalam waktu kurang dari 1 jam. Wakaka.. Sisa 1 potong kecil, disayang2, belom dimakan, udah dicabein dengan harapan orang2 pada tahu diri, jangan makan punya gua. TERNYATA!! Dilahap si Sonny tanpa perasaan bersalah sedikitpun. Huhuhu... Kan gua belom nyobainnnn.

ini ukurannya lebih besar dari ukuran large-nya Pizza Hut. Yeye makan 3 potong. Sonny gue rasa ada kali 5 potong. Untung gua motongnya mungil2. Haha...

ini moto pake focus khusus untuk foto deket. bagus yaa.. gambarnya jernih banget.

Nahh.. penemuan baru nih. Ternyataaa.. bikin Pizza bikin pake toaster. Wakaka.. Masih ada sisa adonan di freezer. Nanti malam mau coba bikin lagi pake toaster, karena kemaren sempet nyobain bikin Foccacio pake toaster dan berhasil. Malah rotinya lebih empuk dan bagus banget. Ga usah ribet panasin oven. Kekurangannya adalah, toaster ukurannya kecil, tapi sepadan dengan hasilnya. Hanya perlu waktu 7 menit saja. Mantappp.. Nanti fotonya akan disusulkan besok pagi. Bloonnya nih, masa Foccacio-nya lupa difoto. Cape deh.

Sempet bikin Chicken Cordon Blue juga. Lupa difoto juga. Keki.com dah. Sebeeelll banget. Bwahh!! Enak banget tuh.

As promised, Pizza itu bisa dipanggang juga di toaster. Ga pake oven. Kelebihannya, ga usah panasin oven. Cukup 7 menit saja. Kalo 10 menit, yang sebelah dalem agak item/ gosong atasnya. Rotinya mengembang sempurna dan empuk kalo pake adonan yang seger.

Gambar di atas, adonannya udah diinepin di freezer semalaman. Setelah dikeluarkan 2 jam, adonannya masih basah. Karena ga sabar, ya udah, giles ajah di loyang. Taro mayonaise, saos tomat botolan, smoked beef dan keju Kraft Melt. Setelah 7 menit, adonan masih basah. Tambah 3 menit, masih basah. Tambah 3 menit lagi, loyan dibalik, masih basah, dalemnya masih bentuk adonan. Mulai stress. Tambah 5 menit, adonan mengembang, roti mateng, tapi kejunya gosong. Wakkaa....

Kesimpulan: Kalau adonannya bekas dari freezer, panggang dulu rotinya 10 menit. Baru dikasih topping, dan panggang lagi 5 menit.

12 komentar:

  1. nah, kalo yang ini gw mawuuuu el :D

    BalasHapus
  2. WUAH!! setlah gw pikir2 el...
    Kayaknya tar kalo jadi gathering... lo yg masak semua dah... gw mau sumbang bahan2 aja gemana???
    Makin ngiler liat masakan lo...
    TApi bener tuh blog lo diisi cerita2 lagi dong jgn cuma makanan... hahaha

    BalasHapus
  3. el, keren tu potonya btw pake kamera apa? pizzanya keliatannya enak, kek yang dijual..haha.. kl mau bikin pizza brarti kudu punya oven ya.hmmm..

    BalasHapus
  4. Gile...enak bener seh...nyam nyam..sekaligus pinter neh mommy Axel..

    Coba ah kapan2..ikutan ya bu..^_^

    BalasHapus
  5. Mau dong resep bapao nya, bagus benerr bapaonya. Gw gga ngerti juag yah kalau disini cari tepung cakra atau tepung protein tinggi. Adanya di toko yah tepung untuk buat roti. Sama apa gga yah? Si matt demen tuh kalau diajak yam cha, emang anak gua yg satu ini, penampilan lebih bule dari kokonya tapi seleranya jangan tanya deh, kalau makan hakao, bapao, siomay mah doyan dia.....

    BalasHapus
  6. @Cyntha: Ho ohh.. Akhirnya sukses juga.

    @Patzie: Haha.. agak susah tuh Pat. Nafsu masak lagi menggebu gebu.

    @Sani: Haha.. pake N73 San. Cuma baru sekarang gue tahu ada modus yang untuk close up begitu. Cuma cahayanya harus terang. Paling bagus kalo foto siang2 ada cahaya matahari. Bikin Pizza ga harus punya oven. Punya toaster yang kecil, untuk panggang roti, juga udah bisa.

    @Maya: Ayuk May. Ikutan. Gampang kok. Cuma perlu practise lebih sering ajah.

    @Sylvia: Nah itu dia Syl, resepnya ini masih coba2. Coba deh lu klik ajah link yang di blog gua tuh. Kan ada tulisannya tuh. Itu resep aslinya dari orangnya. Next wiken gue mau bikin lagi dengan cara biasa, pake 1 adonan ajah, nanti kalo bagus, baru eh gue posting resepnya. Kalo tepung, waduu.. biasanya bukannya ada tulisannya, all purpose flour, atau buat mie/ roti, atau buat cake gitu? Masa ga ada tulisan itu ya? Kalo pake all purpose flour, harusnya sih ditambah baking powder ya sedikit supaya ngembang.

    BalasHapus
  7. waaahhh...gilee..begitu Axel masuk sekolah kyknya loe bisa buka resto nich El,...
    Western food bisa, chinese food apalagi, kue nggak masalah,...sip dah...

    BalasHapus
  8. sukseees...

    blm pernah nyoba pake toaster, keliatan lebih empuk dan yummy, hmmm perlu dicoba nih.

    Makasih ya dah mampir ke blog, smg manfaat isinya :)

    tetap berkarya ^^

    BalasHapus
  9. @Icen: Amin.. Tapi gue males buka resto. Kerjanya cape. Wakaka..

    @Mbak Mae: Adu Mbak. Makasih ya udah berkunjung. Hehe... jadi seneng nih. *tuing tuing*

    BalasHapus
  10. gua ke jkt nanti bikin bakpao lu!!

    BalasHapus
  11. Bapaonya bikin g kepengen.... trus pizzanya juga dah bagus sukses donk bikinannya..... Lain kali kalo g kesono bikinin yak hehehee

    BalasHapus